Logo BeritaSatu

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Minggu, 27 November 2022 | 23:49 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Air merupakan zat gizi dengan kontribusi terbesar dalam tubuh. Untuk itu penting bagi kita untuk memastikan cukupnya konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

Ketua IHWG FKUI, Dr dr Diana Sunardi, MGizi, SpGK menyebutkan publikasi ilmiah European Journal of Nutrition tahun 2018 menyebutkan bahwa sekitar 1 dari 5 anak di Indonesia masih belum cukup minum.

Advertisement

“Padahal, sebanyak dua per tiga tubuh kita terdiri dari air yang fungsinya tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain. Karena tubuh tidak bisa memproduksi air, kebutuhan air harus terpenuhi melalui konsumsi cairan dengan jumlah yang cukup agar tubuh dapat berfungsi secara optimal,” ujar Diana Sunardi.

“Dalam menjalankan aktivitas apapun dalam keseharian, tubuh kita memerlukan asupan cairan dengan jumlah yang cukup,” lanjutnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Hydration Science Consultant Danone Aqua, dr Tria Rosemiarti menjelaskan tidak hanya dari sisi kuantitasnya, dalam memenuhi kebutuhan air minum kita juga perlu memperhatikan kualitas air yang kita konsumsi.

“Air minum yang berkualitas harus berasal dari sumber yang terpilih, terlindungi dan terjaga kemurniannya. Untuk itu, diperlukan berbagai upaya untuk menjaga keberlanjutan ekosistem di sekitar sumber air termasuk memberdayakan komunitas di sekitarnya agar kualitasnya selalu terjaga,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI, Dr Nurul Ratna, M Gizi, SpGK mengatakan hal tidak kalah penting adalah harus mengetahui bagaimana asupan nutrisi harian yang baik tidak hanya untuk kita, tetapi juga untuk anak-anak sejak usia dini.

“Anak-anak memerlukan nutrisi seimbang untuk membantu pertumbuhan fisik maupun kognitifnya. Gizi seimbang artinya susunan makanan sehari-hari mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan memerhatikan prinsip variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan dan berat badan,” katanya.

Menurutnyaya isi piring kita setiap harinya harus berisi lauk-pauk sebagai sumber protein, karbohidrat dari makanan pokok sebagai sumber energi, serta serat sesuai kaidah Isi Piringku.

“Jangan lupa untuk membatasi konsumsi gula serta garam serta cukupi kebutuhan air minum. Konsumsi susu juga baik untuk memenuhi kebutuhan zat gizi,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Terapkan 5 Pilar, Pasien Diabetes Anak Bisa Hidup Normal

Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi IDAI, Dr Muhammad Faizi mengungkapkan, terdapat lima pilar yang perlu diperhatikan pada kasus diabetes anak.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Ita Rahma Gembira Main Film Horor Bareng Anya Geraldine

Artis cantik Ita Rahma gembira bisa bermain film horor bareng Anya Geraldine saat ditemui di Jakarta, Senin (6/2/2023).

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Ini Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2023

Ajang Grammy Awards 2023 yang digelar di Los Angeles memunculkan nama Beyonce yang meraih empat penghargaan.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Menang Grammy Awards 2023, Kim Petras Berterima Kasih ke Madonna

Duet musisi Sam Smith dan Kim Petras memenangkan Grammy Awards 2023 untuk kategori penampilan grup duo pop terbaik untuk lagu mereka Unholy.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Raih 4 Penghargaan, Beyonce Pecahkan Rekor Grammy Awards

Beyonce meraih empat penghargaan di ajang Grammy Awards 2023 di Los Angeles, Minggu (5/2/2023) malam, yang membuatnya menjadi penyanyi paling berprestasi.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Tujuh Film Nasional Ikut Festival di Prancis

Tujuh karya sinema pendek Indonesia secara membanggakan tercatat ikut serta pada ajang Clermont Ferrand International Short Film Festival 2023, di Paris, Prancis.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Liburan ke Jepang, Begini Keseruan Awkarin dengan Pacar Barunya

Liburan ke Jepang, Awkarin ditemani oleh kekasih barunya, Jonathan Alden yang merupakan jebolan koki Masterchef Indonesia.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Tujuh Dampak Buruk Akibat Terlalu Sering Keramas

Keramas terlalu sering akan berdampak buruk bagi rambut, bahkan sebaliknya mengurangi penggunaan shampo dapat sangat membantu rambut Anda.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Dibanderol Rp 980 Jutaan, Lexus Rilis Mobil Listrik

Lexus kembali mengeluarkan varian teranyarnya. Kali ini pabrikan asal Jepang tersebut menjajal peruntungan pada kendaraan listrik yang diberi nama RZ 450e Premium.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Dear Wisatawan, Ini Lho Spot Wisata Terbaru yang Ada di Ancol

Eko Nugroho merekomendasikan area terbaru yang ada di Taman Impian Jaya Ancol, yakni The Symphony of The Sea.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Gagal Ginjal Akut, Heru Budi: Kami Serius Tangani

Kasus Gagal Ginjal Akut, Heru Budi: Kami Serius Tangani

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE