Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Keluarga Erina Gudono Sebut Persiapan Siraman Sudah 100%

Kamis, 8 Desember 2022 | 23:02 WIB
Oleh : Pudja Lestari / FFS
Erina Gudono 

Jakarta, Beritasatu.com - Erina Gudono, calon istri Kaesang Pangarep, akan menjalani rangkaian prosesi siraman pada Jumat (9/12/2022) pagi. Keluarga Erina mengungkapkan persiapan untuk prosesi siraman sudah mencapai 100 persen.

Kakak Erina, Nadya Gudono mengucap syukur atas lancarnya persiapan rangkaian pernikahan. Nadya mengaku bahagia menyaksikan Erina akan mengikat janji suci dengan Kaesang Pangarep.

"Semua persiapan udah 99 persen, sudah 100 persen lah, 112 persen malah," kata Nadya.

Erina akan menjalani prosesi siraman dan midodareni pada Jumat (9/12/2022) di rumahnya di Dusun Purwosari RT 03/59 Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta.

MC pernikahan Kaesang dan Erina, Wigung Wratsangka mengungkapkan rangkaian acara akan dimulai dengan pemasangan bleketepe, anyaman janur atau daun kelapa muda yang dipasang pada tempat pernikahan mempelai. Bleketepe merupakan simbol penolakan bala atau hal buruk yang bisa saja terjadi selama proses pernikahan kedua mempelai.

Dengan pemasangan Bleketepe ini diharapkan prosesi pernikahan pengantin berjalan dengan lancar.

Setelah pemasangan Bleketepe, prosesi cethik geni akan dimulai. Prosesi cethik geni adalah menyalakan api untuk memasak nasi pertama kali. Prosesi ini biasanya dilakukan untuk anak perempuan yang pertama kali menikah dalam keluarga.

"Membuat api itu tidak seperti sekarang, itu sulit. Pelajaran yang diambil ialah bagaimana kita harus berani bersusah payah untuk menghidupkan," jelas Wigung.

Kemudian, prosesi siraman akan dilangsungkan. Untuk prosesi siraman, air yang digunakan merupakan air yang didatangkan dari tujuh sumber mata air yang berbeda. Prosesi siraman ini bertujuan untuk menyucikan dan membersihkan mempelai sebagai tanda siap menjalani kehidupan baru sebagai sepasang suami istri.

"Makna filosofi dari upacara siraman meniliki inti, niat, untuk membersihkan jiwa raga, lahir batin, dan segala keburukan," tutur Wigung.

Setelah prosesi siraman selesai, acara akan dilanjutkan dengan midodareni pada malam hari. Menurut adat Jawa, calon mempelai pria dalam hal ini Kaesang mesti datang ke rumah calon mempelai perempuan atau Erina dengan membawa seserahan yang disebut midodareni.

Dalam prosesi ini, calon mempelai pria tidak akan bertemu dengan calon mempelai perempuan secara langsung. Biasanya, calon mempelai pria akan menemui perwakilan dari keluarga calon mempelai perempuan.

Rangkaian prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dimulai Kamis (8/12/2022) siang dengan agenda semaan Al-Qur'an yang dihadiri oleh keluarga inti dan dilangsungkan pada pukul 12.00 WIB di kediaman Erina. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengajian pada pukul 13.30 WIB yang dihadiri oleh keluarga besar, tetangga, dan tamu undangan.

Kaesang dan Erina dijadwalkan mengikat janji suci pernikahan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, Sabtu (10/12/2022). Setelah ijab kabul, agenda dilanjutkan dengan acara panggih pengantin dan dahar tasyakuran. Kemudian rangkaian acara dilanjutkan di Kota Solo, Jawa Tengah yang dipilih sebagai lokasi acara ngunduh mantu yang akan digelar pada Minggu, 11 Desember 2022.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI