Logo BeritaSatu

Sebelum Matikan 3G, Operator Telekomunikasi Harus Penuhi Hal Ini

Rabu, 16 Maret 2022 | 12:50 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Ismail menuturkan, dalam mengambil langkah mematikan jaringan 3G, operator telekomunikasi hendaknya memperhatikan kepentingan pengguna. Apalagi saat ini masih banyak wilayah yang belum terjangkau 4G. Sehingga bila 3G dimatikan, masyarakat di wilayah tersebut tidak bisa mengakses layanan data.

“Pemerintah dalam hal ini tidak keberatan bila operator menghentikan layanan 3G, karena secara regulasi memang sudah menganut regulasi teknologi netral. Artinya keputusan itu ada di masing-masing operator. Namun tentunya ketika keputusan itu sudah diambil, harus dipastikan ini tidak merugikan kepentingan masyarakat. Jangan ketika diputus jaringan 3G, kemudian sama sekali tidak ada jaringan di sana. Jadi harus di-cover dulu dengan jaringan 4G,” kata Ismail dalam diskusi bertajuk “Digitalisasi Masih Butuh 3G?” yang digelar Indotelko Forum, Rabu (16/3/2022).

Ismail menyampaikan, saat ini jaringan yang dibutuhkan masyarakat adalah broadband atau pita lebar yang dapat menyalurkan informasi dalam jumlah besar dengan kecepatan tinggi. Dalam konteks mobile network, ini diterjemahkan dalam bentuk teknologi 4G hingga 5G. Sehingga timbul pertanyaan, apakah teknologi 3G masih dibutuhkan.

“Dari sisi operator, ketika mereka melakukan layanan secara paralel terhadap beberapa macam teknologi, maka akan membutuhkan tambahan sumber daya. Tidak hanya konteks jaringan, tapi juga kebutuhan SDM dan ekosistem yang harus disiapkan. Jadi secara tidak langsung mengoperasikan dua atau tiga jenis teknologi secara bersamaan membutuhkan biaya yang lebih besar,” kata Ismail.

Di sisi lain, spektrum frekuensi sebagai sumber daya alam terbatas juga harus dimanfaatkan operator secara efektif dan efisien. Untuk menjalankan berbagai layanan, operator membutuhkan spektrum frekuensi yang lebih lebar dan besar. Sehingga ketika dijalankan serentak antara 3G dan 4G, ini akan menambah beban baru bagi operator.

“Itu semua dari sudah pandang operator. Kalau dari sudut pandang pengguna, mereka itu yang terpenting layanannya tersedia di mana saja, kualitasnya baik, dan harganya terjangkau. Jadi kalau ingin mematikan 3G, yang dibutuhkan masyarakat ini harus dipastikan dulu bisa terpenuhi,” kata Ismail.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Bruno Fernandes Dua Gol, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

SEMESTA BOLA 2022 | 29 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE