Logo BeritaSatu

Apa yang Terjadi dengan 6 Ton Sampah Java Jazz Festival?

Sabtu, 11 Juni 2022 | 16:59 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Selama tiga hari BNI Java Jazz Festival berlangsung (27-29/5/2022), lebih dari 6.200 kg timbunan sampah telah terkumpul -yang meliputi botol plastik, kardus, kaleng, hingga sampah organik- akan diolah kembali menjadi barang baru (upcycle) yang bernilai guna untuk komunitas perempuan dan marjinal. Dalam hal ini, Blibli berkontribusi 12% dari total sampah, terdiri dari 50 kg sampah botol plastik dan 128 kg sampah kardus.

Upaya ini juga dilakukan sebagai bentuk dukungan Blibli terhadap kampanye Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 di bulan ini yang mengangkat tema “Hanya Satu Bumi”.

Advertisement

“Blibli mengucapkan terima kasih kepada para penonton Java Jazz 2022 yang telah berperan aktif mendukung gerakan mengurangi dan mengelola sampah ini. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dan menjalankan gaya hidup eco-friendly secara berkelanjutan, termasuk dalam melakukan hal-hal sederhana seperti memilah sampah di rumah dan di mana pun berada. Ini adalah langkah kecil yang bisa kita lakukan bersama untuk hasil yang besar dalam menjaga satu Bumi kita sepenuh hati,” kata Lisa Widodo, COO Blibli, dalam siaran persnya, Sabtu (11/6/2022).

Data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menunjukkan, timbunan sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 juta ton. Kebanyakan dari sampah tersebut tertimbun di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) karena upaya pemilahan dan pengelolaan sampah yang masih sangat terbatas. Untuk itu, pemerintah telah mencanangkan program Indonesia Bersih Sampah 2025 yang menargetkan pengurangan sampah sebesar 30% dan mendaur ulang setidaknya 70% sampah.

"Pengurangan dan pengelolaan sampah merupakan upaya yang harus dilakukan secara kolektif dan konsisten, baik itu dari pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat. Untuk itu, kami mengapresiasi upaya BNI Java Jazz Festival 2022, Blibli, dan mitra-mitra lainnya yang telah menyuarakan upaya minim sampah dan pemilahan sampah bagi masyarakat luas,” ujar Novrizal Tahar, Direktur Penanganan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Selaras dengan visi dan misi pemerintah, Blibli sebagai pelaku industri di Indonesia yang menjalankan inisiatif ramah lingkungan lewat Blibli Cinta Bumi. Blibli juga konsisten menjalankan prinsip sebagai e-commerce dengan bisnis berkelanjutan lewat penerapan konsep ESG (Environmental, Social, Governance) di setiap langkah perusahaan.

Mendukung langkah Blibli, Syaiful Rochman selaku CEO Greeners.co sebagai partner mengatakan “Pengelolaan sampah merupakan bentuk tanggung jawab bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Maka dari itu, kami mengucapkan terima kasih kepada para penikmat jazz, para mitra, dan KLHK yang telah bersama-sama meningkatkan kesadaran dalam mendukung pemilahan dan daur ulang sampah, khususnya di penyelenggaraan BNI Java Jazz Festival 2022.Semoga kolaborasi ini dapat menginspirasi masyarakat luas dalam mengelola sampah dengan lebih bijak.”



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tujuh Rekomendasi Aktivitas untuk Rayakan HUT Ke-77 RI

Selain mengikuti perlombaan 17 Agustus, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk turut memeriahkan HUT Ke-77 RI.

LIFESTYLE | 15 Agustus 2022

Apa yang Terjadi Jika Anda Tak Sengaja Menelan Permen Karet?

Permen karet pada dasarnya dibuat hanya untuk dikunyah dan tidak ditelan, namun, bagaimana jika Anda tak sengaja menelan permen karet?

LIFESTYLE | 15 Agustus 2022

Tips Menghilangkan Mata Panda agar Tampilan Lebih Segar

Munculnya lingkaran hitam bawah mata atau mata panda, bisa membuat tampilan seseorang menjadi kurang segar, bagaimana cara menghilangkan mata panda?

LIFESTYLE | 15 Agustus 2022

Enam Cara Membuka Aura Diri untuk Selalu Tampil Positif

Aura diri adalah cerminan emosi seseorang. Positif dalam keadaan tenang, nyaman dan bahagia, negatif dalam keadaan sebaliknya.

LIFESTYLE | 15 Agustus 2022

Apa Itu Text Neck Syndrome? Leher Kaku Gara-Gara Ponsel

Text neck syndrome adalah kondisi leher kaku akibat stres berulang pada leher, yang terjadi ketika seseorang terlalu lama dalam posisi menunduk.

LIFESTYLE | 15 Agustus 2022

Video Campaign Frank & co. Ajak Masyarakat Rayakan Setiap Momen Berharga

Frank & co. menghadirkan video campaign terbaru selaras dengan kampanye yang diusungnya, yakni #NyatakanDenganFranknco.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

Cinta Raia dan Ryan Diuji di Episode Ke-2 No Ordinary Love

Di luar spekulasi yang merajalela perihal #RubenAtauRyan, episode ke-2 No Ordinary Love tetap tayang paralel dengan isu shipping dari dua tim tersebut.

LIFESTYLE | 6 Agustus 2022

Penyanyi Indonesia Juara Kompetisi Karaoke Sedunia di Norwegia

Monica Nike Adiba berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang kompetisi karaoke sedunia, Karaoke World Championship (KWC) 2022.

LIFESTYLE | 15 Agustus 2022

Vokalis Metallica James Hetfield Ajukan Perceraian dari Istrinya

Vokalis Metallica, James Hetfield mengajukan dokumen perceraian di Colorado awal tahun ini untuk mengakhiri pernikahannya dengan Francesca Hetfield.

LIFESTYLE | 14 Agustus 2022

Lama Vakum, Cherrybelle Kini Menjelma Jadi Chibi Chibi

Setelah beberapa tahun vakum dari dunia hiburan, girlband Indonesia, Cherrybelle hadir kembali dengan nama baru Chibi Chibi.

LIFESTYLE | 14 Agustus 2022


TAG POPULER

# Carlo Ancelotti


# Cacar Monyet


# Man City


# Parsindo


# Korea Utara


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

Disdik DKI Beri Sanksi Tegas ke Guru Intoleran di Sekolah

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings