Logo BeritaSatu

Penting Menjaga Keselamatan Anak Saat Menggunakan Media Digital

Kamis, 7 Juli 2022 | 10:30 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Di era serba digital ini, kita menjadi hidup berdampingan dengan teknologi dalam aktivitas sehari-hari. Penggunaan media digital dan internet sudah sangat sering digunakan baik untuk keperluan bekerja, sekolah (edukasi), bisnis, akses berita, komunikasi, ataupun hiburan.

Media digital merupakan salah satu media tanpa batas ruang dan waktu. Penggunanya dapat mengakses dari berbagai kalangan usia dari anak-anak hingga dewasa, kemudahan akses tersebut menjadikan ruangnya tanpa batas dan praktis sehingga dapat diakses dimana saja.

Advertisement

Wanda Amalia selaku Social Media Specialist menyatakan anak-anak seringkali berperan sebagai orang dewasa karena mudah sekali menyerang sekelilingnya, jangan sampai kita dorong untuk menjadi orang dewasa.

"Anak-anak di bawah umur wajib untuk selalu diawasi orangtua karena dinilai belum dapat membentengi diri dengan baik," ujar Amalia dalam Webinar Literasi Digital dengan mengangkat topik utama Makin Cakap Digital 2022 yang digelar Kemenkominfo dengan Siberkreasi.

"Pada kenyataannya, keselamatan anak juga penting untuk dijaga saat menggunakan media digital, sebab anak bisa jadi korban maupun pelaku, karena tidak semua anak sudah bisa memiliki kemampuan dalam mengakses, menyeleksi, memverifikasi, serta menganalisis apa yang sedang mereka akses pada saat itu," tambah Wanda.

Lebih lanjut Alexander Zulkarnain selaku Executive Director Young On Top Holding menambahkan selama anak-anak ada di pangkuan kita dan belum dewasa, harus selalu diawasi dan dicek selalu e-mailnya, orangtua harus thau aplikasi atau program edukasi yang memiliki dampak positif untuk anak, dampingi anak saat bermain media digital, atau bisa gunakan perangkat digital bersama.

"Pahami dulu tentang literasi digital, baru kita bisa ajarkan ke anak-anak kita,” ujar Alexander Zulkarnain selaku Executive Director Young On Top Holding.

Resiko saat anak berada di ruang digital bisa menjadi sebagai penerima, partisipan dan juga korban. Cyberbullying adalah bullying dengan menggunakan teknologi digital yang dapat terjadi di media sosial, platform, chatting dan main game. 45% anak muda usia 14-24 tahun di Indonesia menjadi korban perundungan di dunia digital atau maya (cyberbullying) sepanjang tahun 2020.

Pada akhir kegiatan, Rizqika Alya Anwar selaku Digital Trainer & Chief Operating Officer PT Cipta Manusia Indonesia, memberikan kesimpulan bahwa dunia digital bukan lagi sebuah opsi, maka masyarakat harus bisa terus beradaptasi.

"Mari kita mengisi dan menjadikan ruang digital sebagai ruang yang berbudaya, tempat belajar dan berinteraksi, bertumbuh kembang serta berkumpul secara online," tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Moeldoko Apresiasi Sajian Kuliner Sorgum Siswa SMK PGRI 2 Kudus

Moeldoko memuji kompetensi para siswa dan guru di SMK PGRI 2 Kudus yang di nilainya mampu mengolah sorgum menjadi sajian kuliner bernilai tinggi.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Visinema Akan Gelar Screening Film Mencuri Raden Saleh

Visinema Pictures akan menggelar screening film Mencuri Raden Saleh bertepatan di hari kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, 17 Agustus mendatang.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Sri Asih, Film Superhero Indonesia Tayang di Bioskop 6 Oktober 2022

Dalam cerita fiksinya Sri Asih bercerita tentang pahlawan super wanita yang merupakan tokoh yang diciptakan oleh RA Kosasih.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Adira Finance dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal

Adira Finance mengandeng Kemenparekraf menggelar Festival Kreatif Lokal 2022 yang memasuki gelaran yang ketiga kalinya pada tahun ini.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Tren Kecantikan Tanam Benang di Wajah, Ini Manfaatnya Menurut Dokter

Threadlift atau tanam benang di wajah sudah banyak digunakan oleh dokter di Korea, karena kualitasnya yang baik dan memuaskan.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Era Digital, Budaya Literasi Masyarakat Perlu Ditingkatkan

Budaya literasi masyarakat perlu ditingkatkan, mengingat kecakapan digital yang dimiliki pada saat ini masih kurang atau rendah.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Update Covid-19: Turun, Kasus Baru Hari Ini 5.104

Dengan penambahan 5.104 kasus hari ini maka total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 6.278.332.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Film KKN di Desa Penari Extended Siap Dirilis Akhir Tahun 2022

KKN di Desa Penari Versi Extended itu akan menyajikan kisah dan drama yang lebih banyak dari film sebelumnya.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

Menpora Zainudin Dukung Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational

Menpora Zainudin Amali mendukung ajang olahraga tahunan Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational yang digelar oleh Siloam Hospitals.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022

57 Peserta Ramaikan Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational

Siloam Hospitals-Investor Daily Golf Invitational kembali digelar untuk kedua kalinya, acara ini ditujukan untuk mempererat kemitraan Siloam Hospitals.

LIFESTYLE | 13 Agustus 2022


TAG POPULER

# OTT Bupati Pemalang


# Brigadir J


# Bharada E


# Putri Candrawathi


# Prabowo Subianto


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gus Nabil: Pendekar Pencak Silat Junjung Pancasila

Gus Nabil: Pendekar Pencak Silat Junjung Pancasila

SPORT | kurang dari 1 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings