Logo BeritaSatu

Cakap Bermedia Digital Lewat Konten Kreatif di Media Sosial

Senin, 4 Juli 2022 | 22:38 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia sedang mengalami transformasi digital. Di dalam media digital, setiap orang bebas mengeksplorasi dan berekspresi melalui konten-konten di media sosial (Medsos).

Digital Marketing Expert, Andri Hadi Prasetia Utama mengatakan, banyak milenial dan influencer gemar membuat akun YouTube dan TikTok.

"Sebagai milenial yang cakap digital, kita bisa mengeksplorasi inovasi atau kemampuan diri dalam bermedia digital,” ujar Andri Hadi Prasetia Utama, saat webinar #Makin Cakap Digital 2022 untuk masyarakat dan komunitas wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dikutip keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Senin (4/7/2022).

Melalui media digital, jelas Andri, setiap orang diberikan keleluasaan dan kebebasan dalam mengakses informasi, komunikasi, dan bertransaksi. "Bahkan, sekarang di media digital kita bisa mengirim surat tanpa menggunakan kantor pos dan perangko," jelasnya.

Seiring perkembangan media digital, masyarakat bisa menggunakan aplikasi percakapan dan media sosial. Kegunaan kedua aplikasi ini semakin lengkap.

"Misalnya, sekarang sudah banyak aplikasi percakapan yang memiliki fitur dapat membagikan apa yang dilakukan oleh penggunanya sehari-hari," imbuhnya.

Namun, etika menggunakan media sosial dan aplikasi percakapan, semua orang saling bersinggungan, sehingga apa yang diutarakan berpotensi bermasalah untuk orang lain.

"Misal menyinggung orang lain atau menyakiti orang lain. Ini harus diantisipasi. Maka menggunakan aplikasi percakapan dan media sosial juga harus dibatasi secara aman dan tidak menyinggung orang lain,” kata Andri.

Seperti diketahui, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61,8% dari total populasi Indonesia.

Menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori Sedang.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital.

Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wujudkan Pernikahan Impian dengan 3 Langkah Praktis Ini

Pernikahan membutuhkan banyak persiapan dari menentukan konsep, kapasitas undangan hingga perencanaan keuangan.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Bantah KDRT, Rizky Billar Beberkan Kronologi Pertengkarannya

Rizky Billar menyatakan tidak ada tindakan kekerasan dalam dua peristiwa yang dilaporkan Lesti Kejora.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Kuningan City Mall Akan Gelar Jakarta Kulinary Edition

Kuningan City Mall kembali menghadirkan program kuliner yang dikemas dalam Jakarta Kulinary Edition dengan mengusung tema Delicious Culinary.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Kolaborasi Yupi dan Exsport Hasilkan Tas yang Colorful

Koleksi tas hasil kolaborasi Yupi dan Exsport diproduksi secara terbatas atau limited edition, serta eksklusif diluncurkan di marketplace Tokopedia.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Tayang Hari Ini, Film Pamali Uji Nyali Penonton Bioskop

Film Pamali yang mengangkat unsur budaya dan kepercayaan masyarakat, mulai ditayangkan serentak di bioskop tanah air, Kamis (6/10/2022).

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Unggah Wajah Tanpa Riasan, Brisia Jodie Malah Kena Bully

Penyanyi kondang Brisia Jodie kena bully oleh warganet lantaran mengunggah foto dirinya yang tanpa memakai perias wajah.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Afgan hingga Tipe-X Bakal Meriahkan Konser Akurat Artikulasi Festival

Musisi  Afgan, Tipe-X, Fabio Asher, dan lainnya bakal meriahkan konser Akurat Artikulasi Festival 2022 yang akan digelar di Senayan.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Crayon Shinchan 3 Dekade, Komik Indonesia Gelar Kolaborasi

Karakter web komik lokal Tahilalats menggelar kolaborasi dengan tokoh kartun ikonik asal Jepang, Crayon Shinchan yang merayakan eksistensi tiga dekade 

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Platform Edukasi Bantu Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Seiring kemajuan teknologi, belajar bahasa Inggris tidak lagi sulit. Terlebih, banyak platform edukasi menyediakan kursus bahasa Inggris yang mudah diakses.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Toko Kue Ruben Onsu Dirampok, Ini Penampakan Pelakunya

Artis Ruben Onsu kini tengah tertimpa musibah, lantaran toko kue miliknya bernama Thabenia dan Mie Gerobak di Cilandak Jakarta Selatan.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Analisis BPBD DKI, Tembok MTsN 19 Tak Mampu Menahan Air

Analisis BPBD DKI, Tembok MTsN 19 Tak Mampu Menahan Air

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings