Logo BeritaSatu

Kreasi Payung Batik Klaten Tembus Pasar Mancanegara

Sabtu, 26 November 2022 | 09:53 WIB
Oleh : Dyah Noor Shinta / FER

Klaten, Beritasatu.com - Kreativitas yang ditunjukkan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng) sukses menghasilkan inovasi berupa payung bermotif batik.

Hebatnya, payung batik hasil karya mereka tidak hanya diminati oleh konsumen di dalam negeri namun hingga merambah ke pasar mancanegara.

Advertisement

Perajin payung batik, Sularto mengatakan, proses pembuatan kerajinan ini berbeda dengan kain atau kayu batik. Adapun bahan dasar untuk membatik pada media payung adalah menggunakan cat warna, sedangkan pada media kain dan kayu menggunakan malam.

"Namun, untuk peralatan membatik sama-sama menggunakan canting Proses pembuatan payung batik sendiri membutuhkan waktu dua hingga tiga hari, tergantung besar kecil dan motif batiknya," kata Sularto kepada BTV di Klaten, Sabtu (26/11/2022).

Kreasi payung batik ini telah dilakukannya sejak tahun 2020 lalu. Tercatat, lebih dari lima puluh motif batik telah dikreasikan oleh para perajin payung batik, diantaranya motif klasik berupa kawung dan sekarjagad, hingga motif kontemporer .

Sularto menjelaskan, semula memproduksi batik kayu ,namun akibat pandemi covid-19 usahanya kemudian sepi. Ia lalu memperoleh ide membuat payung batik ketika melihat payung di sekitar rumah saat hujan deras. Payung tersebut kemudian dibuat motif batik menggunakan cat pewarna.

"Sekarang yang tengah tren adalah payung batik dengan menggunakan bahan dasar cat. Soal penjualan dan pasar dari payung batik, alhamdulillah melalui kanal online diminati konsumen lokal hingga mancanegara. Konsumen luar negeri pertama berasal dari India. Kemudian, Hongkong, Amerika Serikat dan Australia," terang Sularto.

Sularto menambahkan, produksi payung batik selain membantu perekonomian masyarakat setempat juga menjadi salah satu upaya untuk melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia.

"Omzet per bulan itu sebenarnya tergantung dari pemesan. Namun, alhamdulillah kita untuk bulan ini sudah mencapai seribu buah. Adapun harga jualnya mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 450.000, tergantung bahan baku dan tingkat kesulitannya," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Panglima TNI dan Kapolri Sepakat Lestarikan Budaya Lewat Wayang

Kapolri bersama Panglima TNI sepakat untuk bersama-sama menjaga serta melestarikan budaya lewat pergelaran wayang kulit.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

‘Love Fun Taiwan’ Kembali Mengudara, Kerja Sama dengan India, Thailand, dan Filipina

‘Love Fun Taiwan’ sebagai program lifestyle multinasional pertama Asia akan mengundang pembawa acara terkenal dari Filipina, Thailand dan India.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Pakar: Cegah Stunting dengan Pemberian Protein Hewani

Indonesia diyakini mampu mencapai target prevalensi stunting dengan konsisten menjalankan konsep yang terbukti secara ilmiah dengan konsumsi protein hewani.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Tandai Ultah Ketiga, Eventori Gelar Indonesia Entertainment Outlook 2023

Menurut CEO Eventori Universe Fary Farghob, Indonesia Entertainment Outlook 2023 membawa semangat Anyone, Anywhere, Anytime Entertainment.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Sejarah Lontong Cap Go Meh, Akulturasi Budaya Tionghoa-Jawa

Sajian lontong ini diyakini merupakan adaptasi dari budaya etnis Tionghoa Indonesia yang berpadu dengan selera masyarakat asli Indonesia khususnya masyarakat Jawa.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Apa Itu Cap Go Meh, Perayaan Setelah Tahun Baru Imlek? Ini Jawabannya

Cap Go Meh merupakan perayaan setelah Tahun Baru Imlek yang biasanya diperingati dengan membawa sesajen berupa kue keranjang ke Kelenteng.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Tayang Perdana Senin Besok, Nyari Makan Siap Goyang Lidah Pemirsa BTV

Nyari Makan, program baru yang khusus dihadirkan untuk pemirsa BTV siap tayang perdana mulai Senin, 6 Februari 2023 pukul 15:30 WIB.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Cak Lontong Blak Blakan Bareng "Ratu Nyinyir" Iis Dahlia di BTV

Bersama Cak Lontong, Iis Dahlia akan blak blakan cerita mengenai kehidupan pribadinya sampai perjuangannya di industri musik dangdut tanah air.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Nunung Sebut Ada Riwayat Kanker dalam Keluarganya

Didiagnosa mengidap kanker payudara ganas membuat komedian Nunung kini hanya bisa pasrah.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Uang Dikembalikan Bunda Corla, Netizen Tagih Janji Nikita Bagikan Uangnya

Nikita Mirzani menyatakan akan membagikan uang Rp 500 ribu bila Bunda Corla mengembalikannya. 

LIFESTYLE | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

NEWS | 52 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE