Logo BeritaSatu

Violent Night, Kisah Sinterklas Terjebak Penyanderaan

Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:24 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Judul : Violent Night
Genre Film : Aksi, Komedi, Kekerasan
Sutradara : Tommy Wirkola
Skenario : Pat Casey dan Josh Miller
Pemain : David Harbour, Beverly D’Angelo, John Leguizamo, Leah Brady
Durasi : 112 menit

Jakarta, Beritasatu.com- Bisa ditebak, film Violent Night memang antitesis dari persepsi orang tentang “Holy Night”. Malam Natal yang sunyi, tenang, dan syahdu berubah menjadi perampokan berdarah. Bahkan Sinterklas pun tak bisa menggunakan keajaibannya untuk membebaskan para sandera seketika.

Advertisement

Skenario dari Pat Casey dan Josh Miller memang memporakporandakan gambaran orang tentang sosok Sinterklas. Meskipun di film ini tampil sebagai pahlawan, Sinterklas dibekali karakter manusiawi. Punya emosi kecewa, amarah, kadang bingung saat menghadapi dilema moral baik dan buruk. Casey dan Miller seolah memberi imajinasi liar soal “Malam Natal.” Skenario mereka disambut sutradara Tommy Wirkola menerjemahkan cerita dalam visualisasi dramatis, konyol, sekaligus brutal.

Kisah bermula dari adegan tokoh Sinterklas atau Santa Claus (David Harbour) yang kehilangan semangat, berceloteh sambil menikmati segelas bir di salah satu bar kota Oslo. Tak ada yang menyadari, dia adalah sosok mitos Sinterklas yang selalu ditunggu banyak anak di seluruh dunia saat malam Natal.

Sesuai tugas membagikan kado Natal, Santa Claus tiba di kediaman nenek kaya raya, Gertrude Lightstone (Beverly D’Angelo). Di sana, ada seorang bocah perempuan bernama Trudy (Leah Brady) yang merupakan putri pasangan Jason Lightstone (Alex Hassell) datang berkunjung. Malam Natal itu, Jason mengajak pula istrinya, Linda (Alexis Louder).

Ibarat orang yang tepat, tapi di tempat yang salah, Santa Claus terjebak di situasi yang sulit. Sekelompok penjahat kejam yang dipimpin Scrooge (John Leguizamo) menyantroni keluarga Lightstone. Mereka berniat merampok uang senilai US$ 300 juta yang disimpan di brankas rumah. Meskipun dijaga banyak pengawal pribadi, Scrooge dan kawanannya berhasil menyandera dan mengancam nyawa seluruh keluarga Lightstone.

Tokoh Santa Claus di film ini bukanlah sosok ideal Sinterklas dalam gambaran banyak orang. Sejak awal, tokoh ini ditampilkan sebagai pecandu alkohol. Dari awalnya mencicip, dia akhirnya malah mencuri sebotol miras dari koleksi keluarga Lightstone. David Harbour memerankan Sinterklas tambun ini dengan baik.

Menghadapi para penjahat kejam, penulis skenario Pat Casey dan Josh Miller tidak menjadikan Santa Claus sosok bergelimang keajaiban dan kebal senjata. Dalam satu adegan, Santa Claus tampak terluka parah di bagian perut. Tokoh ini bahkan ditampilkan kerap apes atau selamat karena faktor kebetulan.

Saat berkelahi, Santa Claus cuma melawan dengan jurus sekenanya. Dia mengandalkan benda apa saja. Mulai dari kabel lampu hias, bola biliar, permen batangan, hingga sepatu ski. Sampai akhirnya, dia menemukan masa lalu dirinya ternyata sangat mematikan dan mahir bersenjatakan palu.

Banyak kritik menilai Violent Night sangat kental dengan gaya aksi Die Hard dan Rambo. Ada juga potongan formula bocah lawan penjahat seperti Home Alone, tapi tentu tetap saja sadis. Separuh awal alur film ini mungkin hanya mempertontonkan drama keluarga dan sedikit bumbu komedi. Namun kemunculan tokoh Scrooge seolah mengubah genre film ini menjadi tontonan aksi.

Perkelahian di film ini tergolong brutal, dengan adegan tusuk menusuk di bagian manapun, kepala remuk, sampai leher putus. Alhasil Violent Night memang tidak cocok untuk penonton anak di bawah umur. Dikombinasikan kekerasan yang berlebihan, film ini juga banyak menyuguhkan komedi konyol dan sinikal.

Violent Night boleh jadi memberi gambaran abu-abu tokoh Sinterklas yang justru leluasa menghukum mati para “penjahat nakal” dengan barbar. Meskipun agak ironis, sutradara akhirnya menyeret penonton pada kisah-kisah keajaiban malam Natal dan menghidupkan kembali mitologi Sinterklas. Ho ho ho.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kembali Trending, Tamiya Jadi Momen Nostalgia Generasi 90-an

Mobil Tamiya belakangan kembali menjadi trending di kalangan generasi 90-an. Hal ini menjadi pengobat rindu generasi milenial. 

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Menikmati Kesejukan Alam dari Wisata Dusun Camp di Pagaralam

Wisata Alam Dusun Camp yang baru dibuka beberapa bulan lalu ini sudah dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Turun Harga! Mobil Listrik Mustang Mach-E Kini Rp 503 Juta

Ford memangkas harga mobil listrik Mustang Mach-E hingga 8%. Mustang Mach-E kini dibanderol sekitar Rp503 juta.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Deretan Film dan Drama Terbaik yang Dibintangi Song Joong Ki

Aktor tampan asal Korea Selatan, Song Joong Ki telah berkiprah di industri hiburan sejak 2008 melalui film A Frozen Flower.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Sandiaga Uno Dorong ASEAN Plus Three Perkuat Kerja Sama Pariwisata

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 resmi digelar di Yogyakarta sejak Jumat (3/2/2023) kemarin. 

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Bawakan Lagu Stinky, Andre Taulany Hadir di Konser Dewa 19

Andre Taulany muncul jelang puncak acara konser Dewa 19 membawakan Mungkinkah, lagu hits Stinky.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Duet Bareng Mulan, Elvy Sukaesih Cium Ahmad Dhani di Konser Dewa 19

Pedangdut senior Air Elvy Sukaesih dan Mulan Jameela menyayikan lagu dalam konser Dewa 19dan mencium pipi Ahmad Dhani.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Prabowo, Ridwan Kamil, Hingga Anies Saksikan Konser Dewa 19

Sederet pejabat dan tokoh politik terlihat hadir menonton konser Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Sabtu malam.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Lezatnya Olahan Daging Kambing Bakar Asap di Sukabumi

Bagi pencinta olahan daging kambing, di Kota Sukabumi Jawa Barat, ada salah satu kedai yang menyajikan olahan kambing berbeda dengan yang lain.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023

Kejutkan Penggemar, Jeff Satur Nyanyikan 1000 Tahun Lamanya

Jeff Satur mengejutkan para penggemarnya di Indonesia dengan menyanyikan lagu milik Tulus berjudul 1000 Tahun Lamanya.

LIFESTYLE | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE