Logo BeritaSatu

Sejarah Perhiasan serta Fungsinya yang Berubah dari Masa ke Masa

Selasa, 29 November 2022 | 14:00 WIB
Oleh : Ali Ruhiyat / FW

Jakarta, Beritasatu.com - Banyak orang, apalagi kaum wanita, suka mengoleksi berbagai jenis perhiasan, seperti liontin, kalung, gelang, anting-anting, dan berbagai jenis perhiasan lainnya. Di mana perhiasan digunakan bukan hanya sebagai penambah keindahan dalam segi penampilan, tetapi juga sebagai lambang martabat, integritas, serta status sosial dari orang yang memakainya.

Selain itu, berbagai jenis perhiasan banyak dipengaruhi oleh faktor budaya, ras, agama, dan lainnya sehingga setiap bentuk atau corak perhiasan yang dihasilkan mencirikan sebuah identitas dari budaya atau agama tertentu. Agama Kristen misalnya, membuat sebuah perhiasan salah satunya berupa salib dengan balutan berlian, emas, maupun perak; yang menjadi sebuah simbol dan identitas keagungan dari agama tersebut yang tersebar di setiap gereja yang ada.

Advertisement

Lebih jauh lagi, bahkan zaman prasejarah, bentuk perhiasan bukan terbuat dari emas, perak, atau batu-batuan mewah. Akan tetapi, bentuk perhiasan zaman prasejarah terbuat dari kulit binatang, tulang, daun, kayu, dan cangkang kerang. Sehingga, bentuk dan material perhiasan mengalami perubahan dari masa ke masa.

Fungsi Perhiasan dari Masa ke Masa

Fungsi perhiasan terus berubah dan bertambah yang dipengaruhi oleh konstruksi budaya di setiap zaman, dimulai dari fungsinya sebagai mata uang, hingga sebagai bentuk mode dan ekspresi seni, sesuai dengan corak dari masing-masing budaya, ras, atau agama tertentu.

Pada zaman prasejarah, fungsi perhiasan digunakan bukan sebagai penunjang penampilan, tetapi digunakan sebagai jimat atau media untuk melakukan sebuah ritual magis.

Kemudian pada zaman kerajaan, fungsi perhiasan digunakan sebagai aset untuk mengamankan kekayaan atau menjadi sebuah simbol dan identitas, yang mencerminkan kerajaan tersebut.
Lalu hari ini, fungsi perhiasan bukan lagi mempunyai arti sebagai jimat atau media untuk melakukan ritual. Akan tetapi, perhiasan hari ini digunakan sebagai penunjang penampilan yang mencerminkan martabat, kemapanan, dan integritas dari orang yang memakainya.

Bahkan, perhiasan berlian wanita merupakan perhiasan yang paling banyak dicari dan dijadikan koleksi hingga saat ini. Sehingga banyak orang, apalagi kaum wanita, yang berbondong-bondong ingin memiliki ataupun mengoleksi berbagai jenis diamond jewellery.


Mengoleksi Perhiasan Berlian


Perhiasan berlian memiliki berbagai jenis bentuk, seperti liontin berlian, cincin berlian, anting-anting berlian, kalung berlian cantik, dan masih banyak lagi. Tak sedikit kaum wanita beranggapan bahwa bahwa perhiasan berlian merupakan sebuah lambang martabat serta kemapanan bagi wanita tersebut. Baginya, memakai exclusive diamond jewellery akan akan semakin mempercantik penampilan, serta memberikan kesan mewah dan berkelas.

Sejarah Perhiasan serta Fungsinya yang Berubah dari Masa ke Masa
Koleksi Moela dari The Palace Jeweler ditawarkan mulai dari Rp888.000 nett.

Bagi kamu yang ingin mulai memiliki dan mengoleksi perhiasan berlian tetapi kamu masih pemula, kamu bisa mulai mencoba memiliki perhiasan dari Moela collection, yaitu koleksi dari merek perhiasan The Palace Jeweler yang ditawarkan mulai dari harga Rp888.000 nett.

Moela collection dari The Palace Jeweler merupakan koleksi perhiasan berlian terjangkau, tetapi juga indah dan berkelas, yang memiliki berbagai konsep desain. Sangat cocok bagi kamu yang ingin segera memiliki dan mengoleksi perhiasan berlian.

Diketahui, Moela collection dari The Palace Jeweler mempersembahkan berbagai jenis perhiasan berlian yang terdiri dari 5 konsep desain. Pertama, yaitu seri 'BerMoela', sebuah perhiasan berlian dengan desain solitaire yaitu berlian mata satu yang simpel dan kekinian

Seri ‘BerMoela’ yang didesain unik dengan berlian mata satu.
Sejarah Perhiasan serta Fungsinya yang Berubah dari Masa ke Masa

Kedua, seri 'KaMoela', sebuah perhiasan berlian wanita yang memadukan desain solitaire dengan sentuhan fashionable twist.
Kemudian yang ketiga, seri 'TriMoela' sebuah perhiasan berlian dengan mengusung konsep desain Trilogi, yaitu berlian mata 3 yang mempunyai makna filosofis past, present, future; dengan sentuhan modern-elegan.

Sejarah Perhiasan serta Fungsinya yang Berubah dari Masa ke Masa
Seri ‘KaMoela’, berdesain solitaire dengan sentuhan fashion yang kuat.


Keempat, ada seri 'Lovela' dengan mengusung konsep desain love yang beraksen tulisan 'Love' dengan sentuhan romantic-stylish.

Sejarah Perhiasan serta Fungsinya yang Berubah dari Masa ke Masa
Seri ‘Lovela’ menyasar kaum muda yang suka bergaya playful dan stylish.

Terakhir, seri 'Modela', yaitu perhiasan berlian yang menggunakan konsep desain unik, modern, dan youthful sebagai satu paduan.

Sejarah Perhiasan serta Fungsinya yang Berubah dari Masa ke Masa
Seri ‘Modela’ mengusung keunikan desain bergaya muda dengan aksen modern.

Tak hanya itu, The Palace Jeweler sebagai #NationalJeweler juga menghadirkan promo Gift with Purchase, di mana pelanggan bisa mendapatkan hadiah gratis berupa liontin berlian senilai Rp7 Jutaan. Liontin berlian ini memiliki desain ciri khas The Palace Jeweler, terdapat 1 piece diamond 0,050 carat dan berat emas +- 1,840 gram.

Nah, jika kamu ingin mengetahui informasi lebih detail tentang Moela collection, kamu juga bisa mengunjungi situs resmi #ThePalaceJeweler atau bisa juga mengikuti akun Instagram @thepalace_id dan TikTok @thepalacejeweler. Menariknya, kamu juga akan menemukan pengalaman berbelanja perhiasan yang seru dan asyik di gerai-gerai The Palace Jeweler, karena selain koleksinya yang lengkap, pelayanannya juga bikin nyaman dan betah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nikmati Ayam Bakar Khas Taliwang NTB

Berkunjung ke NTB tidak pas rasanya jika tidak mencicipi salah satu kuliner yang banyak diburu oleh penikmat kuliner, yakni ayam bakar khas Taliwang.

LIFESTYLE | 28 Januari 2023

"Pejantan Tangguh" Jadi Lagu Pembuka Konser Sheila on 7

Lagu "Pejantan Tangguh" menjadi pembuka konser grup band Sheila on 7 pada Sabtu (28/1/2023) malam.

LIFESTYLE | 28 Januari 2023

Warga Bangka Gelar Festival Busana dari Sampah

Warga Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, menggelar festival busana dari sampah plastik, Sabtu (28/1/2023). 

LIFESTYLE | 28 Januari 2023

Slank, Rhoma Irama hingga Maher Zain Bakal Ramaikan Puncak Peringatan 1 Abad NU

Grup musik Slank dan sejumlah musisi Tanah Air akan meramaikan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang akan tiba pada 16 Rajab 1444 H  atau 7 Februari 2023.

LIFESTYLE | 28 Januari 2023

Serial Komedi Indekos "Adu Domba" Sajikan Ketegangan Antarpenghuni

Serial komedi Indekos episode "Adu Domba" yang tayang, Sabtu (28/1/2023) menyajikan ketegangan antara para penghuninya.

LIFESTYLE | 28 Januari 2023

Bunda Corla Bikin Heboh Indonesia, Bos di Jerman Khawatir

Kepulangan bunda Corla ke tanah air memang membuat publik heboh karena memiliki penggemar yang banyak.

LIFESTYLE | 28 Januari 2023

Isi Suara di Kiko In The Deep Sea, Robby Purba: Akting di Depan Mikrofon Susah

Robby Purba mengaku senang bisa mengisi suara dalam film layar lebar animasi berjudul "Kiko In The Deep Sea"

LIFESTYLE | 28 Januari 2023

Bikin Merinding, Lima Film Horor Ini Siap Tayang di 2023

Kabar baik bagi para pecinta film horor. Banyak film bergenre ini yang siap tayang di bioskop pada tahun ini. 

LIFESTYLE | 28 Januari 2023

Bertemu Juragan99 di Surabaya, Bunda Corla Tenteng Tas Hermes

Sebelum menggelar konser, bunda Corla sempat bertemu dengan Shandy Purnamasari dan Juragan99.

LIFESTYLE | 28 Januari 2023

Main di JJJLP, Sheila Dara: Sulitnya Hidup Jauh dari Keluarga

Sheila Dara yang berperan sebagai Aurora dalam JJJLP mengaku lega akhirnya film tersebut segera tayang.

LIFESTYLE | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
MotoGP: Marc Marquez Ungkap Upayanya Pulih dari Cedera

MotoGP: Marc Marquez Ungkap Upayanya Pulih dari Cedera

SPORT | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE