Logo BeritaSatu

Pemeriksaan Genomik Tumor Tentukan Terapi Kanker yang Optimal

Kamis, 8 Desember 2022 | 14:40 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Pemeriksaan DNA tumor bisa membantu menentukan opsi terapi pengobatan kanker bagi para pasien. Pemeriksaan Comprehensive Genomic Profiling (CGP) berbasis Next Generation Sequencing (NGS) ini mampu mendeteksi mutasi pada lebih dari 300 gen yang terasosiasi dengan kanker.

Roche dan anak perusahaannya, Foundation Medicine Inc. (FMI) bekerja sama dengan PT Kalbe Farma Tbk melalui KALGen Innolab (Laboratorium Klinik Kalbe) meluncurkan layanan pemeriksaan CGP dengan teknologi NGS. Layanan pemeriksaan ini dapat membantu menentukan terapi terbaik bagi pasien kanker, sesuai dengan pemetaan genomik tumor pada masing-masing pasien.

Advertisement

“Perkembangan personalized dan precision medicine saat ini memungkinkan pasien untuk mendapatkan terapi terbaik. Sebagai pelopor pemeriksaan biomolekular kanker di Indonesia, KalGen Innolab terus berusaha berinovasi dan melengkapi rangkaian layanan pemeriksaan yang berperan dalam manajemen terapi pasien,” tutur Yuniar Linda, Presiden Direktur PT Innolab Sains Internasional (KALGen Innolab), pada Kamis (8/12/2022).

Dua tipe pemeriksaan yang bernama FoundationOneCDx dan FoundationOneHeme akan tersedia bagi dokter untuk digunakan kepada pasien mereka. Pemeriksaan FoundationOneCDx diindikasikan untuk semua jenis kanker tumor padat dengan menganalisis sampel DNA, sedangkan FoundationOneHeme diindikasikan untuk pasien dengan kelainan hematologi dan sarkoma di semua stadium dengan menganalisis DNA dan RNA pasien.

Kedua pemeriksaan ini mampu mendeteksi secara komprehensif mutasi pada lebih dari 300 gen yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker. Mutasi tersebut kemudian menjadi indikasi kecocokan pasien dengan pilihan terapi kanker tertentu, yang dapat membantu para klinisi dan pasien.

“Upaya Roche dan FMI yang hadir di Indonesia ini merupakan kemajuan yang penting pada visi kami, yakni memungkinkan lebih banyak pasien kanker mendapatkan pelayanan kesehatan yang terpersonalisasi,” ujar Ait-Allah Mejri, Presiden Direktur Roche Indonesia.

Kanker di Indonesia menjadi masalah ekonomi kesehatan masyarakat yang utama dan bebannya semakin meningkat. Dengan hampir 400.000 kasus baru pada tahun 2020, kita dapat memperkirakan (dalam angka) kenaikan jumlah kasus pada tahun 2040 dikarenakan penuaan dan pertumbuhan populasi.

Pengendalian kanker yang lebih baik dan perubahan paradigma dalam penanganan kanker menjadi lebih penting untuk memperkuat sistem kesehatan di Indonesia.

Arif R Hanafi, Pulmonologist Oncologist di RS Kanker Dharmais PKN (Pusat Kanker Nasional mengatakan pendekatan tatalaksana kanker yang diterapkan saat ini adalah precision medicine, yakni pengobatan yang berdasarkan pola genomik yang ada pada sel kanker.

“Dalam sel kanker paru misalnya, terdapat berbagai macam oncogenic driver mutation, yang saat ini berpotensi untuk diberikan terapi target. Oleh karena itu, pemeriksaan CGP (Comprehensive Genomic Profiling) ini penting untuk menentukan terapi target yang paling tepat untuk pasien,” ungkap Arif.

Sejauh ini, pemeriksaan untuk diagnosis terkait penanganan kanker di Indonesia masih dilakukan secara bertahap. Pemeriksaan pasien kanker untuk tahap berikutnya baru akan dilakukan apabila hasil tes pertama dilaporkan negatif. Butuh waktu yang panjang sampai dokter dapat mengetahui profil genomik tumor dari beberapa mutasi gen pasien untuk menentukan pilihan terapi yang paling tepat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dongkrak Kunjungan Pelancong, Inggris Akan Bantu Promosi Bali

Pemerintah Inggris berjanji bakal memberikan membantu promosi pariwisata di Bali kepada warganya.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Dukung Brand Lokal, BonCabe Gandeng Mad For Make Up

Belakangan ini beberapa produsen kosmetik dan skincare lokal gencar melakukan kolaborasi dengan merek lainnya.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Hati-hati, Susu Formula Jadi Faktor Pencetus Diabetes Anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan, terdapat sejumlah pemicu kasus diabetes anak. Salah satunya, susu formula.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Singkirkan DJ Khaled, Kendrick Lamar Sabet Album Rap Terbaik di Grammy Awards 2023

Kendrick Lamar berhasil menyabet penghargaan di ajang Grammy Awards 2023 untuk kategori album rap terbaik.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Gaya Hidup Modern, Diabetes Banyak Menyerang Remaja

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Piprim Basarah Yanuarso mengatakan, saat ini banyak remaja menderita diabetes.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Kalahkan Adele, Harry Styles Sabet Dua Penghargaan di Grammy 2023

Harry Styles berhasil memboyong penghargaan pada ajang bergengsi Grammy 2023. Dia menyabet kategori Album of The Year dan Best Pop Vocal.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Program Sehati Terbitkan 35.930 Sertifikat Halal Gratis

Program Sehati dengan mekanisme pernyataan pelaku usaha (self declare) sudah berhasil menerbitkan 35.930 sertifikasi halal sepanjang tahun 2022.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Terapkan 5 Pilar, Pasien Diabetes Anak Bisa Hidup Normal

Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi IDAI, Dr Muhammad Faizi mengungkapkan, terdapat lima pilar yang perlu diperhatikan pada kasus diabetes anak.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Ita Rahma Gembira Main Film Horor Bareng Anya Geraldine

Artis cantik Ita Rahma gembira bisa bermain film horor bareng Anya Geraldine saat ditemui di Jakarta, Senin (6/2/2023).

LIFESTYLE | 6 Februari 2023

Ini Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2023

Ajang Grammy Awards 2023 yang digelar di Los Angeles memunculkan nama Beyonce yang meraih empat penghargaan.

LIFESTYLE | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

Ratusan Ternak Sapi di Sulteng Kembali Terjangkit PMK

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE