Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

Senin, 28 November 2022 | 09:07 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB
Desain baru Lokananta, studio rekaman pertama RI, yang tengah direvitalisasi

Solo, Beritasatu.com - PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta. Tempat ini memiliki nilai sejarah seperti Abbey Road di Liverpool, studio rekaman paling terkenal di dunia karena melahirkan The Beatles.

Lokananta didirikan oleh Pemerintah RI pada 29 Oktober 1956 sebagai pusat perekaman siaran RRI dalam bentuk piringan hitam. Perusahaan rekaman yang paling top pada zamannya ini, menyimpan arsip-arsip pidato kenegaraan Bung Karno dan kemudian berkembang menjadi studio rekaman di mana lagu-lagu daerah, gendang karawitan, hingga keroncong direkam. Tak hanya musik dan lagu, Lokananta juga merekam audio seni pertunjukan, seperti dongeng, cerita rakyat, wayang, dan ketoprak. Uniknya, Lokananta menyimpan arsip lagu Terang Bulan gubahan Saiful Bahri yang menjadi asal muasal lagu Negaraku yang kini menjadi lagu kebangsaan Malaysia.

Lokananta mulai sepi sejak tahun 1990-an ketika kaset dan pembajakan merajalela. Hidup segan mati tak mau, Lokananta hanya mengandalkan pemasukan pengunjung museum, itu pun tak seberapa. Listrik terpaksa diirit, gaji karyawan terbilang kecil dan hanya dirawat oleh 10 karyawan. Baru pada tahun 2004, Lokananta resmi berada di bawah kendali Perum Percetakan Negara RI (PNRI), dengan nama baru Perum PNRI Cabang Surakarta, atas inisiatif mantan Ditjen Pembinaan Pers dan Grafika. Tahun ini, inisiatif merevitalisasi Studio Lokananta dapat terwujud. Memiliki luas 21.500 persegi, Lokananta nantinya akan menjadi creative dan commercial hub berbasis musik, museum, studio rekaman modern, tempat pertunjukan musik, dan penjualan merchandise musik.

Dalam merevitalisasi Lokananta, PPA menggandeng M Bloc Group yang sukses mentransformasi aset yang dulunya aset Peruri menjadi M Bloc Space, salah satu tempat nongkrong anak muda paling tersohor di Jakarta Selatan. M Bloc juga menyulap gedung pos lama di Pasar Baru milik PT Pos Indonesia menjadi pusat kreatif. PPA menunjuk Andra Matin sebagai arsitek yang akan mendesain gedung baru Lokananta.

"Ibarat Abbey Road dan Motown Records (tempat kelahiran R&B dan soul di Detroit, AS), tempat ini adalah harta karun," kata Dirut M Bloc Group Handoko Hendroyono dalam konferensi pers Lokananta Reload di Solo, Minggu (27/11/2022).

Harta karun yang tersimpan di Lokananta berupa 40.000 piringan hitam yang disimpan di ruang arsip Lokananta, mayoritas keroncong dan rekaman gamelan. Ada juga gamelan "mistis" peninggalan Pangeran Diponegoro, master rekaman Indonesia Raya dan pidato Proklamasi Indonesia.

"Kalau tidak ada Lokananta, tidak ada Indonesia. Di sini lagu Indonesia Raya dan pidato Proklamasi direkam," kata Handoko, mengutip almarhum Glenn Fredly yang dulu juga pernah merekam album "Glenn Fredly and Bakucakar Live from Lokananta", pada tahun 2012. Glenn juga adalah inisiator gerakan Save Lokananta.

Handoko berharap revitalisasi Lokananta bukan sekadar eforia sesaat. Dia menargetkan sekitar 7.000 hingga 10.000 pengunjung setiap akhir pekan setelah bangunan berusia 66 tahun itu selesai direvitalisasi pada April/Mei 2023.

"Menumbuhkembangkan Lokananta ini PR yang menarik. Solo memiliki potensi besar dengan adanya Tol Joglosemar dan banyak event-event internasional di Yogyakarta dan sekitarnya," kata Handoko.

Di kesempatan yang sama, Dirut Danareksa Arisudono Soerono berharap Lokananta bisa sesukses revitalisasi M Bloc Space di kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

"Kami ingin Lokananta bisa menjadi destinasi yang wajib dikunjungi jika ke Solo dan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Surakarta," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berpesan kepada pemuda-pemudi Solo untuk mengisi Lokananta dengan berbagai aktivitas. "Kalian jangan hanya jadi penonton, tetapi juga bisa mengisi tempat ini," kata putra sulung Presiden Joko Widodo itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI