Logo BeritaSatu

ZSP 2023 Kembali Dibuka, Tawarkan Hadiah Miliaran Rupiah Bagi Pemenang

Minggu, 6 Februari 2022 | 09:39 WIB
Oleh : Mardiana Makmun / MAR

Jakarta, Beritasatu.com - Zayed Sustainability Prize (ZSP) siap digelar untuk periode 2023. Penghargaan program-program berkelanjutan dari Uni Emirat Arab yang digelar setiap tahun ini menawarkan hadiah miliaran rupiah bagi pemenang di 5 kategori.

“ZSP diselenggarakan sejak tahun 2008, sebagai penghargaan terhadap warisan pengembangan dan kemanusiaan yang berkelanjutan oleh pendiri Uni Emirat Arab, yaitu almarhum Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan,” terang Kamal Fitrianto, Perwakilan ZSP Indonesia, dalam IG Live Asah Kebaikan, baru-baru ini.

Advertisement

ZSP kembali akan membuka pendaftaran untuk periode 2023 untuk 5 kategori, yakni Water, Health, Food, Pangan, dan Global High School (kategori untuk anak sekolah atau mahasiswa, yang terbagi dalam Air, Kesehatan, Pangan, dan Energi).
Pendaftaran dibuka pada pertengahan Februari 2022. Penghargaan ini terbuka untuk para tim, LSM, pelajar, maupun organisasi yang memiliki program menarik dan berdampak luas bagi masyarakat.

“Pada dasarnya ZSP mencari dan mengundang pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), lembaga non-profit, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan para pelajar serta mahasiswa yang memiliki program yang berdampak positif terhadap masyarakat, inovatif, dan inspiratif, untuk memenangkan pendanaan besar bagi kerja sama berkelanjutan serta mendapatkan pengakuan dunia untuk usaha-usaha rintisannya,” beber Kamal.

Kamal menyampaikan, masing-masing pemenang ZSP akan mendapatkan pendanaan sebesar US600 ribu per kategori (setara Rp8,6 miliar). “Khusus untuk kategori Global High School, akan mendapatkan hadiah dana US$100 ribu (setara Rp1,4 miliar) untuk tiap pemenang,” imbuhnya.

Kamal mengungkap, wakil Indonesia pernah menang di ajang ZSP ini. Dia menyampaikan, ada beberapa faktor yang menjadi penilaian dewan juri, di antaranya program yang diajukan mempunyai dampak positif bagi masyarakat dan sudah berjalan. “Jadi bukan sekadar baru proposal atau rencana program,” jelasnya.

Selain itu, ada perbedaan yang bisa terukur, saat belum ada program dan setelah program itu diterapkan. “Serta, peserta memiliki rencana jangka panjang untuk lima tahun ke depan terkait program tersebut,” beber Kamal.

Untuk mengukuti kompetisi program-program berkelanjutan ZSP, peserta dapat mulai masuk melalui website https://zayedsustainabilityprize.com.

Kamal mengingatkan, syarat dan kelengkapan lomba dilakukan dalam bahasa Inggris, demikian juga video yang dikirimkan ke panitia. Video singkat berdurasi 3 menit wajib memperlihatkan kondisi masyarakat sebelum tersentuh dan sesudah tersentuh program.

Pendaftaran akan dimulai dengan pemilihan kategori hingga mengirimkan data entri. Karena, proses pengisian data dilakukan secara bertahap, ada baiknya peserta tidak mendaftar mendekati batas waktu. “Jadi kalau ada data yang perlu dilengkapi, masih ada cukup waktu,” ujarnya.

Selain melalui website ZSP, langkah-langkah pendaftaran dapat dilihat di IG TV Asah Kebaikan bertema ‘Siapa Pemenang Zayed Sustainability Prize 2022 Indonesia, Ayo Bersiap Untuk Pendaftaran 2023’ yang ditayangkan di akun Instagram @asahkebaikan.

Pemenang ZSP 2022

Sebelumnya, sebanyak 10 pemenang di ajang ZSP 2022 telah dumumkan dan memboyong total hadiah US$3 juta (setara Rp43 miliar). Para 10 pemenang ZSP 2022 terbagi dalam 5 kategori, yakni Water, Health, Food, Pangan, dan Global High School (kategori untuk anak sekolah atau mahasiswa, yang terbagi dalam Air, Kesehatan, Pangan, dan Energi).

Para pemenang ZSP 2022 adalah sebagai berikut: Kategori Food – S4S Technologies dari India; Kategori Water – Wateroam dari Singapura; Kategori Energi – SOLshare dari Bangladesh; Kategori Health – Mamotest dari Argentina.

Adapun 6 pemenang kategori Global High School (masing-masing mewakili 6 benua): Amerika – Instituto Iberia (Republik Dominika); Eropa & Asia Tengah – Liceo Europeo (Spanyol); Timur Tengah & Afrika Utara Eastern – Mediterranean School (Israel); Afrika Sub-Sahara –Sayidina Abubakar Secondary School (Uganda); Asia Selatan – Hira School (Maladewa); Asia Timur & Pasifik – UWC ISAK (Jepang).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dewi Perssik Bocorkan Identitas Pilot yang Melamarnya

Rully, seorang pilot telah berupaya menunjukan keseriusan untuk bisa menikah dengan Dewi Perssik.

LIFESTYLE | 8 Februari 2023

Berencana Menikah Lagi, Dewi Perssik Ungkap Sudah Dilamar Pilot

Diakui Dewi Perssik, perkenalan dengan sang pilot baru intens dijalani usai dirinya berpisah dengan suaminya Angga Wijaya beberapa waktu lalu

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Keturunan Bangsawan Korea, Ini Fakta Menarik Lee Da In

Lee Da In mulai ramai diperbincangkan netizen. Hal tersebut menyusul pengumuman yang dibuat oleh Lee Seung Gi akan pernikahan mereka. 

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Padi Reborn Kagumi Antusiasme Penonton di The Royale Music Fest 2023

Padi Reborn menghipnotis penonton The Royale Krakatau Music Fest dengan lagu Sang Penghibur, Mahadewi, Begitu Indah, Kasih Tak Sampai, dan Sobat.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Lee Seung Gi Siap Nikahi Lee Da In April 2023 Mendatang

Dalam postingannya di Instagram, Lee Seung Gi mengumumkan akan segera menikahi kekasihnya, Lee Da In dalam waktu dekat.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Artis Pendatang Baru, Lee Ha Eum Gabung Starhaus Entertainment

Adik perempuan Jihyo TWICE, Lee Ha Eum telah resmi menandatangani kontrak dengan agensi Starhaus Entertainment.

LIFESTYLE | 8 Februari 2023

Lakukan Kekerasan, Roger Danuarta Laporkan Eks Pengasuh ke Polisi

Roger Danuarta dan Cut Meyriska geram dengan perbuatan yang dilakukan mantan baby sitter (pengasuh) anaknya yang tega melakukan kekerasan.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Positif Kanker Payudara, Nunung: Saya Tetap Kerja!

Komedian Nunung mengaku masih menjalani aktivitas pekerjaannya meski kini dirinya divonis kanker payudara.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Ungkap Hasil Biopsi, Nunung Positif Kanker Payudara Stadium Awal

Komedian Nunung mengungkapkan hasil diagnosa tim dokter melalui metode biopsi. Nunung menyebut positif kanker payudara meski dalam stadium awal.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Gagal Boyong Piala di Grammy Awards 2023, Chris Brown Ngamuk

Chris Brown mendadak menjadi perbincangan usai dirinya diketahui mengamuk di sosial media usai gagal memboyong piala Grammy. 

LIFESTYLE | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

BOLA | 33 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE