Logo BeritaSatu

Kuasa Hukum Ayu Anjani Minta Polisi Periksa Kapten KM Tiana

Kamis, 30 Juni 2022 | 23:11 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Insiden kecelakaan KM Tiana yang menewaskan ibu dan adik kandung artis sekaligus pesinetron Ayu Anjani, Selasa (28/6/2022) di Pulau Kambing, Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) berbuntut panjang.

Kuasa hukum artis Ayu Anjani, Mario Pranda meminta polisi mengusut tuntas kasus tenggelamnya KM Tiana di Taman Nasional Komodo yang menyebabkan ibu dan adik kandung kliennya meninggal dunia.

Mario Pranda menilai terdapat unsur kelalaian dari pihak KM Tiana yang menyebabkan ibu dan adik Ayu Anjani, Anissa Fitriani (22) dan Jamiatun Widaningsih (53) meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.

Mario mendesak aparat penegak hukum harus mengusut tuntas adanya dugaan kelalaian nakhoda/kapten dan awak kapal hingga menyebabkan dua anggota keluarga kliennya meninggal dunia.

"Karena kami menilai telah melanggar Undang-Undang Pelayaran Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran," ujar Mario dalam keterang persnya, Kamis (30/6/2022) malam.

Mario menerangkan, Pasal 244, Pasal 245 dan Pasal 249 UU Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran menyebutkan bahwa, apabila terjadi bahaya dan kecelakaan dalam hal ini kapal tenggelam, maka seseorang harus segera melakukan upaya pertolongan.

Selain itu, kata dia, di dalam tentang pelayaran itu menjelaskan bahwa pihak yang harus bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut adalah nakhoda/kapten kapal kecuali dibuktikan lain.

Dengan demikian lanjut dia, pada saat terjadinya kecelakaan atau situasi darurat seperti itu maka nakhoda seharusnya mengutamakan keselamatan para penumpang kapal. Namun, kata Mario, berdasarkan keterangan saksi dari pihak keluarga dan penumpang kapal lainnya, pada saat kapal tenggelam, nakhoda/kapten dan para awak kapal menyelamatkan diri masing-masing.

"Sedangkan menurut etika pelayaran, seorang nakhoda/kapten yang baik harus bertanggung jawab meninggalkan kapalnya paling terakhir setelah mengevakuasi para penumpang bukan menyelamatkan diri sendiri," tegas Mario.

Mario mengatakan, kelalaian yang disebabkan oleh nakhoda/kapten dan para awak kapal telah menyebabkan hilangnya nyawa yaitu ibu dan adik dari kliennya, Ayu Anjani. Menurut keterangan keluarga, kedua korban terjebak di ruang bawah kapal saat kecelakaan terjadi. Selain itu, terdapat juga wisatawan asing yang mengalami luka-luka akibat insiden tersebut.

"Bahwa selain itu, kesalahan yang kami duga paling fatal menurut keterangan dari saksi pihak keluarga dan penumpang kapal, pada saat cuaca buruk atau angin kencang di duga nakhoda tidak ada di ruang kemudi," ungkap Mario.

Berangkat dari fakta tersebut, Mario mengatakan pihaknya meminta aparat penegak hukum untuk melakukan investigasi atas kasus tenggelamnya KM Tiana, termasuk adanya unsur kelalaian nakhoda/kapten dan para awak kapal.

Lebih lanjut ujar dia, karena peristiwa ini merupakan delik umum maka polisi sudah seharusnya menindaklanjuti kasus tersebut meski tanpa laporan. Dengan insiden ini dia berharap menjadi pelajaran dan bahan evaluasi bagi seluruh nakhoda/kapten dan seluruh awak kapal untuk mengedepankan keselamatan para penumpangnya.

"Agar tidak menimbulkan rasa takut dan kekhawatiran bagi wisatawan yang ingin berlibur dan melakukan perjalanan wisata ke Labuan Bajo," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus KDRT Menimpa Lesti, Rizki DA: Kaget dan Nggak Percaya

Rizki DA mengaku kaget dan tidak menyangka dengan kasus KDRT yang menimpa mantan kekasihnya, Lesti Kejora.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Kasus KDRT, Lesti Kejora Masih Jalani Perawatan Intensif di RS Bunda

Penyanyi Lesti Kejora hingga kini masih menjalani perawatan intensif di RS Bunda Menteng setelah mengalami kasus kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Dukung G-20, Sejumlah Musisi Bahas Industri Musik di StarsTalk Music20

Sejumlah musisi dari lintas genre seperti Anggun C. Sasmi, Iwan Fals, Tulus, Yura Yunita, Irfan Aulia, Addie MS membahas industri musik di event Music 20.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Kasus KDRT Rizky Billar, Inul: Kecewa, Semoga Ada Titik Temu

Inul Daratista mengaku terkejut mendengar kasus KDRT yang dilakukan Rizky Billar kepada istrinya, Lesti Kejora. Ini pesan dari Inul.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Januari 2023, Google Matikan Layanan Gim Daring Stadia

Raksasa teknologi Google memutuskan mematikan layanan game daring Google Stadia pada Januari 2023 mendatang.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Lakoni Peran Baru, Prisia Nasution Sutradarai Original Series Vision+ 12 Hari

Rencananya, original series 12 Hari yang disutradarai Prisia Nasution ini akan mulai tayang seri perdananya pada 1 Oktober 2022 besok di platform Vision+.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Billar, Ini Jawaban Devina Kirana

Melalui manajernya, Dery Shayputra membantah tudingan warganet yang menyebut Devina Kirana sebagai selingkuhan Rizky Billar.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Isu Dampak BPA, Air Mineral di Galon Guna Ulang Masih Aman

Isu dampak seputar Bisfenol A (BPA) memicu kekhawatiran orang untuk mengonsumsi air mineral kemasan galon guna ulang.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Video Lawas Lesti: Saya Tidak Akan Maafkan Selingkuh

Lesti Kejora menyatakan tidak akan memaafkan apabila pasangannya Rizky Billar berselingkuh di belakangnya.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Tips Dapatkan Kulit Mulus Bebas Bopeng

Dermapen treatment merupakan jenis perawatan kulit untuk bopeng.

LIFESTYLE | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

Jalan ke Lokasi Wisata Salib Putih Tertutup Longsor Seusai Gempa Tapanuli Utara

NEWS | 39 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings