Logo BeritaSatu

5 Obat Sakit Gigi Alami untuk Redakan Sakit yang Mengganggu

Senin, 11 Juli 2022 | 20:52 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Benarkah lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati? Nyatanya, banyak orang tersiksa akibat sakit gigi. Sakit gigi adalah rasa sakit yang tajam di sekitar gigi dan rahang. Kerusakan gigi, infeksi, tambalan gigi yang longgar atau rusak, atau gusi surut bisa menyebabkan terjadinya sakit gigi.

Lalu, apa obat sakit gigi yang ampuh yang dapat membantu Anda terbebas dari sakit gigi yang menyebalkan?

Obat sakit gigi alami yang terbuat dari bahan-bahan yang tersedia di rumah, bisa memberi bantuan untuk atasi ketidaknyamanan akibat sakit gigi.

Mengutip dari Medical News Today, ini lima obat sakit gigi alami yang bisa Anda coba di rumah:

Lidah buaya
Gel lidah buaya bisa menjadi obat sakit gigi alami untuk Anda gunakan. Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki sifat antibakteri alami, yang dapat membunuh kuman penyebab kerusakan gigi.

Oles dan pijat secara lembut gel lidah buaya ke area mulut yang sakit untuk mendapat manfaat dari obat sakit gigi alami ini.

Teh peppermint
Peppermint atau daun mint bisa menjadi obat sakit gigi alami karena dapat memberikan efek mati rasa, sehingga meredakan sakit gigi. Mentol yang terkandung dalam peppermint memiliki sifat anti bakteri.

Masukkan satu sendok teh peppermint kering dalam secangkir air panas, dan rendam selama sekitar 20 menit. Setelah suhu menurun, Anda bisa meminumnya, atau menggunakannya untuk berkumur.

Kantong teh basah yang masih hangat juga bisa digunakan dan ditempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit, atau sampai sakit berkurang.

Air garam
Berkumur dengan air garam dapat membantu mengangkat kotoran yang bersarang di rongga gigi. Bahkan, rutin berkumur air garam dapat menjadi obat sakit gigi yang bisa mengurangi pembengkakan, meningkatkan potensi sembuh, dan meredakan sakit tenggorokan.

Berkumur dengan air garam dapat dilakukan dengan melarutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan air garam ini selama sekitar 30 detik, sebelum dimuntahkan kembali. Anda bisa berkumur sesering mungkin hingga rasa sakit mereda.

Kompres dingin
Kompres dingin atau kompres es, dapat menjadi obat sakit gigi alami lainnya yang bisa Anda coba. Ini sangat bermanfaat jika sakit gigi yang Anda alami disebabkan oleh cedera atau gusi bengkak.

Anda dapat membuat kompres dingin dari beberapa es batu yang dibalut dengan handuk atau kain bersih. Tempelkan pada bagian pipi, tempat rasa sakit akibat sakit gigi muncul selama beberapa menit sekali.

Kompres dingin bisa menjadi obat sakit gigi karena dapat menyempitkan pembuluh darah, dan memperlambat aliran darah ke area yang sakit. Ini membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan juga peradangan.

Cengkih
Cengkih adalah rempah-rempah asli dari Kepulauan Maluku, Indonesia. Cengkih mengandung eugenol, senyawa kimia yang bisa bertindak sebagai anestesi alami. Inilah mengapa cengkih menjadi obat sakit gigi alami yang dapat membantu melawan infeksi gigi dan gusi.

Anda bisa merendam selembar kapas ke dalam minyak cengkih dan mengoleskannya pada area gigi yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa mengunyah cengkih utuh secara perlahan, untuk melepas minyak cengkih, dan tahan pada gigi yang sakit selama kurang lebih 30 menit.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Erick Thohir Anggap Kaesang sebagai Keponakannya Sendiri

Ditunjuk Jokowi sebagai ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Erick Thohir telah menganggap Kaesang sebagai keponakannya sendiri. 

LIFESTYLE | 9 Desember 2022

Internet Gantikan Peran Televisi? Ini Kata Nielsen Indonesia

Nielsen Indonesia 2022 menyatakan penggunaan internet mengalami perkembangan cukup signifikan. Namun, internet tidak dapat menggantikan peran dari televisi.

LIFESTYLE | 9 Desember 2022

Ratusan Siswi SMK di Puncak Nobar Film tentang Kejahatan Kawin Kontrak

Ratusan siswi SMK di Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor nonton bareng atau nobar film dokumenter kejahatan kawin kontrak berjudul Holy Prostitution.

LIFESTYLE | 9 Desember 2022

Taman Pracima Pura Mangkunegaran, Dulunya Lapangan Tenis Tertua di Solo

Taman Pracima yang berada di Pura Mangkunegara, lokasi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, dulunya merupakan lapangan tenis tertua di Solo. 

LIFESTYLE | 9 Desember 2022

Keluarga Erina Gudono Sebut Persiapan Siraman Sudah 100%

Keluarga Erina Gudono menyatakan persiapan prosesi siraman calon istri Kaesang Pangarep tersebut sudah siap 100%.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Keluarga Jokowi Gelar Pengajian Jelang Pernikahan Kaesang

Keluarga Presiden Jokowi menggelar pengajian menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022) mendatang.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Persiapan Pernikahan Kaesang di Pura Mangkunegaran Sudah 80%

Erick Thohir, ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono menyatakan persiapan pernikahan putra bungsu Jokowi itu sudah 80%. 

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Dilarang Dipakai di Pernikahan Kaesang, Batik Parang Simbol Strata Sosial

Batik motif parang dilarang dipakai di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran. Ini penjelasan mengenai larangan tersebut.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Pemeriksaan Genomik Tumor Tentukan Terapi Kanker yang Optimal

Pemeriksaan DNA tumor bisa membantu menentukan opsi terapi pengobatan kanker bagi para pasien.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Sejak Kamis, Ini Prosesi Pernikahan Kaesang dengan Erina

Sejumlah rangkaian acara menjelang acara akad nikah Kaesang yang bakal berlangsung Sabtu (10/12/2022) dengan mengikuti rangkaian tradisi pernikahan adat Jawa.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Internet Gantikan Peran Televisi? Ini Kata Nielsen Indonesia

Internet Gantikan Peran Televisi? Ini Kata Nielsen Indonesia

LIFESTYLE | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE