Logo BeritaSatu

Ini Tips Berenang di Alam Bebas dengan Kondisi Suhu Rendah

Sabtu, 28 Mei 2022 | 20:52 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Terdapat beberapa tips untuk berenang pada suhu air yang rendah dan belum terbiasa di alam bebas seperti sungai, danau, pantai atau laut. Tips ini diutarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) agar masyarakat dapat lebih waspada saat berenang dalam kondisi tersebut.

Hal ini terkait insiden hilangnya anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang terbawa arus Sungai Aare, di Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022) lalu yang suhu airnya mencapai 16 derajat Celsius, yang menjadi peringatan agar masyarakat luas dapat waspada dan berhati-hati bila ingin berenang di sungai bebas.

Ketua Komisi Teknis South East Asia Swimming Federation (OWS SEASF) yang juga anggota teknis Open Water Swimming Fina List 14, Liza G Januar memberikan tips bila akan berenang dengan suhu rendah seperti di luar negeri, apalagi bagi orang yang berasal dari iklim tropis seperti Indonesia.

"Secara sederhana, kita ikuti 'alarm badan', jika sudah menggigil. Naiklah dan hangatkan badan. Tingkat kedinginan setiap orang sangatlah relatif berbeda dari satu orang dan lainnya," katanya kepada Beritasatu.com, Sabtu (28/5/2022).

Secara teknis berenang di perairan terbuka dengan kondisi suhu air di bawah 20 derajat Celsius, sebaiknya menggunakan wetsuit (pakaian selam). Apabila suhu air di bawah 18 derajat Celsius, gunakanlah wetsuit yang terbuat dengan lapisan thermal insulation.

"Hal ini disarankan dan dibuat suatu ketentuan oleh para ahli teknis internasional dari renang perairan terbuka, untuk kenyaman dan keamanan para perenang di alam terbuka. Bahkan jika suhu mencapai 16 derajat Celsius," ungkapnya.

Wakil Ketua Hubungan Luar Negeri PB PRSI ini menjelaskan seorang chief referee (wasit kepala) pada suatu perlombaan renang terbuka harus menghentikan perlombaan tersebut demi menjaga keselamatan para pesertanya.

Tips berenang di alam terbuka
1. Carilah informasi dengan otoritas setempat atau tokoh setempat yang sangat mengenal alam tersebut, karakter alam sekitarnya, mulai dari kualitas air, arusnya, fauna atau biota air, serta semua variabel alam di area renang tersebut apakah aman untuk kita.

2. Pakailah pakaian renang yang sesuai dengan alam tempat kita akan berenang. Di laut atau sungai yang terdapat biota atau fauna air yang tidak aman, pakailah wetsuit.

3. Ikutilah "alarm tubuh" atau respek terhadap alam dan jangan melawan alam.

4. Jika sudah menggigil jangan paksakan badan untuk melawannya, karena akan berdampak pada kram otot dan gangguan badan lainnya hingga gangguan pada otak dan sistem saraf.

5. Sadari kemampuan diri sendiri dan kondisi badan apakah fit untuk berenang di alam tersebut atau tidak. Berenang di sungai yang arusnya lemah, tentunya berbeda dengan arus kuat.

Sungai A pasti tidak sama dengan sungai B, sisi barat sungai A belum tentu sama dengan sisi timur sungai A. Setiap belokan sungai pasti berbeda. Demikian pula berenang di laut berbeda dengan berenang di sungai.

6. Durasi berenang sangat bergantung dari daya tahan individu, variabel alam seperti angin, temperatur air, temperatur udara, dan arus air

“Kenali alam dan kenali kemampuan diri kita sendiri,” pungkas Liza.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mbah Mijan Puji Turnamen Layangan Joksyn di 3 Kota

Paranormal ternama Mbah Mijan memuji penyelenggaraan Turnamen Layangan Aduan yang digelar Joksyn di tiga kota.

LIFESTYLE | 6 Juli 2022

Tas Kulit Lokal Ini Tawarkan Berbagai Mode yang Sedang Tren

Tas kulit lokal ternyata juga mampu menawarkan berbagai tren mode yang tengah naik daun pada saat ini.

LIFESTYLE | 6 Juli 2022

Siswa SMK Ciptakan Alat Perangkap Serangga Ramah Lingkungan

Siswa SMK ini berhasil menciptakan alat penangkap serangga yang efisien sekaligus ramah terhadap lingkungan.

LIFESTYLE | 6 Juli 2022

Perluas Pasar, Key Propolis Gandeng Evermoss dan Gemawira

Kerja sama ini Key Propolis dengan Evermoss dan Gemawira ini juga sekaligus untuk lebih menekankan lagi pentingnya menjaga dan meningkatan daya tahan tubuh.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

Yuk, Mengenal Konsep Taman Kering dengan Beton Berpori

Taman rumahan sendiri memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah konsep taman kering dengan beton berpori.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

Catat Ya! Ini Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Clinton menegaskan, kunci utama menurunkan berat badan secara alami adalah mengatur pola makan, dan dibarengi peningkatan aktivitas fisik atau olahraga.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

Santai Main Catur Bisa Dapat Hadiah di Game Higgs Domino Island

Untuk bisa memainkan permainan Catur di dalam game Higgs Domino Island, kalian cukup membuka fitur "Santai" yang ada di halaman awal.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

4 Cara Mengatasi Diare yang Bisa Anda Coba di Rumah

Ada beberapa cara mengatasi diare yang bisa Anda coba di rumah, namun, jika diare tak kunjung sembuh, maka Anda harus segera mengunjungi dokter.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

Dukung Kebangkitan Ekonomi Kreatif, Jazz Gunung Bromo Siap Digelar di Sejumlah Daerah

Tahun ini penyelenggaraan Jazz Gunung Bromo akan memasuki tahun ke-14 dan tahun depan akan mulai digelar di berbagai wilayah gunung lainnya.

LIFESTYLE | 5 Juli 2022

Penggunaan MSG Secara Wajar Tidak Membahayakan Tubuh

MSG dapat menjaga kadar sodium atau garam rendah dan tidak membahayakan tubuh dan konsumsi MSG dalam batas wajar tidak ada efek jangka panjang..

LIFESTYLE | 5 Juli 2022


TAG POPULER

# Kepala RS Tewas Ditikam


# Inflasi


# Bob Tutupoly Meninggal


# Polisi Gadungan


# Update Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
AKHLAK Award BUMN 2022, Keterbukaan BUMN Diapresiasi

AKHLAK Award BUMN 2022, Keterbukaan BUMN Diapresiasi

NEWS | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings