Logo BeritaSatu

Akselerasi Inklusi Keuangan, Infrastruktur Digital Harus Dipercepat

Kamis, 7 April 2022 | 15:47 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi menuturkan, untuk mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia yang ditargetkan mencapai hingga 90% pada 2024, tantangan terkait infrastruktur digital harus diselesaikan. Pasalnya masih ada sekitar 12.548 desa/kelurahan yang belum terjangkau layanan internet 4G.

“Infrastruktur digital ini kan jalan rayanya. Kalau internet atau broadband-nya tidak ada, kita akan sulit mewujudkan target inklusi keuangan di 2024. Sehingga memang harus ada percepatan dalam pembangunan infrastruktur digital,” kata Heru Sutadi dalam webinar “Akselerasi Inklusi Keuangan Digital untuk Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional” yang digelar Majalah Investor dan Beritasatu Media Holdings bekerja sama dengan Julo, Kamis (7/4/2022).

Advertisement

Heru juga memandang perlu adanya kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, sehingga upaya mengakselerasi inklusi keuangan tidak hanya dipandang sebagai tanggung jawab pemerintah saja, tetapi merupakan proses kerja bersama. “Di sisi lain, regulasi juga penting, bagaimana memastikan keamanan digital ini diselesaikan. Kalau kita lihat, sangat disayangkan misalnya ada kasus kebocoran data, ada bank yang sistemnya eror, ini semua harus diantisipasi,” kata Heru.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi dalam kesempatan yang sama menegaskan, Kemenkominfo saat ini tengah fokus mempercepat pembangunan infrastruktur digital, khususnya di desa/kelurahan yang belum terjangkau jaringan 4G. Penyelesaian pembangunan infrastruktur ini bahkan lebih cepat 10 tahun dari rencana awal.

Dedy menambahkan, Kemenkominfo secara aktif juga memastikan ekosistem dan praktik tata laksana sektor jasa keuangan digital berjalan dengan aman dan dipercaya masyarakat. Pada 2021, Kominfo bersama OJK bahkan telah memutus akses 2.411 konten fintek ilegal yang tersebar di berbagai platform. Namun diakui Dedy, pemutusan akses bukan satu-satunya solusi. Literasi keuangan digital menjadi kunci penting yang harus terus dioptimalkan.

“Pada 2021, kegiatan literasi digital yang dilakukan Kemenkominfo telah menjangkau 12,3 juta orang, dan di tahun ini dimulai dengan 5,5 juta orang untuk terliterasi, termasuk literasi keuangan digital,” kata Dedy.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRIN: Puncak Hujan Meteor Perseid Hingga 14 Agustus

Peneliti ahli utama di Pusat Riset dan Atmosfer BRIN Thomas Djamaluddin mengatakan puncak hujan meteor perseid dapat disaksikan hingga 14 Agustus 2022.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Moeldoko Apresiasi Sajian Kuliner Sorgum Siswa SMK PGRI 2 Kudus

Moeldoko memuji kompetensi para siswa dan guru di SMK PGRI 2 Kudus yang di nilainya mampu mengolah sorgum menjadi sajian kuliner bernilai tinggi.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Visinema Akan Gelar Screening Film Mencuri Raden Saleh

Visinema Pictures akan menggelar screening film Mencuri Raden Saleh bertepatan di hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus mendatang.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Sri Asih, Film Superhero Indonesia Tayang di Bioskop 6 Oktober 2022

Dalam cerita fiksinya Sri Asih bercerita tentang pahlawan super wanita yang merupakan tokoh yang diciptakan oleh RA Kosasih.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Adira Finance dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal

Adira Finance mengandeng Kemenparekraf menggelar Festival Kreatif Lokal 2022 yang memasuki gelaran yang ketiga kalinya pada tahun ini.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Tren Kecantikan Tanam Benang di Wajah, Ini Manfaatnya Menurut Dokter

Threadlift atau tanam benang di wajah sudah banyak digunakan oleh dokter di Korea, karena kualitasnya yang baik dan memuaskan.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Era Digital, Budaya Literasi Masyarakat Perlu Ditingkatkan

Budaya literasi masyarakat perlu ditingkatkan, mengingat kecakapan digital yang dimiliki pada saat ini masih kurang atau rendah.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Update Covid-19: Turun, Kasus Baru Hari Ini 5.104

Dengan penambahan 5.104 kasus hari ini maka total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 6.278.332.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Film KKN di Desa Penari Extended Siap Dirilis Akhir Tahun 2022

KKN di Desa Penari Versi Extended itu akan menyajikan kisah dan drama yang lebih banyak dari film sebelumnya.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Menpora Zainudin Dukung Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational

Menpora Zainudin Amali mendukung ajang olahraga tahunan Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational yang digelar oleh Siloam Hospitals.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

OCS PMI Sektor Domestik di Malaysia Terintegrasi pada 18 Agustus

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings