Logo BeritaSatu

6 Rekomendasi Makanan Penurun Darah Tinggi, Yuk, Cobain!

Kamis, 7 Juli 2022 | 19:21 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Penelitian telah menunjukkan bahwa ada beberapa makanan penurun darah tinggi yang bisa membantu seseorang dengan riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Rutin mengonsumsi makanan-makanan ini akan memberikan efek kesehatan jangka panjang.

Mengutip dari Medical News Today, untuk bisa mengontrol tekanan darah agar tidak naik dan menyebabkan penyakit, perubahan pola makan dan gaya hidup menjadi hal utama yang harus dilakukan. Mengonsumsi makanan penurun darah tinggi bisa membantu mencegah naiknya tekanan darah yang bisa berakibat bahaya atau fatal. Tekanan darah tinggi yang tidak dikendalikan, merupakan akar masalah dari serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Advertisement

Jika Anda kesulitan untuk memilih mana makanan penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi, berikut kami berikan rekomendasinya untuk Anda:

Pisang
Buah pisang mengandung tinggi potassium atau kalium, yang bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Menurut American Heart Association (AHA), kalium dapat mengurangi efek natrium atau sodium yang menyebabkan tekanan darah tinggi, dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah. Berkat kandungan kalium yang tinggi, pisang menjadi salah satu makanan penurun darah tinggi yang baik untuk dikonsumsi, selain itu, pisang juga mudah ditemukan!

Buah bit
Buah bit juga menjadi salah satu pilihan makanan penurun darah tinggi lainnya. Sebuah studi di tahun 2015 menemukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang minum segelas jus buah bit merah setiap hari selama 4 minggu, memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Selain menjadikan buah bit sebagai jus, Anda juga bisa mengonsumsi buah bit dengan dicampur ke dalam seporsi salad kesayangan Anda.

Dark chocolate
Dark chocolate adalah makanan penurun darah tinggi lain yang tak hanya nikmat, namun penuh gizi yang bermanfaat. Dark chocolate mengandung flavonoid, yakni antioksidan yang mampu membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Mengonsumsi dark chocolate sebagai camilan, bisa membantu Anda mengendalikan tekanan darah agar tidak naik dan sebabkan masalah. Namun, pastikan Anda mengonsumsi dark chocolate murni, yang tidak mengandung banyak gula tambahan.

Oat
Oat mengandung sejenis serat yang disebut beta-glukan yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, termasuk tekanan darah. Kandungan ini menjadikan oat sebagai makanan penurun darah tinggi yang baik untuk dikonsumsi. Sebuah studi dengan hewan pengerat menunjukkan bahwa bahan-bahan yang terdapat dalam oat, dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan melindungi kesehatan jantung.

Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau kaya akan nitrat, yang berguna dalam mengendalikan tekanan darah. Ini menjadiak sayuran hijau makanan penurun darah tinggi lain yang wajib Anda konsumsi. Beberapa riset menyarankan bahwa, Anda setidaknya harus mengonsumsi 1 porsi sayuran berdaun hijau setiap hari, untuk dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Ikan berlemak
Konsumsi rutin ikan berlemak setiap minggunya bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah riset menunjukkan bahwa konsumsi ikan berlemak bisa membantu menurunkan tekanan darah. Pada 2016, orang dengan tekanan darah sistolik yang tinggi melihat perubahan signifikan pada tekanan darahnya setelah rutin mengonsumsi suplemen minyak ikan selama 8 minggu. Beberapa contoh ikan berlemak sebagai makanan penurun darah tinggi yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan kembung, ikan sarden, dan tuna albacore.

Akan tetapi, beberapa ikan mengandung merkuri. Untuk itu, Anda perlu lebih teliti lagi dalam memilih mana ikan yang baik untuk Anda konsumsi guna menurunkan tekanan darah tinggi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gerakan Tanam 10 Juta Pohon, Upaya Wujudkan Swadaya Pangan

Gerakan penanaman 10 juta pohon di Tanah Air merupakan salah satu upaya Indonesia menjadi swadaya pangan.

LIFESTYLE | 19 Agustus 2022

Dio Living Ceritakan Kekayaan Budaya Indonesia Lewat Koleksi Fase 2

Koleksi terbaru Dio Living menceritakan keunikan dan kekayaan budaya serta alam yang ditransformasikan ke dalam setiap lekukan furnitur.

LIFESTYLE | 19 Agustus 2022

Ribuan Alumni UI Akan Ramaikan Home Coming Day 2022

Selain kegiatan musik, acara reuni Home Coming  Day ini juga akan diisi oleh kegiatan sepeda santai, donor darah dan pemeriksaan kesehatan.

LIFESTYLE | 19 Agustus 2022

Before, Now & Then Jadi Film Pertama Berbahasa Sunda di Indonesia

Tak hanya akan mengangkat isu perempuan, transisi sejarah berdirinya Indonesia juga akan coba diangkat dalam film Before, Now & Then.

LIFESTYLE | 19 Agustus 2022

Ini Tips untuk Memilih Perguruan Tinggi Swasta Terbaik

Terdapat berbagai tips yang bisa dilakukan saat Anda memilih perguruan tinggi swasta terbaik sebagai tempat untuk menimba jenjang pendidikan selanjutnya.

LIFESTYLE | 19 Agustus 2022

Jajal Jadi Sutradara, Aktor Imam Darto Suguhkan Web Series Mulih

Web series Mulih yang disutradari Imam Darto ini akan dibintangi Chicco Kurniawan, Rukman Rosadi, Agatha Pricilla, dan Dimas Zaenal.

LIFESTYLE | 19 Agustus 2022

10 Tips Ampuh agar Lolos Interview Kerja

Sudah mendapat panggilan interview kerja, tapi bingung apa yang perlu dipersiapkan? Simak 10 tips lolos interview kerja berikut ini.

LIFESTYLE | 19 Agustus 2022

Dukung Wonderful Indonesia, KitKat Luncurkan Kemasan Khusus

KitKat meluncurkan kemasan khusus hasil kreasi anak bangsa guna mendukung gerakan Wonderful Indonesia yang digulirkan Kemenparekraf.

LIFESTYLE | 19 Agustus 2022

Sakit Dada Menusuk Terjadi secara Tiba-Tiba, Ini Penyebabnya

Sakit dada yang tajam terjadi secara tiba-tiba dan bahkan berulang? Jangan sepelekan, karena ini bisa jadi pertanda kondisi serius.

LIFESTYLE | 19 Agustus 2022

BKKBN Memperkuat Akurasi Metode Pengukuran Stunting

BKKBN memperkuat akurasi metode pengukuran stunting agar hasil yang diperoleh benar-benar tepat dan akurat.

LIFESTYLE | 19 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kendaraan Otonom Wujudkan Sistem Transportas Cerdas

Kendaraan Otonom Wujudkan Sistem Transportas Cerdas

EKONOMI | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings