Logo BeritaSatu

Kesedihan pada Ibu Hamil Berpotensi Picu Persalinan Prematur

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:04 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Kesedihan pada ibu hamil berpotensi memicu persalinan prematur. Walau hormon berperan besar, kesedihan pada ibu hamil tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

“Dampak secara tidak langsung itu ada, ya. Contohnya, ibu-ibu yang bersedih berkepanjangan berpotensi mengalami persalinan prematur. Bisa juga, anaknya kecil. Kita istilahkan BBLR (bayi berat lahir rendah),” kata Dokter Spesialis Obstetri Ardiansjah Dara Sjahruddin, saat menghadiri acara perayaan ulang tahun Teman Bumil yang kelima, Selasa (29/11/2022).

Advertisement

Selama masa kehamilan, kata Dara, banyak perubahan yang terjadi pada wanita, mulai dari fisik hingga psikis, serta yang tidak tampak, yaitu perubahan hormonal.

Saat para ibu hamil sedih dan banyak pikiran, mereka bisa jadi malas makan atau makan tidak teratur. Akibatnya, janin menjadi kekurangan nutrisi lalu mengalami BBLR.

Menurut dokter Dara, ada pula ibu hamil yang sampai tidak menjaga kebersihan diri, yang berisiko tubuh terpapar banyak bakteri. Bakteri pun bisa masuk dari vagina ke dalam rahim, lalu menginfeksi selaput ketuban, yang memperbesar potensi mengalami ketuban pecah dini dan persalinan prematur.

Pada trimester pertama, hormon yang meningkat dalam tubuh wanita antara lain hormon estrogen dan progesteron. Ditambah lagi, ada pula hormon kehamilan yang muncul, yakni hormon beta chorionic gonadotropin (beta hCG), yang kerap mengakibatkan mual dan muntah.

“Makanya enggak heran trimester pertama sekitar 75-80% ibu hamil pasti mual. Nah, yang 20% enggak mual atau istilahnya hamil kebo,” ujar dokter Dara.

Ketiga hormon tersebut sangat berpengaruh terhadap perubahan psikis ibu hamil, sehingga jadi lebih sedih, menangis, dan gampang marah-marah. Ini selaras dengan survei yang dilakukan oleh Teman Bumil terhadap 1.504 ibu hamil, 64,6% mengaku lebih mellow dan sering sedih, sementara 38,4% mengaku jadi lebih stres selama hamil.

Selain masalah hormonal, ada beberapa faktor eksternal yang menjadi pemicu ibu hamil tidak bahagia atau stres. Saat ditanyakan oleh Teman Bumil, kondisi finansial yang belum stabil (44,3%) berada di urutan pertama.

Kemudian, disusul dengan masalah kehamilan yang cukup mengganggu (35,8%), belum atau sulit menyiapkan biaya persalinan (23,9%), masih harus bekerja atau mengurus seluruh pekerjaan rumah tangga sendirian (21,5%), dan menjalani kehamilan sambil mengurus anak (20,7%).

Dara menilai support system tidak harus datang dari orang-orang terdekat yang ada di depan mata, melainkan juga bisa hadir secara digital. Selain bisa mendapatkan informasi, ibu bisa bergabung di komunitas supaya merasa tidak sendirian.

“Walaupun suami dan keluarga aku ada, tapi kadang aku merasa mereka enggak bisa relate dengan apa yang aku rasakan. Jadi, menurutku penting punya support group. Mereka mengerti mau kasih solusi apa. Kita pun merasa tervalidasi,” timpal Maria, pemilik akun Instagram @littlemavel.

Melihat betapa pentingnya support system di dalam kehidupan ibu, aplikasi kehamilan dan parenting Teman Bumil, yang telah mendampingi perjalanan ibu dan ayah Indonesia selama lima tahun penuh, pun memberikan inovasi terbaru pada tahun ini, yaitu meluncurkan fitur Komunitas sebagai a Happy Space for Mums.

“Pemilihan slogan berupa Teman Setia Mums di ulang tahun yang kelima bukanlah suatu kebetulan karena Teman Bumil sendiri memegang komitmen untuk senantiasa memberikan support system terbaik bagi Mums dan si Kecil,” tambah Ruth Retno Dewi selaku Chief Strategy Officer Teman Bumil dalam acara ulang tahun Teman Bumil.

Ruth menjelaskan, saat ini, para ibu bisa bergabung di Komunitas Teman Bumil melalui aplikasi maupun WhatsApp Group. Ada beberapa kategori grup yang bisa dipilih, yaitu promil, hamil, bayi, batita, dan juga balita. Jadi, informasi yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan para ibu dan tentunya bermanfaat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tandai Ultah Ketiga, Eventori Gelar Indonesia Entertainment Outlook 2023

Menurut CEO Eventori Universe Fary Farghob, Indonesia Entertainment Outlook 2023 membawa semangat Anyone, Anywhere, Anytime Entertainment.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Sejarah Lontong Cap Go Meh, Akulturasi Budaya Tionghoa-Jawa

Sajian lontong ini diyakini merupakan adaptasi dari budaya etnis Tionghoa Indonesia yang berpadu dengan selera masyarakat asli Indonesia khususnya masyarakat Jawa.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Apa Itu Cap Go Meh, Perayaan Setelah Tahun Baru Imlek? Ini Jawabannya

Cap Go Meh merupakan perayaan setelah Tahun Baru Imlek yang biasanya diperingati dengan membawa sesajen berupa kue keranjang ke Kelenteng.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Tayang Perdana Senin Besok, Nyari Makan Siap Goyang Lidah Pemirsa BTV

Nyari Makan, program baru yang khusus dihadirkan untuk pemirsa BTV siap tayang perdana mulai Senin, 6 Februari 2023 pukul 15:30 WIB.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Cak Lontong Blak Blakan Bareng "Ratu Nyinyir" Iis Dahlia di BTV

Bersama Cak Lontong, Iis Dahlia akan blak blakan cerita mengenai kehidupan pribadinya sampai perjuangannya di industri musik dangdut tanah air.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Nunung Sebut Ada Riwayat Kanker dalam Keluarganya

Didiagnosa mengidap kanker payudara ganas membuat komedian Nunung kini hanya bisa pasrah.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Uang Dikembalikan Bunda Corla, Netizen Tagih Janji Nikita Bagikan Uangnya

Nikita Mirzani menyatakan akan membagikan uang Rp 500 ribu bila Bunda Corla mengembalikannya. 

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Juara Pertama Ajang Pencarian Bakat Militer, Jin BTS Dapat Hadiah Liburan

Jin BTS diketahui mendapatkan hadiah liburan setelah memenangkan juara pertama di acara pencarian bakat militer.

LIFESTYLE | 3 Februari 2023

Nunung Minta Anak dan Cucunya Bisa Cari Nafkah Sendiri

Komedian Nunung Srimulat mengaku tengah fokus menyembuhkan penyakit Kanker Payudara ganas yang didiagnosis dokter.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023

Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia, Kavacare Buka Layanan Homecare

Kavacare terinspirasi untuk memberikan layanan kesehatan kepada lansia dengan metode home care.

LIFESTYLE | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

Masih Berkeliaran, Satgas Waspada Investasi Blokir 50 Pinjol Ilegal

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE