Logo BeritaSatu

Paparan Udara Kotor, Waspadai 6 Penyakit akibat Polusi Ini!

Jumat, 1 Juli 2022 | 16:46 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Masalah polusi udara ibarat sudah menjadi makanan sehari-hari, khususnya bagi warga perkotaan, atau warga di sekitar lingkungan industri. Tahukah Anda, paparan PM2.5 yang tinggi bisa sebabkan masalah kesehatan? Kanker paru, merupakan salah satu penyakit akibat polusi yang bisa terjadi jika kita tidak segera melakukan perubahan yang bermanfaat untuk Bumi.

Memerangi polusi udara adalah tanggung jawab semua orang. Baik masyarakat, organisasi, perusahaan, hingga pemerintah, harus bersatu padu mewujudkan udara yang bersih minim polusi. Sebab bila masalah polusi udara terus dibiarkan, penyakit akibat polusi bisa menyebabkan berbagai kerugian yang besar.

Advertisement

Ada beberapa penyakit akibat polusi yang bisa terjadi pada manusia, bahkan beberapa berujung fatal. Mengutip dari Webmd berikut beberapa penyakit akibat polusi yang patut diwaspadai:

Kanker paru-paru
Partikel dalam polusi udara dapat menyebabkan kanker paru-paru. Sekitar 6% kematian di seluruh dunia yang terkait dengan penyakit akibat polusi udara disebabkan oleh kanker paru-paru. Ini merupakan bukti, bahwa kita harus mengambil langkah tegas mengatasi polusi.

Bronkitis kronis
Penyakit akibat polusi udara lainnya adalah bronkitis kronis. Setiap harinya, asap dari knalpot kendaraan bermotor mencemari udara. Ketika seseorang secara rutin menghirup asap penuh polutan ini, maka bronkitis kronis mungkin akan sulit dihindari. Ini merupakan kondisi di mana lapisan saluran bronkial, yang membawa udara ke paru-paru, mulai meradang.
Seseorang dengan bronkitis kronis mungkin akan mengalami sesak napas, batuk dengan dahak atau lendir yang kental. Dahak yang dikeluarkan mungkin akan memiliki warna putih, kuning, atau bahkan hijau.

Asma
Polusi udara adalah setiap gas atau partikel yang terdapat di udara, namun bukan merupakan bagian alami dari udara. Paparan polutan yang tinggi merupakan sumber penyakit akibat polusi lainnya, yakni asma. Partikel kecil seperti debu atau asap dapat tersangkut di paru-paru. Keduanya bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru, sehingga menyebabkan seseorang mengalami serangan asma.

Penyakit paru obstruktif kronik
Paparan jangka panjang terhadap gas, partikel, atau asap merupakan penyebab terjadinya Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penelitian telah menunjukkan bahwa PPOK lebih sering terjadi pada daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi.
Seseorang yang menderita PPOK mungkin akan kesulitan untuk bernapas dalam kondisi udara tercemar. Dalam kasus yang serius, penyakit akibat polusi udara ini bisa menyebabkan perawatan intensif di rumah sakit atau bahkan berujung fatal.

Gangguan kesehatan mental
Siapa bilang polusi udara hanya bisa menyebabkan penyakit fisik? Gangguan kesehatan mental bahkan juga menjadi salah satu penyakit akibat polusi yang patut diwaspadai. Sebuah penelitian mengamati lebih dari 150 juta catatan medis di Amerika Serikat (AS) dan Denmark. Hasilnya, orang-orang yang tinggal pada daerah dengan kualitas udara yang buruk di AS, mengalami peningkatan kasus bipolar sebanyak 27% dan kasus depresi berat sebanyak 6%.

Penyakit autoimun
Penyakit autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan yang bertugas melindungi tubuh dari serangan penyakit, justru berbalik menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Penyakit autoimun bisa merusak jaringan, dan menyebabkan terjadinya peradangan di sekitar jantung dan paru-paru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Visinema Akan Gelar Screening Film Mencuri Raden Saleh

Visinema Pictures akan menggelar screening film Mencuri Raden Saleh bertepatan di hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus mendatang.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Sri Asih, Film Superhero Indonesia Tayang di Bioskop 6 Oktober 2022

Dalam cerita fiksinya Sri Asih bercerita tentang pahlawan super wanita yang merupakan tokoh yang diciptakan oleh RA Kosasih.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Adira Finance dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal

Adira Finance mengandeng Kemenparekraf menggelar Festival Kreatif Lokal 2022 yang memasuki gelaran yang ketiga kalinya pada tahun ini.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Tren Kecantikan Tanam Benang di Wajah, Ini Manfaatnya Menurut Dokter

Threadlift atau tanam benang di wajah sudah banyak digunakan oleh dokter di Korea, karena kualitasnya yang baik dan memuaskan.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Era Digital, Budaya Literasi Masyarakat Perlu Ditingkatkan

Budaya literasi masyarakat perlu ditingkatkan, mengingat kecakapan digital yang dimiliki pada saat ini masih kurang atau rendah.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Update Covid-19: Turun, Kasus Baru Hari Ini 5.104

Dengan penambahan 5.104 kasus hari ini maka total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 6.278.332.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Film KKN di Desa Penari Extended Siap Dirilis Akhir Tahun 2022

KKN di Desa Penari Versi Extended itu akan menyajikan kisah dan drama yang lebih banyak dari film sebelumnya.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Menpora Zainudin Dukung Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational

Menpora Zainudin Amali mendukung ajang olahraga tahunan Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational yang digelar oleh Siloam Hospitals.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

57 Peserta Ramaikan Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational

Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational kembali digelar untuk kedua kalinya, acara ini ditujukan untuk mempererat kemitraan Siloam Hospitals.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Tingkatkan Kompetensi, LSP UMB Gelar Pelatihan Asesor

LMP UMB menggelar pelatihan asesor kompetensi untuk gelombang atau batch ketiga guna meningkatkan kualitas dan kualitas.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tersambar Petir Saat Main Sepak Bola, Warga Sukabumi Tewas

Tersambar Petir Saat Main Sepak Bola, Warga Sukabumi Tewas

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings