Logo BeritaSatu

Cara Cepat Deteksi Benjolan Abnormal Payudara ala Siloam Hospitals

Jumat, 25 November 2022 | 16:02 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Benjolan pada organ payudara sebenarnya dapat diketahui melalui sentuhan. Ada cara cepat untuk mendeteksi benjolan abnormal payudara. Berikut edukasi dari Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya. Pada Selasa (22/11/2022), edukasi deteksi organ payudara disampaikan Leila Lengkong, Dokter Spesialis Bedah dari Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya, disiarkan melalui live Instagram dan aplikasi YouTube.

“Benjolan yang merupakan suatu jaringan abnormal yang tumbuh di dalam Jaringan abnormal tersebut akan terasa padat atau menggumpal berisi cairan jika diraba/disentuh,” katanya.

Menurut Leila, konsistensi benjolan tergantung pada jenisnya dan umumnya dialami oleh para wanita namun mengacu data penelitian, benjolan juga dapat terjadi di kalangan pria. Secara harfiah, dapat disebabkan antara lain faktor keturunan, lingkungan tempat tinggal, paparan radiasi, konsumsi makanan yang diawetkan dan lainnya.

"Gejala secara spesifik hampir tidak ada ketika proses benjolan terbentuk. Artinya, deteksi dini adalah penting karena akan diketahui setelah terlihat benjolan atau melakukan "Sadari" (periksa payudara sendiri) dan "Sadanis" (periksa payudara klinis) yang dilakukan berkala," tuturnya.

Pada tahapan deteksi, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis, yaitu: Ultrasonografi (USG), Mammographi, Duktografi atau Galaktografi, dan Biopsi.

Adapun pada sesi tanya jawab dalam rangkaian edukasi, dr. Leila, memastikan bahwasanya kista merupakan benjolan berisi cairan yang terbentuk akibat penumpukan cairan di dalam kelenjar payudara, dan merupakan salah satu penyebab.

"Itulah salah satu penyebab utama, benjolan pada payudara dominan dimiliki perempuan karena wanita dapat memiliki lebih dari satu kista, pada satu atau kedua payudara. Dan juga benar, USG juga dapat menentukan ukuran benjolan dan lainnya," ungkap dr. Leila, menjawab pertanyaan peserta edukasi.

Sementara akan tumor jinak, yang akan cepat 'terecovery' dengan penanganan medis dan umumnya tidak berbahaya serta beberapa kasus benjolan akan menghilang dengan sendirinya.

Tindakan medis segera akan dilakukan pada benjolan berukuran besar. Hal ini mengacu akan benjolan jika makin membesar akan terasa nyeri disertai luka bahkan cairan keluar dari puting.

"Namun banyak juga tumor dengan keganasan yang sangat mungkin ber komplikasi terhadap kerusakan payudara dan berkembang menjadi kanker apabila terlambat di tangani medis," tutur dr. Leila mengingatkan.

Ketika benjolan telah terdiagnosis, rutin konsultasi dengan dokter akan bemanfaat seperti : mengurangi risiko komplikasi, kerusakan jaringan dan infeksi payudara akibat abses. Selain SADARI dan SADANIS bebarapa hal lain juga mengurangi risiko terkena benjolan payudara antara lain tidak merokok, utin berolahraga, konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan istirahat yang cukup dan mampu mengelola stress dengan baik



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Konser 30 Tahun Dewa 19 di Solo Dipadati Ribuan Baladewa

Ribuan Baladewa hadir menikmati Konser 30 Tahun Dewa 19 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Solo (UMS), Sabtu malam (26/11/2022).

LIFESTYLE | 27 November 2022

Pasren Asthana, Tempat Hangout Kece di Kemang, Jaksel

Urban Jakarta Komersial (UJK) mempersembahkan Pasren Asthana Kemang, berlokasi di Jalan Ampera Raya, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Hujan, Publik Soundrenaline Antusias Tonton Plain White T's

Grup band asal Amerika Plain White T's disambut hujan saat tampil di hari pertama Soundrenaline 2022 di Ancol, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

LIFESTYLE | 26 November 2022

Hujan, Potret Ajak Penonton Soundrenaline 2022 Nostalgia

Grup band Potret sukses mengajak para penonton bernostalgia di ajang Soundrenaline 2022 meski hujan deras mengguyur kawasan Ancol.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Akan Menikah, Ini Pandangan Kaesang Terhadap Erina Gudono

Bagi Kaesang Pangarep, Erina Gudono adalah sosok wanita yang sempurna, sehingga dirinya menetapkan pilihan kepada wakil DIY pada Puteri Indonesia 2022.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Undangan Pernikahan Kaesang dan Erina Beredar Luas di Medsos

Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono semakin menarik perhatian masyarakat setelah viral di media sosial.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Pernikahan Kaesang dan Erina, Keluarga Jokowi Pesan 86 Beskap dan Jarik

Busana Jawi Suratman mendapat kepercayaan dari keluarga Presiden Jokowi untuk membuatkan busana untuk acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Adinda dan Agustin Akan Tarik Kereta Kencana Kaesang dan Erina

Kirab kereta kuda akan mewarnai pesta pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono pada 10 Desember 2022 mendatang.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Kreasi Payung Batik Klaten Tembus Pasar Mancanegara

Proses pembuatan payung batik membutuhkan waktu dua hingga tiga hari, tergantung ukuran dan motif batik yang diinginkan konsumen.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Untuk Gamers dan Kolektor NFT, Bukalapak Gelar Itemku Gamecon

Itemku menggelar acara Itemku Gamecon pada hari ini hingga besok 25-26 November 2022 di Senayan Park (Spark), Jakarta.

LIFESTYLE | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

Bisnis Kopi Rempah Milik Polisi di Blitar Tembus Mancanegara

NEWS | 26 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE