Logo BeritaSatu
Kesehatan

Jahe, cara ampuh atasi mabuk perjalanan

Kamis, 25 Agustus 2011 | 10:30 WIB
Oleh : B1

Di balik rasa pedasnya, jahe mengandung bahan berkhasiat mengatasi mual.

Mudik lebaran ke kampung halaman lewat jalan darat menjadi keasyikan tersendiri bagi sebagian umat Islam, meski harus melewati berpuluh-puluh jam di jalan.

Mabuk perjalanan adalah satu hal yang sering dikeluhkan dalam perjalanan. Terlebih bagi mereka yang tak terbiasa menempuh jalan darat.

Jahe adalah jawaban untuk mengatasi rasa mual, pusing dan muntah-muntah karena mabuk perjalanan. Di balik rasanya yang pedas, jahe atau nama ilmiahnya Zingiber officinale mengandung bahan berkhasiat untuk mengatasi masalah saat mudik tersebut.

Dokter klinik sekaligus ahli herbal dr Abrijanto SB mengatakan, jahe mengandung zat zingiberol, yakni salah satu komponen utama penyebab bau harum pada jahe, yang ampuh mengatasi mual. Terutama jahe merah mengandung kadar zingiberol lebih tinggi.

Jahe dapat memperbaiki motilitas lambung, memberikan rasa nyaman dalam saluran pencernaan sehingga tidak mual. Menurutnya, jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan sendiri, akan tetapi biasanya kandungan zingiberolnya tidak terstandar, sehingga malah menyebabkan mual meskipun sudah dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sedangkan, jahe yang sudah diolah dan diproduksi dalam bentuk obat-obatan maupun minuman, sudah terstandar atau memenuhi syarat untuk atasi mual.

”Kalau jahe buatan sendiri mungkin rasanya mikmat, tetapi karena tidak memenuhi standar kadang sudah minum malah makin mual,” katanya pada acara buka puasa bersama yang digelar Deltomed di Jakarta, baru-baru ini, seperti dilansir Suara Pembaruan.

Dia menganjurkan setengah jam sebelum keberangkatan pemudik mengonsumsi obat-obatan yang mengandung herbal, seperti ekstrak jahe, royal jelly, gingseng, kencur, ekstrak biji pala, jeruk nipis, ekstrak mint dan thymi. Kandungan bahan-bahan ini mampu mengatasi masuk angin, meningkatkan daya tahan tubuh. Memberikan rasa hangat, mengatasi gangguan batuk, dan melegakan tenggorokan.

Semua bahan herbal ini terkandung di dalam obat tolak Antangin, Antalinu, dan OB Herbal, yang produksi Deltomed. Selain konsumsi obat-obatan yang mengandung bahan herbal, ia menganjurkan pemudik agar mengatur pola makan dengan baik. Disebutkan, pemudik hendaknya makan lebih dulu sebelum keberangkatan, namun jangan terlalu banyak porsinya atau sampai kekenyangan.

Makan terlalu banyak menimbulkan rasa tidak nyaman saat perjalanan. Hindari makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Lebih banyak makan buah dan sayuran yang mengandung serat, vitamin dan mineral. Untuk perjalanan jauh, vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Hindari minuman berkafein. Selain membuat jantung berdebar, juga meningkatkan produksi air seni. Untuk pemudik keseringan kencing itu kurang menyenangkan, sehingga dianjurkan lebih banyak minum air putih. Ini juga untuk mencegah silent dehidrasi yang disebabkan karena kelamaan di dalam mobil ber-AC. Dia juga menganjurkan istirahat cukup sebelum keberangkatan.

Pegal pada seluruh badan juga pasti akan dialami, terutama mereka yang tidak pernah berolahraga. Ada baiknya sesekali turun dari mobil untuk melakukan olahraga ringan guna merilekskan kembali otot-otot tubuh. Aktivitas ringan perlu agar darah tidak statis atau diam, sehingga peredaraan darah pun menjadi lancar.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: -

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina membuat heboh dengan membagi-bagi hadiah di Cipung Day.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Manggung Malam Tahun Baru, Titi DJ Mengaku Dibayar Fantastis

Diva pop Indonesia, Titi Dwi Jayanti atau yang akrab disapa Titi DJ mengaku senang bisa kembali tampil pada perayaan malam tahun baru menuju 2023

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Horizon Line, Perkara Hidup Mati di Angkasa

Setelah pilot meninggal mendadak, yang tersisa hanya ketegangan menuju maut. Perkara hidup mati penumpang pesawat itu menjadi cerita inti film Horizon Line.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Jelang Pernikahannya, Kaesang Ungkap Pesan Jokowi dan Iriana

Kaesang Pangarep mengungkap pesan kedua orang tuanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi. Pernikahan Kaesang akan digelar akhir pekan ini.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Benteng Vastenburg Dijadikan Kantong Parkir

Halaman Benteng Vastenburg akan menjadi salah satu kantong parkir kendaraan saat resepsi pernikahan Kaesang dan Erina.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Sedang Dipingit, Kaesang Curhat Tak Sabar Nikahi Erina Gudono

Dipingit, Kaesang Pangarep mengaku sudah tidak sabar menanti hari paling berbahagia dalam hidupnya, yakni menikah dengan kekasihnya, Erina Gudono.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Gibran Minta Tamu Undangan Pernikahan Kaesang Tidak Berikan Amplop

Gibran Rakabuming, menegaskan bahwa tamu undangan yang hadir di pernikahan Kaesang-Erina tidak perlu memberikan amplop.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Pameran USS 2022 Bakal Dimeriahkan The Hundreds hingga Hotsauce

Ajang pameran USS 2022 siap digelar di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC), pada 9-11 Desember.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Presiden Jokowi Tunjuk 2 Juru Bicara

Presiden Jokowi menunjuk dua juru bicara (jubir) dalam rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Pernikahan Kaesang dan Erina, 7.500 Personel TNI-Polri Disiagakan

Sebanyak 7.500 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan untuk pengamanan maksimal acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. 

LIFESTYLE | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polri Benarkan Adanya Ledakan Bom di Polsek Astana Anyar Bandung

Polri Benarkan Adanya Ledakan Bom di Polsek Astana Anyar Bandung

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE