Logo BeritaSatu

Terhindar Masalah Hukum dengan Bijak Bermedia Sosial

Kamis, 12 Mei 2022 | 22:56 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Perkembangan teknologi selalu memicu keingintahuan masyarakat akan berbagai informasi dan salah satu sumber untuk mendapatkan informasi adalah melalui media sosial. Namun, banyak pengguna terjebak dalam memanfaatkan media sosial (medsos), apalagi jika berita yang disebarkan belum terverifikasi kebenarannya.

Hampir semua industri digital, khususnya media sosial bebas berlalu lalang dengan mudah tanpa filter dan bisa membahayakan penggunanya. Oleh karenanya, para pengguna diimbau memperhatikan etika dan bersikap bijak dalam bermedia sosial agar tidak tersandung masalah hukum.

Sebagai informasi, hukum siber yang berlaku di Indonesia adalah Undang-Undang RI No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), yang mana terdapat lima pasal yang mengatur etika bermedia sosial, mulai pasal 27 hingga pasal 30. Ada pun kelima etika itu terdiri atas penggunaan komunikasi yang baik; tidak mengandung aksi kekerasan, pornografi dan SARA; berita yang diinformasikan adalah benar; menghargai karya orang lain; serta memberikan informasi pribadi sewajarnya.

Menurut Danar Sofyan, sebagai brand manager untuk situs hukum media sosial George Mason Law Review, kebebasan berpendapat di sosial media bisa kelewatan dan akan membahayakan semua elemen yang ada. Oleh karena itu, hadirnya UU ITE sedikit membawa angin segar bagi seluruh penikmat media sosial dalam menyampaikan aspirasi maupun isi konten yang akan mereka sebar melalui platform favoritnya.

“Kita pernah ada dalam situasi yang buruk dalam bermain sosial media. Berita hoax dan maraknya informasi palsu dengan mudahnya menyebar dan efeknya kita bisa rasakan sampai sekarang. Adanya batasan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan akan menjadi batasan tersendiri agar kita bisa lebih bijak dalam menyebarkan informasi yang ada,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Kamis (12/5).

Berbekal hal tersebut, situs George Mason yang dikelola Sofyan mencoba melihat dari perspektif berbeda terhadap hukum di sosial media. “Hadirnya situs http://georgemasonlawreview.org/ merupakan cara dan upaya agar hukum terhadap permasalahan serta komponen lainnya yang berhubungan dengan sosial media di Indonesia bisa lebih terarah dan dapat diterima masyarakat luas,” tutur Sofyan.

Tahun lalu, survei yang dilakukan perusahaan Microsoft melalui Digital Civility Index (DCI), menunjukkan Indonesia menduduki rangking 29 dengan nilai DCI 76. Angka ini menunjukan tingkat keberadaban (civility) netizen Indonesia sangat rendah dibawah Negara Singapura dan Taiwan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pacu Adopsi Metaverse, Teknologi VR Permudah Konten Kreator

Mempercepat akses metaverse di Indonesia, teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) mulai diimplementasikan untuk memanjakan konten kreator.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

JF3 Food Festival 2022: Jelajahi Rasa Nusantara di Kampoeng Tempo Doeloe

Perayaan kekayaan kuliner Tanah Air kembali hadir di JF3 Food Festival pada 9 September-9 Oktober 2022 di Summarecon Mall Kelapa Gading.

LIFESTYLE | 5 Oktober 2022

Asus ExpertCenter D5, Desktop PC Terbaik untuk Bisnis

Asus ExpertCenter D500 series merupakan PC desktop kelas bisnis dengan performa powerful untuk menunjang berbagai aktivitas kantoran.

LIFESTYLE | 10 September 2022

Wakili Kalteng, Sei Sekonyer Masuk 50 Desa Wisata Terbaik

Desa Sei Sekonyer di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, masuk 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

LIFESTYLE | 5 Oktober 2022

Tetap Waspadai Ancaman Mutasi Virus Baru di Akhir Pandemi

Masa akhir pandemi di depan mata, meski begitu, protokol kesehatan untuk terhindar dari virus tetap harus dijaga.

LIFESTYLE | 5 Oktober 2022

Merasakan Sakit Saat Menelan? Mungkin Ini Penyebabnya

Rasa sakit saat menelan bisa disebabkan oleh banyak hal, dari mulai radang tenggorokan hingga tak sengaja menelan benda tajam.

LIFESTYLE | 5 Oktober 2022

Stunting pada Anak Sebabkan Gangguan Kognitif dan IQ Rendah

Masalah stunting pada anak harus dihadapi dengan serius, karena ini bisa menyebabkan gangguan kognitif dan IQ rendah dalam jangka panjang.

LIFESTYLE | 5 Oktober 2022

Aplikasi My Glafidsya Beri Kemudahan Pasien Konsultasi Kecantikan

Lewat aplikasi My Glafidsya ini, pasien bisa konsultasi dengan tim dokter, dan membuat perjanjian untuk perawatan kecantikan.

LIFESTYLE | 5 Oktober 2022

Diet Sehat Lebih dari Sekadar Menurunkan Berat Badan

Diet sehat itu sebenarnya lebih dari sekadar menurunkan berat badan. Dan, diet yang sehat bukan sekadar porsi, melainkan juga jenis makanan yang dikonsumsi.

LIFESTYLE | 4 Oktober 2022

Teknologi Cloud ViBiCloud Berikan Solusi bagi Perusahaan

Banyak perusahaan di Indonesia telah beralih menggunakan teknologi cloud atau komputasi awan yang ditawarkan ViBiCloud.

LIFESTYLE | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga Champions: Sensasi Haaland Berlanjut, Man City Gilas Copenhagen

Liga Champions: Sensasi Haaland Berlanjut, Man City Gilas Copenhagen

BOLA | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings