Logo BeritaSatu

Ivan Gunawan Trauma Dekat dengan Pengguna Narkoba, Ini Penyebabnya

Minggu, 26 Juni 2022 | 13:09 WIB
Oleh : Chairul Fikri / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Sejumlah artis saat ini memilih selektif memilih teman agar tak terjerumus dalam penggunaan maupun peredaran narkoba sehingga telah membuat Indonesia kini menjadi negara darurat narkoba. Hal ini mengingat tingginya penggunaan narkotika di kalangan artis dan publik figur, dan sejumlah artis pun ikut tersandung masalah tersebut.

Artis Ivan Gunawan, salah satu yang harus selektif memilih teman, karena ia sempat ikut terseret-seret dan menjadi korban akibat sempat berdekatan dengan pengguna narkoba. Ivan Gunawan mengaku trauma dengan peristiwa ini.

Hal itu diungkapkan Ivan saat berbicara dalam diskusi melalui Instagram bersama Yayasan Ashefa Griya Pusaka dan BBN DKI Jakarta dalam rangka peringatan Hari Anti Narkoba Tahun 2022 yang diselenggarakan Sabtu (25/6/2022).

"Jadi tiga atau empat tahun yang lalu aku sempat bersentuhan dengan narkoba. Bukan aku yang saat itu pakai narkoba, tapi yang pakai narkoba itu asisten aku. Saat dia ditangkap polisi karena narkoba aku sempat terseret-seret bahkan aku sempat dites urine dan jadi saksi dalam persidangannya. Karena saat itu aku negatif akhirnya gak masalah. Saat itu aku ngerasain gemes banget, kok bisa-bisanya orang yang dekat aku pakai itu (narkoba)," ungkap Ivan.

Dikatakan, meski sudah mengupayakan rehabilitasi terhadap asistennya yang tersangkut narkoba, namun sang asisten masih bandel dan tetap sembunyi-sembunyi pakai narkoba sehingga akhirnya sang asistennya itu harus meregang nyawa karena overdosis menggunakan narkoba.

"Dari kejadian itu, kalau aku tahu ada di lingkunganku yang pakai narkoba aku selalu menghindari circle itu. Kalau itu karyawan aku yang pakai (narkoba), aku pasti langsung pecat dia. Tapi kalau teman atau sahabat yang pakai, aku langsung menjauh karena takut kebawa-bawa lagi seperti kasus asisten aku itu," lanjutnya.

Ivan yang dalam diskusi itu mendapatkan penjelasan terkait kasus-kasus narkoba baru menyadari, apa yang dilakukannya itu ternyata salah. Pasalnya dirinya menyadari tindakan itu bukannya menyelesaikan kecanduan orang yang dekat dengannya namun malah menjauhi dan mengucilkannya membuat mereka (pengguna narkoba) menjadi makin tertekan.

"Dari diskusi bareng BNN DKI Jakarta ini aku tahu, apa yang aku lakukan (menjauhi rekan yang pakai narkoba) itu salah. Karena harusnya aku bukan menjauh tapi mencoba mendekatkan diri sama mereka, bicara dari kehati dan mengajak mereka untuk menjalani rehabilitasi agar bisa sembuh dari ketergantungannya. Jangan malah kucilkan dan jauhkan dia, tapi rangkul dan bimbing dia agar mau menjalani rehab," tegasnya.

"Dan yang pasti, dari diskusi ini aku tahu bahwa Indonesia sekarang itu sudah darurat narkotika, mereka dari golongan apapun dari usia manapun dan dari profesi apapun bisa saja terpapar narkoba. Dan lewat diskusi ini, aku ingin sampaikan bahwa jangan pernah coba narkoba, berkarya tanpa narkoba itu adalah hal yang paling baik dalam kita menjalani kehidupan," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

EKONOMI | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE