Logo BeritaSatu

Mengenal Ragam Kuliner Kudus, Penasaran Ada Apa Saja?

Senin, 23 Mei 2022 | 07:16 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.comKudus tak hanya terkenal dengan jenang (dodol) saja. Namun ada banyak kuliner enak dari kota di Jawa Tengah ini. Mungkin belum banyak yang mengenal kuliner Kudus. Kota di Jawa Tengah ini memiliki ragam kuliner enak. Beberapa di antaranya disajikan di Kudus Festival 2022 yang digelar Sabtu dan Minggu, 21-22 Mei 2022 di lapangan Museum Satria Mandala, Jakarta.

Salah satu kuliner Kudus adalah opor ayam bakar. “Yang membedakan dengan opor ayam biasa adalah, daging ayamnya dibakar lebih dulu, lalu disuwir. Suwiran ayam bakar itu kemudian disiram kuah opor kuning dan kuah krecek merah,” jelas Wahyu, penjaga stand Opor Bakar di Kudus Festival 2022.

Untuk rasa kata dia lebih mantap. Apalagi kuah kreceknya ada rasa pedas-pedasnya.

Selain itu, lontong sayur khas Kudus, lentog berupa potongan lontong disiram kuah santan berisi irisan tempe dan tahu.

Kudus juga terkenal dengan kuliner bahan dasar daging kerbau mulai soto kebo hingga sate kebo yang gurih dengan bumbunya yang manis.

Sementara garang asem terbuat dari potongan daging ayam bertabur irisan belimbing wuluh, lalu dikukus menggunakan daun pisang. Rasanya gurih asem-asem segar pas di santap di siang hari. Kuliner Kudus lainnya adalah sego pindang, sego kering, dan sego jangkrik.

Untuk minuman, Kudus juga terkenal dengan es dawetnya. Selain itu, ada es gempol Plered. “Es ini berisi tepung ketan yang dibulatkan, lalu disiram air es bersantan,” terang Sutrisno, pengusaha es gempol Plered dan es dawet Wates Pantes.

Kudus Festival 2022 adalah event yang mewadahi pelaku seni dan budaya, masyarakat kreatif, dan UMKM yang diselenggarakan Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kudus, Yayasan BUMN. “Kudus Festival ini menyajikan aneka pentas budaya dan seni, pameran produk UMKM dan makanan khas Kudus, yang dibuka untuk umum,” kata Ketua FKMK Marsma (Purn) Eris Herryanto.

Sementara Ketua Panitia Kudus Festival 2022, Himawan, mengajak masyarakat untuk mengenal dan menikmati kuliner khas Kudus. “Event ini menampilkan sajian kuliner Kudus murah meriah di Jakarta, ada juga pentas seni dan budaya khas Kudus, seperti tarian, wayang klitik, ketoprak, dan kirab jenang,” kata Himawan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Deddy Corbuzier dan Raffi Ahmad Gagal Berangkat Haji

Deddy Corbuzier dan Raffi Ahmad gagal berangkat haji tahun ini. Sebelumnya, mereka diajak penceramah Gus Miftah menunaikan ibadah haji.

LIFESTYLE | 30 Juni 2022

Bermula dari Freelancer, Marsuki Kini Jadi Analis SEO Andal

Marsuki dulu seorang freelancer, tetapi sekarang sudah menjadi analis SEO atau search engine optimization (pengoptimalan mesin telusur) andal.

LIFESTYLE | 30 Juni 2022

Uhamka Berhasil Meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Uhamka kembali membuktikan dapat meningkatkan mutu pendidikan terbaik dengan meraih akreditasi unggul BAN-PT.

LIFESTYLE | 30 Juni 2022

Upaya Erick Thohir Menyulap Kota Tua Dapatkan Apresiasi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana untuk menyulap Kota Tua menjadi pusat ekonomi dan budaya.

LIFESTYLE | 30 Juni 2022

Waspada Berinternet, Jangan Sampai Data Pribadi Bocor

Perlu diketahui bahwa Jejak digital (digital footprint) tertinggal secara sadar dan tidak sadar saat kita berselancar di internet.

LIFESTYLE | 30 Juni 2022

Catat Ya! Indonesia Punya Startup Gaming Hub Berkelas Dunia

Startup Good Games Guild berani memperkenalkan diri sebagai gaming hub, yang bertujuan menciptakan ekonomi dunia maya terbesar

LIFESTYLE | 29 Juni 2022

TKDN Hadirkan Teknologi Verifikasi Tiket Suara di Indonesia

PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) bekerja sama dengan Silence Laboratories, menghadirkan teknologi verifikasi tiket suara pertama di Indonesia.

LIFESTYLE | 29 Juni 2022

Konser Dream Theater di Solo Digelar 10 Agustus 2022

Grup musik beraliran metal progresif asal Amerika Serikat, Dream Theater akan menggelar konser di Stadion Manahan Solo 10 Agustus 2022 mendatang.

LIFESTYLE | 29 Juni 2022

Ibu dan Adik Meninggal Dunia, Ayu Anjani Ungkapkan Duka

Artis sekaligus selebgram Ayu Anjani mengungkapkan duka usai ibu dan adiknya meninggal dunia saat menumpangi kapal di perairan TNK, Labuan Bajo.

LIFESTYLE | 29 Juni 2022

Pacific Oyster Sumatera yang Bercita Rasa Internasional

Pacific Oyster dari Sumatera menjadi menu andalan dari Oyster Dealer karena tekstur dagingnya yang agak tebal dan relatif manis.

LIFESTYLE | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
ASN di Papua Ditangkap karena Bawa 615 Butir Amunisi

ASN di Papua Ditangkap karena Bawa 615 Butir Amunisi

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings