Logo BeritaSatu

4 Tips Menurunkan Kolesterol untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Senin, 4 Juli 2022 | 18:34 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Kolesterol diproduksi di dalam organ hati dan memiliki banyak fungsi penting. Akan tetapi, terlalu banyak kolesterol dalam darah harus dihindari, karena bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi?

Mengutip dari Mayoclinic, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Perubahan gaya hidup sangat diperlukan untuk menurunkan kolesterol tinggi, agar tidak sampai menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Advertisement

Berikut ini merupakan beberapa perubahan gaya hidup yang bisa dilakukan guna menurunkan kolesterol tinggi:

Konsumsi makanan yang sehat
Mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan tidak merugikan jantung sangat penting untuk menurunkan kolesterol. Makanan atau minuman dengan kandungan lemak jenuh yang biasanya ditemukan dalam daging merah, harus dihindari. Selain lemak jenuh, konsumsi makanan tinggi lemak trans juga harus dihindari untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Sementara itu, mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan asam lemak omega-3 sangat disarankan untuk menurunkan kolesterol. Rutin mengonsumsinya bisa membantu mencegah penyakit jantung hingga menurunkan tekanan darah. Beberapa makanan tinggi asam lemak omega-3 yakni alpukat, salmon, makerel, dan lain-lain.

Selain asam lemak omega-3, makanan dengan kandungan serat larut juga bisa menjadi pilihan untuk menurunkan kolesterol. Serat larut ditemukan dalam makanan seperti oatmeal, kacang merah, apel, pir, dan masih banyak lagi.

Olahraga 30 menit sehari
Rutin berolahraga dapat meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau yang juga dikenal dengan kolesterol baik. Lakukan olahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu, atau 30 menit dalam satu hari selama lima hari, untuk membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan aktivitas fisik dan menurunkan kolesterol antara lain:

  • Berjalan cepat setiap hari
  • Bersepeda

Menurunkan berat badan
Berat badan berlebih berkontribusi terhadap peningkatan kolesterol dalam darah. Berhenti mengonsumsi minuman manis sangat diperlukan untuk menurunkan berat badan berlebih. Perhatikan juga camilan yang Anda konsumsi, beralihlah ke camilan sehat tinggi serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang tanpa khawatir berat badan bertambah.

Banyak bergerak juga disarankan, jika Anda ingin menurunkan beberapa kilogram berat badan Anda. Mulailah dari melakukan hal-hal sederhana, seperti lebih memilih menggunakan tangga dibandingkan lift untuk menuju ke lantai atas, memarkir motor lebih jauh dari gedung kantor, berjalan-jalan di sekitar ruangan saat jam istirahat, dan lain sebagainya. Ingat, malas gerak hanya akan membuat berat badan Anda terus bertambah!

Berhenti merokok
Jika Anda berkeinginan untuk menurunkan kolesterol, tapi masih setia dengan kebiasaan merokok, maka Anda harus mengevaluasi lagi kebiasaan Anda. Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar HDL, yang akan berdampak positif pada kesehatan tubuh Anda.

Selain itu, merokok dapat mengubah cara tubuh menangani kolesterol. Sel-sel kekebalan pada perokok tidak dapat mengembalikan kolesterol dari dinding pembuluh darah ke aliran darah untuk diangkut ke hati. Ini bisa menyebabkan penyumbatan pada arteri, yang kemudian berujung pada serangan jantung atau stroke. Pada akhirnya, merokok merupakan hal terlarang untuk dilakukan jika Anda ingin menurunkan kolesterol dan menjalani hidup yang lebih sehat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jonas Blue Jadi Juri Electronic Music Producer Contest 2022

Musisi sekaligus disjoki kelas dunia Jonas Blue akan menjadi salah satu juri dalam ajang Electronic Music Producer Contest (EMPC) 2022.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

Tegas, Shakira Jasmine Mengaku Ogah Dijodohkan

Shakira Jasmine dengan tegas menolak adanya perjodohan, terlebih untuk dirinya. Menurutnya, hanya ia sendiri yang berhak menentukan hidupnya.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

First Media Gelar First Warriors–Free Fire Showdown

Sebagai konsistensi dukungan terhadap pengembangan dan penguatan ekosistem esports di Indonesia, First Media menggelar turnamen esports First Warriors.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

Vision+ Hadirkan Royal Blood, Drama Keluarga Tradisional di Era Modern

Vision+ kembali mengeluarkan drama serial baru berjudul Royal Blood yang bercerita tentang kisah cinta terhalang norma adat.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

Positif Covid-19, Indra Lesmana Tunda Konser Tunggalnya

Musisi senior Indra Lesmana menunda konser tunggal yang sedianya digelar Jumat (12/8/2022) karena terpapar Covid-19.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

Cara Cek Resi Pengiriman Ekspedisi, Mudah dan Gratis

Cek resi ekspedisi juga bisa dilakukan melalui situs web penyedia jasa cek resi gratis di internet seperti cekresimu.net

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

47 Tahun Berkarya, Indra Lesmana Gelar Konser Tunggal

Indra Lesmana akan menggelar konser bertajuk "Indra Lesmana Legacy Concert" yang akan digelar di empat kota Indonesia.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

Buka Outlet Ketiga, The Luxe Culture Hadir di Senayan Park

The Luxe Culture baru saja meresmikan toko yang ketiga di Senayan Pak Jakarta Selatan.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

Charles & Keith Jadikan Itzy Brand Ambassador Global Terbaru

Charles & Keith menilai Itzy merupakan perwakilan dari perempuan-perempuan generasi baru yang tidak takut untuk menjadi diri sendiri.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

Resmi Bercerai, Sule Beri Nafkah Rp 25 Juta Per Bulan ke Nathalie

Hakim PA Cikarang resmi memutuskan untuk mengabulkan permintaan Nathalie Holscher untuk berpisah dari Sule.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tindakan Brigadir J kepada Istri Irjen Ferdy Sambo Terjadi di Magelang

Tindakan Brigadir J kepada Istri Irjen Ferdy Sambo Terjadi di Magelang

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings