Logo BeritaSatu

Siswa SMK Ciptakan Alat Perangkap Serangga Ramah Lingkungan

Rabu, 6 Juli 2022 | 07:27 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Siswa SMK ini berhasil menciptakan alat penangkap serangga yang efisien sekaligus ramah terhadap lingkungan. Berawal dari keluhan para petani tentang serangan hama ulat grayak (sporoptera exigua), yang kemudian mendorong Ihsan Muchlis Amirudin (18), siswa SMKN 2 Pengasih, menciptakan sebuah light trap insect atau perangkap serangga. Inovasi siswa SMK ini sangat membantu para petani di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ihsan menuturkan, petani di daerahnya selalu mengeluhkan masalah hama setiap tahun. Mereka kesulitan mengatasi serangan hama ulat grayak yang menyebabkan tanamannya rusak seperti daun bolong-bolong. Kondisi ini menghambat tumbuh kembang tanaman. Pasalnya, setelah dibasmi menggunakan pestisida, hama tersebut tetap saja muncul kembali.

“Kondisi itu menjadi alasan utama untuk menciptakan sebuah light trap untuk menjadi perangkap ngengat atau kupu-kupu induk ulat grayak. Alat ini dapat membantu para petani dalam proses menghalau hama dengan cara yang aman dan ramah lingkungan,” kata Ishan saat dihubungi Beritasatu.com, Selasa (5/7/2022).

Ihsan pun mulai mencoba menciptakan sebuah light trap pada tahun 2020 di awal pandemi Covid-19. Ia melakukan beberapa kali percobaan selama dua bulan hingga alat tersebut bisa digunakan oleh petani di desanya.

Ihsan menuturkan, ide awal membuat alat tersebut dengan mencontohkan alat perangkap nyamuk. Kemudian, ia kembangkan sesuai dengan pelajaran di sekolah menerapkan teknolog tepat guna.

Baca selanjutnya
Sebagaimana diketahui, Ihsan merupakan siswa SMKN 2 Pengasih yang terletak di ...


hal 1 dari 4 halaman

Halaman: 1234selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi: Pemimpin Indonesia ke Depan Harus Sadar Keberagaman

Jokowi: Pemimpin Indonesia ke Depan Harus Sadar Keberagaman

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE