Logo BeritaSatu

Siloam Manado Berbagi Pengalaman dengan Dokter FKTP

Jumat, 1 Maret 2019 | 15:03 WIB
Oleh : GOR

JAKARTA - Rumah Sakit (RS) Siloam Manado berbagi pengalaman tentang pelayanan rujukan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan para dokter yang merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di Manado.

Head Division Business Development RS Siloam Manado, Magdalena Molenar menjelaskan berbagi pengalaman itu diharapkan bisa memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat terutama para pasien BPJS sehingga makin paham bagaimana caranya menggunakan rujukan online.

Direktur RS Siloam, dr. Abraham Talumewo, MHSM mengatakan kegiatan tersebut untuk melakukan sosialisasi sekaligus berbagi pengalaman dan pengetahuan terbaru tentang layanan rujukan BPJS, sehingga para dokter bisa tahu dan dapat menerapkannya kepada para pasien.

“Melalui pertemuan ini diharapkan bisa membuat masyarakat terutama para pasien BPJS bisa terbantu dan dapat berobat dengan mudah tanpa ada keluhan,” kata dokter Abraham dalam keterangan tertulisnya kepada Beritasatu.com Selasa (26/2).

Sementara itu, Case Manager BPJS RS Siloam Manado, dr. Frico Talumewo menuturkan, sebagai rumah sakit tipe B, Siloam tetap patuh dan mengacu pada aturan tentang BPJS kesehatan yang ditetapkan dan berlaku di seluruh Indonesia.

“Kami menyampaikan bagaimana teknis rujukan pasien dari FKTP ke rumah sakit tipe C lalu ke B, bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan pasien, terutama rujukan dalam jaringan atau online, di mana pasien bisa mengikuti cara-cara yang sudah ditetapkan dan dapat dengan mudah mengikutinya sehingga dapat menerima layanan BPJS,” ujar dokter Frico.

Dia menjelaskan, pada era JKN sekarang, masa rujukan online, mempermudah pasien rujukan tipe B, tidak kesana kemari, semua lewat online lewat web BPJS, trik-trik pemeriksaan apa, sub spesialisasi apa yang bisa langsung dari dokter ke tipe B, tanpa melewati lainnya, pilih opsi tertentu pasien bisa langsung keluar Siloam, tanpa perlu tipe C dan D.

“Ada sarana-sarana yang hanya ada di Siloam seperti MRI dan lainnya, misalnya tanpa harus lewat tipe di bawahnya, dan di sini spesialisasi yang bisa langsung di Siloam,” kata dia.

Dia juga menegaskan, dalam pelayanan BPJS, Siloam sama sekali tidak membeda-bedakan pelayanan. Semua pasien dilayani sama, dan tidak ada perbedaan, asalkan semua ikut aturan bisa sampai ke tipe A, sebab Siloam mendukung program pemerintah untuk melayani seluruh masyarakat termasuk BPJS, untuk rujukan Tipe B sesuai ketentuan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

30 Tahun di Indonesia, AQUA Japan Hadirkan AC Sekaligus Air Purifier

AQUA Japan meluncurkan AC terbaru WXW Series AQA – KRV10WXW, bukan hanya sebagai penyejuk udara namun sebagai air purifier.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Transisi Endemi, Bisnis Kecantikan dan Skincare Melesat

Bisnis kecantikan dan perawatan kulit atau skincare diyakini akan terus meningkat di masa transisi endemi Covid-19.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Karya Desain Interior Arkadia Works Mendunia Melalui Batik

The Tales of Batik merupakan konsep desain dari Arkadia Works yang diterapkan untuk kantor Concentrix.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Buka Cabang di Serang, Kasoem Vision Care Berikan Pemeriksaan Penglihatan

Kasoem Vision Care memberikan layanan pemeriksaan pengelihatan saat menggelar grand opening store di Mall of Serang, Serang, Banten, Minggu (2/10/2022)

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Asus ExpertBook B7 Flip, Laptop dengan Slot SIM Card 5G

Asus memiliki varian laptop bisnis ExperBook B7 Flip yang dibekali dengan slot sim card untuk menghadirkan konektivitas 5G.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Konten Prank Baim Wong soal KDRT Rendahkan Institusi Polisi

Artis Baim Wong dan Paula Verhouven tengah menjadi sorotan dan membuat geram warganet usai keduanya membuat konten prank KDRT.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

14 Tahun di Indonesia, Happycall Terus Kembangkan Teknologi Mutakhir

Happycall memasuki pasar Indonesia pada 2008 dan tahun ini menandai hari jadi happycall Indonesia yang ke-14 yang jatuh pada 30 September 2022.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Buat Konten Prank KDRT, Baim Wong dan Paula Dihujat Warganet

Akun sosmed pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven menjadi bahan hujatan warganet karena membuat konten prank melaporkan KDRT ke kepolisian.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta Gelar Parade 100 Perempuan Berkebaya

Memperingati Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta menggelar Parade 100 Perempuan Berkebaya di Mall Kasablanka.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan Jadi Trending Topics di Twitter

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) di Kanjuruhan jadi perhatian warganet.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tak Ingin Tragedi Kanjuruhan Terulang, Presiden PKS Dorong Evaluasi Menyeluruh

Tak Ingin Tragedi Kanjuruhan Terulang, Presiden PKS Dorong Evaluasi Menyeluruh

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings