Logo BeritaSatu

Peneliti Laktasi Dr Ray: Cuti Melahirkan 6 Bulan Wajib Segera Disahkan

Jumat, 17 Juni 2022 | 17:36 WIB
Oleh : Happy Amanda Amalia / PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Usulan cuti melahirkan 6 bulan dalam RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) adalah kebijakan penting yang seharusnya sudah disahkan Pemerintah Indonesia sejak lama. Menurut peneliti dari kedokteran komunitas dan kedokteran kerja, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, cuti melahirkan 6 bulan adalah kebijakan mutlak karena berbagai kajian ilmiah dari kesehatan masyarakat.

“Kedokteran hingga public policy sejak 1990-an sudah membuktikan, cuti 3 bulan saja pasti akan menyebabkan kegagalan ASI eksklusif sehingga berdampak pada kesehatan ibu dan bayi. Bahkan penelitian kami di FKUI juga menunjukkan ibu pekerja dan buruh yang harus kembali bekerja sebelum usia bayi 6 bulan, selain ASI eksklusifnya berisiko gagal, juga produktivitasnya tidak optimal,” ungkap Dr Ray, yang menjadi peneliti utama beberapa program intervensi laktasi pekerja perempuan, dalam keterangan tertulis, Jumat (17/6).

Ditegaskan oleh Dr Ray, fokus utama pada cuti melahirkan 6 bulan adalah mendukung dan memastikan keberhasilan ASI eksklusif di enam bulan pertama kehidupan bayi. Pasalnya, kondisi saat ini menjadi tidak konsisten karena pemerintah menargetkan kesuksesan ASI eksklusif, tetapi jutaan ibu pekerja justru tidak diproteksi hak menyusuinya hingga 6 bulan.

“Sementara kita ketahui bersama, dukungan laktasi di tempat kerja di Indonesia juga belum maksimal. Jadi memang langkah yang paling strategis adalah intervensi kebijakan publik dengan kebijakan cuti 6 bulan ini,” ujar Dr Ray.

Dr Ray menambahkan, apabila kekhawatiran utama pemerintah dan para pemilik usaha adalah aspek profit karena harus tetap memberi upah penuh selama cuti 6 bulan, poin ini sebenarnya sudah dikaji mendalam lewat banyak penelitian di seluruh dunia, bahwa memaksakan ibu bekerja di periode awal terutama di 6 bulan pertama setelah melahirkan justru produktivitasnya menjadi tidak maksimal.

“Karena ibu pekerja akan perlu sering izin untuk pompa ASi disela waktu kerja, kemudian ibu menyusui yang sambil bekerja juga akan lebih capek dan konsentrasi terganggu. Bahkan tingkat absensi juga menjadi lebih tinggi dikalangan ibu menyusui yang kembali bekerja sebelum bayi usia 6 bulan,” katanya.

Penelitian Dr Ray Wagiu Basrowi mengungkapkan tentang laktasi pada pekerja sejak 2012, yang menunjukkan bahwa cuti hanya 3 bulan adalah penghambat utama ASI eksklusif. Pada 2015, prevalensi ASI eksklusif di kalangan pekerja terutama buruh pabrik hanya 19% atau satu dari dua buruh perempuan yang menyusui gagal ASI eksklusif karena faktor harus kembali bekerja saat bayi masih berusia 2-3 bulan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Amygdala Hijack, Penyebab Rizky Tega Cekik dan Banting Lesti

Amygdala Hijack merupakan emosi yang menyebabkan seorang suami seperti Rizky Billar tega mencekik dan membanting istrinya Lesti Kejora.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Menjaga Kesehatan di Usia Lanjut, Lakukan 6 Cara Ini!

Menjaga kesehatan di usia lanjut adalah hal penting, karena hal sederhana saja sudah bisa mengakibatkan banyak penyakit.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Kasus KDRT Menimpa Lesti, Rizki DA: Kaget dan Nggak Percaya

Rizki DA mengaku kaget dan tidak menyangka dengan kasus KDRT yang menimpa mantan kekasihnya, Lesti Kejora.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Kasus KDRT, Lesti Kejora Masih Jalani Perawatan Intensif di RS Bunda

Penyanyi Lesti Kejora hingga kini masih menjalani perawatan intensif di RS Bunda Menteng setelah mengalami kasus kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Dukung G-20, Sejumlah Musisi Bahas Industri Musik di StarsTalk Music20

Sejumlah musisi dari lintas genre seperti Anggun C. Sasmi, Iwan Fals, Tulus, Yura Yunita, Irfan Aulia, Addie MS membahas industri musik di event Music 20.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Kasus KDRT Rizky Billar, Inul: Kecewa, Semoga Ada Titik Temu

Inul Daratista mengaku terkejut mendengar kasus KDRT yang dilakukan Rizky Billar kepada istrinya, Lesti Kejora. Ini pesan dari Inul.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Januari 2023, Google Matikan Layanan Gim Daring Stadia

Raksasa teknologi Google memutuskan mematikan layanan game daring Google Stadia pada Januari 2023 mendatang.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Lakoni Peran Baru, Prisia Nasution Sutradarai Original Series Vision+ 12 Hari

Rencananya, original series 12 Hari yang disutradarai Prisia Nasution ini akan mulai tayang seri perdananya pada 1 Oktober 2022 besok di platform Vision+.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Billar, Ini Jawaban Devina Kirana

Melalui manajernya, Dery Shayputra membantah tudingan warganet yang menyebut Devina Kirana sebagai selingkuhan Rizky Billar.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Isu Dampak BPA, Air Mineral di Galon Guna Ulang Masih Aman

Isu dampak seputar Bisfenol A (BPA) memicu kekhawatiran orang untuk mengonsumsi air mineral kemasan galon guna ulang.

LIFESTYLE | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

Kapolri dan Gubernur DKI Hadiri Peresmian Kantor Pemuda Pancasila

NEWS | 39 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings