Logo BeritaSatu

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Senin, 28 November 2022 | 04:35 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno buka suara terkait rencana Singapura mendaftarkan kebaya sebagai salah satu daftar warisan budaya tak benda UNESCO dalam upaya multinasional dengan Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Menurut Sandiaga, hal tersebut tak perlu diperdebatkan oleh masyarakat Indonesia. Ia bahkan menginginkan Indonesia turut serta dalam upaya multinasional bersama keempat negara tetangga tersebut.

Advertisement

Padahal, rapat Kemendikbudristek dan DPR pada 16 November 2022 telah resmi memutuskan untuk mendaftarkan kebaya melalui jalur single nomination.

Menurut Sandiaga join nomination merupakan upaya mempercepat proses agar kebaya bisa diakui UNESCO. Mengingat, Indonesia sendiri memiliki tiga dari ribuan warisan budaya tak benda yang tengah antre untuk didaftarkan ke UNESCO, yakni reog, tenun dan tempe.

“Jadi, kebaya tidak lagi perlu kita perdebatkan, ini tentunya budaya luhur milik anak bangsa, yang telah diputuskan menjadi single nomination. Kita akan mendorong dan menguatkan kebaya diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin, (28/11/2022).

“Indonesia ini kaya raya. Memiliki 1.528 warisan budaya tak benda yang bisa diajukan ke UNESCO. Dan jika itu dilakukan, perlu 3.000 tahun. Karena, hanya bisa diakomodasi tiap 2 tahun. Oleh karena itu, join nomination adalah salah satu cara yang saat ini mempercepat proses enkripsi warisan budaya tak benda ke UNESCO,” tambah Sandiaga.

Diungkapkan, salah satu berkas aktif warisan budaya tak benda Indonesia yang saat ini tengah dalam proses pendaftaran yakni jamu. Sementara, tiga berkas warisan budaya tak benda lainnya yang akan didaftarkan yakni reog, tenun dan tempe.

Hal inilah yang menurutnya harus menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Perlu dipertimbangkan warisan budaya tak benda yang harus didahulukan untuk didaftarkan ke UNESCO. Mengingat, proses tersebut memakan waktu yang lama.

“Sementara, dari tiga berkas nonaktif yang sudah digodok yaitu reog ponorogo, tenun dan tempe, dan ini membutuhkan dua tahun sebelum diakui oleh UNESCO. Jika kebaya diusulkan sebagai single nomination, kebaya bisa diajukan di cycle 2024, namun tentunya kita harus memikirkan apakah kita akan mendahulukan kebaya, sebelum reog ponorogo, tenun dan tempe,” paparnya.

Sandi juga menambahkan, jika Indonesia tetap berupaya mendaftarkan kebaya melalui jalur single nomination, Indonesia hanya memiliki kuota satu budaya dalam jangka waktu dua tahun sekali. Sementara, join nomination dapat diajukan oleh dua negara atau lebih secara bersama-sama setiap setahun sekali.

“Namun karena telah diputuskan, oleh karena itu Kemenko PMK, dan juga Komisi X, maka kita akan mendorong dan menguatkan keputusan single nomination,” kata Sandiaga.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gaya Hidup Modern, Diabetes Banyak Menyerang Remaja

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Piprim Basarah Yanuarso mengatakan, saat ini banyak remaja menderita diabetes.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Kalahkan Adele, Harry Styles Sabet Dua Penghargaan di Grammy 2023

Harry Styles berhasil memboyong penghargaan pada ajang bergengsi Grammy 2023. Dia menyabet kategori Album of The Year dan Best Pop Vocal.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Program Sehati Terbitkan 35.930 Sertifikat Halal Gratis

Program Sehati dengan mekanisme pernyataan pelaku usaha (self declare) sudah berhasil menerbitkan 35.930 sertifikasi halal sepanjang tahun 2022.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Terapkan 5 Pilar, Pasien Diabetes Anak Bisa Hidup Normal

Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi IDAI, Dr Muhammad Faizi mengungkapkan, terdapat lima pilar yang perlu diperhatikan pada kasus diabetes anak.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Ita Rahma Gembira Main Film Horor Bareng Anya Geraldine

Artis cantik Ita Rahma gembira bisa bermain film horor bareng Anya Geraldine saat ditemui di Jakarta, Senin (6/2/2023).

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Ini Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2023

Ajang Grammy Awards 2023 yang digelar di Los Angeles memunculkan nama Beyonce yang meraih empat penghargaan.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Menang Grammy Awards 2023, Kim Petras Berterima Kasih ke Madonna

Duet musisi Sam Smith dan Kim Petras memenangkan Grammy Awards 2023 untuk kategori penampilan grup duo pop terbaik untuk lagu mereka Unholy.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Raih 4 Penghargaan, Beyonce Pecahkan Rekor Grammy Awards

Beyonce meraih empat penghargaan di ajang Grammy Awards 2023 di Los Angeles, Minggu (5/2/2023) malam, yang membuatnya menjadi penyanyi paling berprestasi.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Tujuh Film Nasional Ikut Festival di Prancis

Tujuh karya sinema pendek Indonesia secara membanggakan tercatat ikut serta pada ajang Clermont Ferrand International Short Film Festival 2023, di Paris, Prancis.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Liburan ke Jepang, Begini Keseruan Awkarin dengan Pacar Barunya

Liburan ke Jepang, Awkarin ditemani oleh kekasih barunya, Jonathan Alden yang merupakan jebolan koki Masterchef Indonesia.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Gagal Ginjal Akut, Heru Budi: Kami Serius Tangani

Kasus Gagal Ginjal Akut, Heru Budi: Kami Serius Tangani

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE