Logo BeritaSatu

Pahami Hak Cipta dalam Berselancar di Dunia Maya

Kamis, 7 Juli 2022 | 08:32 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Ada aturan di dalam dunia digital, termasuk dalam hal hak cipta seperti yang tertuang dalam undang-undang.

Peraturan soal hak cipta di dunia digital tercantum dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Advertisement

Pemahaman tentang hak cipta di dunia maya dapat menghindarkan diri dari masalah hukum.

Demikian yang mengemuka dalam webinar bertajuk "Pahami Hak Cipta Lindungi Karya Digital Kita" yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Junior IT dan SAP, Ade Kurniawati mengatakan dalam penggunaan internet dan media sosial, warganet juga harus memahami aturan mengenai copyright sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Sehingga, masyarakat dapat terhindar dari tuntutan sanksi atau pidana dengan menjaga diri untuk tidak sembarangan menggunakan ataupun membagikan hasil karya orang lain di media digital.

Ia mencontohkan, banyak kasus pembekuan akun-akun di platform internet maupun media sosial yang dibekukan aktivitasnya lantaran pelanggaran hak cipta, semisal menggunakan brand atau logo milik orang lain.

"Sebagai pencipta suatu karya, kita dapat menuntut orang-orang yang mengklaim maupun menggunakan karya yang kita buat. Selain di Indonesia, perlindungan hak cipta juga sudah diakui oleh PPB lewat organisasi hak atas kekayaan intelektual atau WIPO," ujar dia dalam keterangannya Rabu (6/7/2022).

Dosen Udinus sekaligus anggota Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi), Astini Kumalasari menambahkan untuk tetap menjaga etika dalam penggunaan internet dan media sosial, warganet juga harus mampu menghargai karya orang lain di ruang digital.

Misalnya, dengan meminta izin dan mencantumkan sumber ketika mengunggah foto, tulisan, video, gambar, serta cuplikan film di blog ataupun media sosial. Oleh sebab itu, warganet harus berhati-hati dalam menampilkan karya orang lain di internet.

"Kita harus pahami etika hak cipta di ranah digital. Jangan gunakan gambar, foto, atau hasil karya apapun di internet tanpa izin untuk kepentingan komersial. Lisensikan, kalau perlu ajak bicara pemilik karya dan nanti bisa dibahas bagaimana pembagian keuntungannya," tutur Astini.

Jurnalis dan penulis konten, Achmad Rafiq mengatakan, sekarang ini masyarakat dituntut untuk terus meningkatkan keterampilan digital mengingat semakin cepatnya perkembangan teknologi internet. Tujuannya, untuk dapat memudahkan warganet menerima informasi, menghindari berita bohong atau hoaks, melindungi data pribadi, serta pencegahan akan bahaya penipuan online.

Adapun pengetahuan yang perlu dimiliki antara lain pemahaman terkait mesin pencari, pemanfaatan aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital dan transaksi online.

"Kecakapan digital Anda dalam menggunakan mesin pencari dapat memfilter diri dari paparan berita hoaks sekaligus menyeleksi lagi informasi yang dibutuhkan. Mengenal sistem transaksi daring, mulai dompet digital, e-commerce, dan transaksi online diharapkan dapat terhindar dari risiko penipuan," pungkas Rafiq.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Moeldoko Apresiasi Sajian Kuliner Sorgum Siswa SMK PGRI 2 Kudus

Moeldoko memuji kompetensi para siswa dan guru di SMK PGRI 2 Kudus yang di nilainya mampu mengolah sorgum menjadi sajian kuliner bernilai tinggi.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Visinema Akan Gelar Screening Film Mencuri Raden Saleh

Visinema Pictures akan menggelar screening film Mencuri Raden Saleh bertepatan di hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus mendatang.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Sri Asih, Film Superhero Indonesia Tayang di Bioskop 6 Oktober 2022

Dalam cerita fiksinya Sri Asih bercerita tentang pahlawan super wanita yang merupakan tokoh yang diciptakan oleh RA Kosasih.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Adira Finance dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal

Adira Finance mengandeng Kemenparekraf menggelar Festival Kreatif Lokal 2022 yang memasuki gelaran yang ketiga kalinya pada tahun ini.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Tren Kecantikan Tanam Benang di Wajah, Ini Manfaatnya Menurut Dokter

Threadlift atau tanam benang di wajah sudah banyak digunakan oleh dokter di Korea, karena kualitasnya yang baik dan memuaskan.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Era Digital, Budaya Literasi Masyarakat Perlu Ditingkatkan

Budaya literasi masyarakat perlu ditingkatkan, mengingat kecakapan digital yang dimiliki pada saat ini masih kurang atau rendah.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Update Covid-19: Turun, Kasus Baru Hari Ini 5.104

Dengan penambahan 5.104 kasus hari ini maka total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 6.278.332.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Film KKN di Desa Penari Extended Siap Dirilis Akhir Tahun 2022

KKN di Desa Penari Versi Extended itu akan menyajikan kisah dan drama yang lebih banyak dari film sebelumnya.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Menpora Zainudin Dukung Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational

Menpora Zainudin Amali mendukung ajang olahraga tahunan Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational yang digelar oleh Siloam Hospitals.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

57 Peserta Ramaikan Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational

Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational kembali digelar untuk kedua kalinya, acara ini ditujukan untuk mempererat kemitraan Siloam Hospitals.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cetak Gol Lagi, Gabriel Jesus Perbesar Keunggulan Arsenal

Cetak Gol Lagi, Gabriel Jesus Perbesar Keunggulan Arsenal

BOLA | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings