Logo BeritaSatu

Merger IOH Dinilai Momentum Operator Telekomunikasi Makin Efisien

Jumat, 7 Januari 2022 | 11:15 WIB
Oleh : WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Penggabungan (merger) PT Indosat Ooredoo dan PT Hutchison Tri Indonesia (3) menjadi PT Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) yang efektif berlaku pada 4 Januari 2022 dinilai menjadi momentum operator telekomunikasi di Tanah Air agar lebih efisien dalam membangun insfrastruktur untuk mencapai agenda transformasi digital Indonesia.

Dengan merger ini, IOH menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia dengan berbagai inovasi yang akan dikembangkan. “Konsolidasi Indosat dan H3I merupakan langkah strategis dengan menyatukan bisnis yang saling melengkapi untuk menciptakan perusahaan telekomunikasi dan internet digital kelas dunia untuk Indonesia,” kata Chairman of the Indonesian Digital Empowering Community (Idiec) M. TesarSandikapura, kepada Antara di Jakarta, Kamis (7/1/2022).

Menurut Tesar, aksi korporasi yang dilakukan Indosat sangat bagus karena secara alamiah telah mengurangi jumlah operator seluler hanya menjadi empat perusahaan besar. Kondisi ini juga sekaligus membuat operator telekomunikasi lain lebih sehat dan efisien. Perkawinan Indosat dan Tri yang memadukan berbagai keunggulan dan karakter yaitu Indosat sebagai operator jaringan telekomunikasi dengan Tri yang kuat pada basis aplikasi data, bisa membuka peluang bagi perusahaan itu menjadi operator terbesar di Indonesia. "Merger Indosat-Tri menjamin adanya manfaat strategis dengan skala lebih besar dan struktur biaya lebih efisien, spektrum frekuensi yang semakin besar, dan memiliki kapasitas, kecepatan dan layanan yang andal," kata dia.

Keyakinan terhadap masa depan IOH juga terlihat dari masuknya Co-founder Northstar Group, Patrick Walujo di jajaran Dewan Komisaris IOH yang dinilai bisa mendukung pengembangan layanan digital IOH.

Patrick Walujo adalah sosok praktisi dan industri keuangan memiliki wawasan luas dan pengalaman menjadi investor pertama Gojek hingga menjadi unicorn, pemilik jaringan ritel terbesar di Indonesia Alfamart, bank digital Bank Jago, Bank BTPN. “Ini (Patrick Walujo) bisa menjadi jaminan bahwa IOH akan lebih inovatif dan berkembang menjadi operator terbesar di Indonesia,” kata Tesar.

Tesar mengatakan masuknya Patrick akan memberi warna baru bagi IOH dalam hal inovasi sesuai pengalaman dań latar belakangnya sebagai pemilik NorthstarGrup perusahaan private equity dan venture capital terkemuka tidak hanya di Indonesia namun juga di kawasan Asia Tenggara.

Director & Chief Strategy & Execution Officer Indosat Ooredoo Hutchison Armand Hermawan mengatakan, merger ini akan memberikan manfaat besar bagi seluruh pelanggan, pasalnya kekuatan finansial yang dimiliki kini membuat IOH mempunyai kapasitas untuk memberikan layanan yang lebih baik.

Direktur Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI), Kamilov Sagala mengatakan perusahaan hasil merger IOH siap untuk mengembangkan segala kemampuannya untuk memberikan manfaat yang luas bagi Indonesia terutama dalam digitalisasi ekonomi nasional.

Ia menjelaskan, Indonesia memasuki babak baru telekomunikasi di mana teknologi seluler 5G sudah di depan mata yang harus segera ditindaklanjuti oleh para operator telekomunikasi. “Penggabungan bisnis antarperusahaan telekomunikasi seperti Indosat dan Tri, bisa mempercepat pembangunan infrastruktur dalam mendorong Indonesia menjadi negara digital. IOH dari sisi kekuatan finansial dan keahlian sangat siap menciptakan inovasi-inovasi baru, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memiliki posisi yang lebih baik untuk pengembangan 5G,” kata Kamilov.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Blackpink Rilis Reality Show "Born Pink Memories"

Blackpink secara mengejutkan merilis klip pendek reality show berjudul BPM, singkatan dari Born Pink Memories.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Kesedihan pada Ibu Hamil Berpotensi Picu Persalinan Prematur

Kesedihan pada ibu hamil berpotensi memicu persalinan prematur. Walau hormon berperan besar, kesedihan pada ibu hamil tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Berperan Jadi Putri Solo, Marsha Aruan Alami Tantangan Berat

Artis Marsha Aruan sukses memerankan tokoh Putri Solo dalam film terbarunya Nagih Janji Cinta yang diproduksi PIM Pictures.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Hina Maia dan Suruh Lesti Cerai, Pinkan Mambo Minta Maaf

Pinkan Mambo meminta maaf atas pernyataannya yang terkesan menghina rekan duetnya, Maia Estianty dan minta Lesti Kejora segera menceraikan Rizky Billar.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Pemeriksaan HIV Sejak Dini Penting untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

Masih banyak masyarakat yang tidak berani untuk memeriksa darah untuk mengetahui kemungkinan adanya HIV.

LIFESTYLE | 2 Desember 2022

Kenalkan Budaya Jepang, UBL Gelar Japan Festival

Japan Festival ini diharapkan menjadi salah satu cara mendapatkan pengetahuan dan belajar dari kebudayaan Jepang.

LIFESTYLE | 1 Desember 2022

BTS Ukir Sejarah Baru di Ajang MAMA Awards 2022

Grup vokal pria asal Korea Selatan, BTS mengukir sejarah baru dalam ajang MAMA Music Awards 2022.

LIFESTYLE | 1 Desember 2022

Game Mobile Pokemon Go Hadir dalam Bahasa Indonesia

Pokemon Go merupakan aplikasi permainan berbasis lokasi untuk ponsel pintar atau smartphone yang dikembangkan Niantic bersama The Pokemon Company.

LIFESTYLE | 1 Desember 2022

Agar Pasar Bebas Kantong Plastik, Ini Upaya Unik GIDKP

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) menawarkan strategi baru, yakni melalui pendekatan agama, agar pasar bisa bebas kantong plastik.

LIFESTYLE | 1 Desember 2022

Marching Band Bukit Asam Ukir Prestasi di Tingkat Nasional

Marching Band Bukit Asam berhasil meraih sejumlah penghargaan di kompetisi Indonesian Drum Corps Championship.

LIFESTYLE | 30 November 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Dia Tangan Luis Suarez yang Benamkan Ghana 12 Tahun Lalu

Ini Dia Tangan Luis Suarez yang Benamkan Ghana 12 Tahun Lalu

SEMESTA BOLA 2022 | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE