Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Puluhan "Prajurit" Muda Latihan Jelang Pernikahan Kaesang-Erina

Sabtu, 10 Desember 2022 | 08:34 WIB
Oleh : Rachman Pratama / FMB
Puluhan putra dan putri yang berasal dari Sanggar Soeryo Soemirat di bawah asuhan Pura Mangkunegaran, berlatih jelang kirab pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang akan berlangsung pada Minggu (11/12/2022).

Solo, Beritasatu.com – Puluhan putra dan putri yang berasal dari Sanggar Soeryo Soemirat di bawah asuhan Pura Mangkunegaran, terus berlatih jelang kirab pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang akan berlangsung pada Minggu (11/12/2022).

Mereka berlatih di sepanjang perempatan Ngersopuro yang tak jauh dari pintu selatan Pura Mangkunegaran yang akan menjadi pintu masuk peserta kirab.

“Kami sedang melangsungkan gladi bersih untuk menyambut pernikahan Mas Kaesang dan Mbak Erina,” ungkap salah satu pengajar di Sanggar Soeryo Soemirat, Theresia Sri Kurniati, pada Jumat (09/12/2022) petang.

Theresia menjelaskan saat hari H pelaksanaan kirab, puluhan siswanya itu akan berperan sebagai prajurit Mangkunegaran yang akan menyambut para peserta kirab dari Loji Gandrung, hingga memasuki lokasi acara di Pura Mangkunegaran.

“Jadi besok hari H, kita siap dari jam 7. Begitu kirab masuk, pengantin juga masuk, lalu kita sambut. Bagi prajurit putri akan mengikuti peserta kirab sampai gapura, sedangkan yang putra akan menunggu sampai selesai, pembubaran kirab,” jelasnya.

Menurut Theresia, persiapan sudah dilakukan sejak seminggu yang lalu dan gladi resik juga akan dilakukan sekali. Theresia mengaku gerakan untuk menyambut peserta kirab cukup sederhana

“Kita tidak akan menampilkan tari-tarian di sini, karena di sini hanya menyambut saja. Kalau tariannya kita siapkan di Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran untuk memberikan hiburan bagi tamu undangan. Untuk latihannya akan kita lakukan lagi besok, yang tarian itu,” tambah Theresia.

Ada 80 putra-putri dari Sanggar Soeryo Soemirat, salah satunya adalah Nuksmanari Sricempo Sari yang masih duduk di bangku kelas SMP. Nuksma tampak bersemangat karena akan menjadi pengalaman pertamanya mengiringi pernikahan seorang anak Presiden.

“Iya ini lagi latihan jadi prajurit Mangkunegaran. Ini baru pertama kali, jadi pengalaman baru,” ungkap Nuksma.

Nuksma mengaku akan berperan sebagai kadal menek dan akan mengiringi peserta kirab pasangan pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono hingga Pamedan Pura Mangkunegaran

“Saya berperan sebagai kadal menek, yang nanti ikut menyambut dan mengiringi peserta kiran, mulai dari perempatan Ngersopura ini sampai pintu Pamedan,” tutup Nuksma.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI