Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Taman Pracima Pura Mangkunegaran, Dulunya Lapangan Tenis Tertua di Solo

Jumat, 9 Desember 2022 | 01:07 WIB
Oleh : Rachman Pratama / FFS
Salah satu bangunan bergaya Jawa - Eropa di Taman Pracima Pura Mangkunegaran.

Solo, Beritasatu.comPura Mangkunegaran yang berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah menjadi lokasi penting pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang akan berlangsung pada akhir pekan ini.

Istana Mangkunegaran yang dibangun sejak tahun 1757 silam berdiri di area yang cukup luas dan berada di pusat Kota Solo. Pihak Mangkunegaran terus melakukan perawatan dan perbaikan agar kemegahan bangunan bersejarah itu tak lekang oleh waktu.

Pada bagian sebelah sisi barat setelah bangunan Pendopo Ageng, terdapat taman yang begitu indah dan menjadi ikon unggulan di Pura Mangkunegaran. Taman bernama Taman PRacima tersebut dilengkapi bangunan-bangunan yang memadukan nilai sejarah dan modernisasi bergaya Jawa – Eropa.

Sejarawan Solo, Insiwi Febriaty Setiasih yang ditemui di rumahnya di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada Kamis (08/12/2022) menjelaskan, Taman Pracima yang baru saja selesai direvitalisasi merupakan bekas lapangan tenis tertua di Kota Solo.

“Pada sisi sebelah barat, itu ada bekas lapangan tenis yang sekarang jadi Taman Pracima yang dibangun Kanjeng Gusti. Itu merupakan lapangan tenis tertua di Solo, yang dibangun oleh Mangkunegaran VII yang senang bermain tenis untuk berinteraksi dengan orang asing. Jadi dulu beliau bersekolah ke Belanda dan belajar tenis. Lalu anak-anaknya diajari tenis, hingga akhirnya membuat lapangan tenis,” tutur Insiwi Febriaty Setiasih.

Insiwi mengatakan Taman Pracima di Pura Mangkunegaran itu kabarnya akan dibuka untuk publik. Taman ini akan menjadi tempat wisata baru di Kota Solo.

“Nantinya akan jadi area wisata baru di Mangkunegaran. Jadi dibuka untuk publik. Namun kapan dibukanya, ya kita tunggu saja,” tambahnya.

Insiwi yang juga staf pengajar Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Sebelas Maret itu juga menyampaikan jika dimungkinkan Taman Pracima akan ditunjukkan ke sejumlah tamu penting resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022) besok.

“Untuk acaranya Mas Kaesang, sejauh yang saya pahami, dari rundown acara, bahwa para tamu VVIP akan dibawa ke Taman Pracima, supaya bisa melihat sejauh mana proses revitalisasi Taman Pracima itu dilakukan,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI