Logo BeritaSatu

Dua Dokter Ini Ciptakan Baju Medis yang Nyaman dan Fashionable

Selasa, 22 Maret 2022 | 06:06 WIB
Oleh : Mardiana Makmun / MAR

Jakarta, Beritasatu.com – Pandemi Covid-19 memunculkan kesadaran pentingnya sebuah pakaian khusus bagi tenaga kesehatan (nakes). Dilatarbelakangi hal tadi, dua orang dokter menciptakan baju jaga medis untuk nakes yang fungsional, aman, nyaman dikenakan, dan juga fashionable.

Kedua dokter tersebut adalah dr Hansens Yansah, BMedSci(Hons.) dan dr Jessica Halim, Mres. Keduanya dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia angkatan 2013. Mereka pada awalnya membuat sebuah proyek bernama SCRB: The Scrub Project. SCRB adalah sebuah start-up scrubs brand yang berkomitmen mengutamakan kenyamanan tenaga kesehatan (nakes) saat bekerja agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Advertisement

Hans selaku founder dan CEO SCRB menjelaskan, SCRB didirikan pada tahun 2020, bertepatan dengan saat pandemi. Saat itu semua nakes diharuskan menggunakan baju jaga medis atau scrub. “Ide SCRB muncul dari ketidaktersediaan scrub yang layak untuk nakes yang sudah bekerja keras,” kata Hans didampingi Co-founder yang juga CMO SCRB Jessica dalam keterangan tertulis.

Waktu SCRB lahir, kata Hans, di Indonesia belum ada baju scrub nakes yang bahannya nyaman untuk bergerak dan menyerap keringat. Baju nakes saat itu belum ada yang modelnya stylish namun tetap fungsional dan affordable. “SCRB lahir karena kami sendiri sebagai tenaga kesehatan berhak merasa nyaman ketika bekerja,” ujar Hans.

Menurut Hans, slogan SCRB adalah comfort for one, blessings for all. Slogan ini merupakan pengharapan bahwa baju scrub dapat melengkapi kebutuhan yang sering terlupakan dan dinomorduakan saat bekerja yaitu kenyamanan. “Dengan terpenuhinya kebutuhan mendasar ini, kami berharap tenaga kesehatan yang berada di lapangan dapat mengutamakan hal terpenting dalam bekerja, yakni kualitas pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien,” kata Hans.

Sebab, jelas Hans, para tenaga medis atau kesehatan (nakes), baik dokter, perawat, maupun profesi di bidang kesehatan lainnya, pada umumnya bekerja long-hour-shift bahkan hingga lebih dari 12 jam sehari. Aktivitas dengan intensitas tinggi, mengurus pasien dengan mobilitas tanpa batas, tentu bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, nakes berhak merasa nyaman ketika bekerja, dengan mengenakan pakaian medis scrub yang dapat mendukung performa nakes ketika bertugas.

Ada pun, penggunaan scrub di Indonesia mulai marak di kalangan nakes dari berbagai profesi selama masa pandemi. “Sejak saat itulah nakes Indonesia mulai terbuka dengan konsep scrub yang comfortable, functional, professional, dan fashionable, seperti yang selalu dijunjung The SCRB Project,” kata Hans.

Hans mengungkapkan, ternyata berdasarkan hasil sebuah penelitian ditemukan bahwa tenaga kesehatan yang merasa nyaman dan percaya diri dengan pakaian yang dikenakan saat kerja dapat meningkatkan performa dan produktivitasnya. Selain itu, penggunaan scrubs di tempat kerja telah terbukti lebih unggul secara medis dibandingkan baju biasa.

Sebelum masa pandemi, Hans menceritakan, mahasiswa kedokteran hingga dokter spesialis diharuskan menggunakan baju sopan seperti kemeja dengan jas putih atau snelli lengan panjang.

Di beberapa negara telah melakukan penelitian bahwa penggunaan pakaian berlengan panjang di bawah siku yang jarang dibersihkan merupakan health hazard dan sarana penyebaran agen infeksius. Karena itulah saat ini banyak negara berkembang yang mengharuskan penggunaan scrub dicuci setiap hari di lingkungan rumah sakit.

“Kami sangat bersyukur saat ini budaya memakai scrub di tempat kerja medis mulai dirasakan di Indonesia. Ada beberapa keuntungan menggunakan scrub untuk tenaga kesehatan, yakni menunjukkan profesionalisme dan identitas yang membedakan antara nakes dengan non-nakes. Selain itu yang terpenting adalah dapat mengurangi risiko transmisi agen infeksius dari lingkungan luar ke rumah sakit dan sebaliknya. Baju scrub juga lebih higenis dan nyaman digunakan untuk aktivitas apapun,” kata Hans.

Apa perbedaan dan kelebihan baju scrub yang diciptakan SCRB: The Scrub Project? “Scrub yang kami ciptakan lebih nyaman dibandingkan scrub biasa karena berbahan stretchy dan menyerap keringat, serta keunggulan lainnya yaitu modelnya lebih modis, fashionable, membuat nakes merasa percaya diri ketika memakainya. Adanya scrub mempermudah proses persiapan nakes ketika bekerja, sehingga lebih menghemat waktu, karena nakes dituntut sigap bekerja segera melayani pasien,” jelas Hans yang menyediakan baju ini di berbagai online platform website maupun e-commerce.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dewi Perssik Bocorkan Identitas Pilot yang Melamarnya

Rully, seorang pilot telah berupaya menunjukan keseriusan untuk bisa menikah dengan Dewi Perssik.

LIFESTYLE | 8 Februari 2023

Berencana Menikah Lagi, Dewi Perssik Ungkap Sudah Dilamar Pilot

Diakui Dewi Perssik, perkenalan dengan sang pilot baru intens dijalani usai dirinya berpisah dengan suaminya Angga Wijaya beberapa waktu lalu

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Keturunan Bangsawan Korea, Ini Fakta Menarik Lee Da In

Lee Da In mulai ramai diperbincangkan netizen. Hal tersebut menyusul pengumuman yang dibuat oleh Lee Seung Gi akan pernikahan mereka. 

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Padi Reborn Kagumi Antusiasme Penonton di The Royale Music Fest 2023

Padi Reborn menghipnotis penonton The Royale Krakatau Music Fest dengan lagu Sang Penghibur, Mahadewi, Begitu Indah, Kasih Tak Sampai, dan Sobat.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Lee Seung Gi Siap Nikahi Lee Da In April 2023 Mendatang

Dalam postingannya di Instagram, Lee Seung Gi mengumumkan akan segera menikahi kekasihnya, Lee Da In dalam waktu dekat.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Artis Pendatang Baru, Lee Ha Eum Gabung Starhaus Entertainment

Adik perempuan Jihyo TWICE, Lee Ha Eum telah resmi menandatangani kontrak dengan agensi Starhaus Entertainment.

LIFESTYLE | 8 Februari 2023

Lakukan Kekerasan, Roger Danuarta Laporkan Eks Pengasuh ke Polisi

Roger Danuarta dan Cut Meyriska geram dengan perbuatan yang dilakukan mantan baby sitter (pengasuh) anaknya yang tega melakukan kekerasan.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Positif Kanker Payudara, Nunung: Saya Tetap Kerja!

Komedian Nunung mengaku masih menjalani aktivitas pekerjaannya meski kini dirinya divonis kanker payudara.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Ungkap Hasil Biopsi, Nunung Positif Kanker Payudara Stadium Awal

Komedian Nunung mengungkapkan hasil diagnosa tim dokter melalui metode biopsi. Nunung menyebut positif kanker payudara meski dalam stadium awal.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Gagal Boyong Piala di Grammy Awards 2023, Chris Brown Ngamuk

Chris Brown mendadak menjadi perbincangan usai dirinya diketahui mengamuk di sosial media usai gagal memboyong piala Grammy. 

LIFESTYLE | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

BOLA | 31 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE