Logo BeritaSatu

Makan Daging Kambing Bikin Kolesterol Naik, Benarkah?

Senin, 4 Juli 2022 | 17:08 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Daging kambing mungkin dianggap sebagai primadona, atau bahkan musuh bagi sebagian orang. Bukan hal yang mengherankan, mengingat terkadang, olahan daging kambing masih berbau tidak sedap dan beberapa orang percaya daging kambing bikin kolesterol naik, benarkah demikian?

Banyak orang bilang daging kambing bikin kolesterol naik, padahal faktanya, daging kambing justru merupakan alternatif yang lebih sehat jika dibandingkan dengan daging sapi dan daging ayam. Ini karena daging kambing mengandung lebih sedikit kalori, lemak jenuh, dan kolesterol.

Advertisement

Dalam 35 gram daging kambing terkandung sekitar 122 kalori, 0,79 gram (g) lemak jenuh, dan 3,2 miligram (mg) zat besi. Jika dibandingkan dengan daging sapi dalam bobot yang sama, terkandung 179 kalori, 3 g lemak jenuh, dan 2,9 mg zat besi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut fakta kandungan gizi dalam daging kambing:

Kolesterol
Tidak benar jika daging kambing bikin kolesterol naik. Malahan, daging kambing memiliki kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi. Rendahnya kadar kolesterol dalam daging kambing menjadikannya pilihan yang lebih sehat untuk dikonsumsi dibandingkan daging sapi. Diet rendah kolesterol juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Lemak
Rendahnya kandungan lemak jenuh dalam daging kambing membuatnya juga rendah kalori. Alih-alih daging kambing bikin kolesterol naik, menurut Prairie View A&M University, daging kambing justru bisa menurunkan risiko obesitas.

Protein
Daging kambing bikin kolesterol naik? Daging kambing justru menyediakan kandungan protein berkualitas tinggi. Ini karena protein dalam daging kambing mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan untuk kesehatan dan perkembangan tubuh. Protein juga diperlukan dalam membangun tulang, otot, kulit, dan darah. Tak sampai di situ, tubuh juga menggunakan protein untuk memperbaiki jaringan yang rusak.

Zat besi
Daging kambing kaya akan zat besi, yakni nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hemoglobin dalam darah. Tanpa hadirnya hemoglobin, sel darah merah tidak bisa mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika Anda takut makan daging kambing karena mengira kambing bikin kolesterol naik, cobalah hilangkan anggapan tersebut dan ingat-ingat, bahwa Anda justru membutuhkan zat besi dalam daging kambing, agar terhindar dari anemia defisiensi zat besi.

Natrium
Selain daging kambing bikin kolesterol naik, anggapan daging kambing bikin tekanan darah meningkat juga dipercaya banyak orang. Meski kandungan natrium dalam daging kambing lebih tinggi dibanding daging lain, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, daging kambing tidak akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Perhatikan pula cara mengolahnya, hindari mengolah daging kambing dengan santan dan garam yang terlalu banyak.

Melihat kandungan nutrisi dalam daging kambing, maka bisa disimpulkan bahwa anggapan makan daging kambing bikin kolesterol naik adalah anggapan yang salah. Tak perlu takut makan daging kambing, selama pengolahannya benar, dan Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRIN: Puncak Hujan Meteor Perseid Hingga 14 Agustus

Peneliti ahli utama di Pusat Riset dan Atmosfer BRIN Thomas Djamaluddin mengatakan puncak hujan meteor perseid dapat disaksikan hingga 14 Agustus 2022.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Moeldoko Apresiasi Sajian Kuliner Sorgum Siswa SMK PGRI 2 Kudus

Moeldoko memuji kompetensi para siswa dan guru di SMK PGRI 2 Kudus yang di nilainya mampu mengolah sorgum menjadi sajian kuliner bernilai tinggi.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Visinema Akan Gelar Screening Film Mencuri Raden Saleh

Visinema Pictures akan menggelar screening film Mencuri Raden Saleh bertepatan di hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus mendatang.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Sri Asih, Film Superhero Indonesia Tayang di Bioskop 6 Oktober 2022

Dalam cerita fiksinya Sri Asih bercerita tentang pahlawan super wanita yang merupakan tokoh yang diciptakan oleh RA Kosasih.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Adira Finance dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal

Adira Finance mengandeng Kemenparekraf menggelar Festival Kreatif Lokal 2022 yang memasuki gelaran yang ketiga kalinya pada tahun ini.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Tren Kecantikan Tanam Benang di Wajah, Ini Manfaatnya Menurut Dokter

Threadlift atau tanam benang di wajah sudah banyak digunakan oleh dokter di Korea, karena kualitasnya yang baik dan memuaskan.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Era Digital, Budaya Literasi Masyarakat Perlu Ditingkatkan

Budaya literasi masyarakat perlu ditingkatkan, mengingat kecakapan digital yang dimiliki pada saat ini masih kurang atau rendah.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Update Covid-19: Turun, Kasus Baru Hari Ini 5.104

Dengan penambahan 5.104 kasus hari ini maka total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 6.278.332.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Film KKN di Desa Penari Extended Siap Dirilis Akhir Tahun 2022

KKN di Desa Penari Versi Extended itu akan menyajikan kisah dan drama yang lebih banyak dari film sebelumnya.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Menpora Zainudin Dukung Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational

Menpora Zainudin Amali mendukung ajang olahraga tahunan Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational yang digelar oleh Siloam Hospitals.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Granit Xhaka Kembali Perlebar Keunggulan Arsenal

Granit Xhaka Kembali Perlebar Keunggulan Arsenal

BOLA | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings