Logo BeritaSatu

Pelayanan Bidan Perlu Ditunjang Teknologi Digital

Rabu, 20 Juli 2022 | 12:38 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Pelayanan bidan perlu ditunjang teknologi digital untuk menjaga kompetensi dan kualitas layanan mewujudkan kesehatan ibu dan anak. Hal itu dikatakan Direktur Ekonomi Digital Kominfo, I Nyoman Adhiarna saat webinar bertema “Enhancing Midwives Capacity in Women Empowerment through Digital Technology at the 4.0 Era”.

Nyoman mengatakan dapat menjadi aktivator pemberdayaan perempuan di tingkat keluarga dan masyarakat di era 4.0 ini. Dikatakan, sektor kesehatan adalah salah satu sektor prioritas dalam pelaksanaan agenda transformasi digital di Indonesia.

“Bidan berperan sangat penting dalam upaya mewujudkan kesehatan ibu dan anak, untuk itu peningkatan kompetensi bidan perlu selalu dilakukan dan tentunya perlu ditunjang dengan pemanfaatan teknologi digital,” tambah Nyoman lewat siaran pers, Selasa (19/7/2022).

Webinar ini digelar sebagai bentuk kolaborasi dalam rangka memperingati Hari Bidan Nasional pada tanggal 24 Juni 2022. Webinar digelar Direktorat Ekonomi Digital, Ditjen Aptika - Kemkominfo bersama dengan Asosiasi Healthtech Indonesia (AHI) yang didukung oleh Bidan Sehati dengan DigiHealth.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Healthtech Indonesia Gregorius Bimantoro menyampaikan bahwa kesehatan ibu dan anak selalu menjadi parameter penting bagi kesehatan bangsa.

“Peran teknologi kesehatan sangat membantu dalam peningkatan pelayanan kesehatan ibu dan anak yang saat ini masih konvensional. Pemanfaatan teknologi harus terus digalakkan agar sejalan dengan program pemerintah dalam upaya digitalisasi di sektor kesehatan,” paparnya.

Lebih jauh, Ade Jubaedah selaku Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat IBI menambahkan bahwa sebagai tenaga kesehatan strategis, bidan perlu mendapat dukungan dari berbagai sektor demi peningkatan kualitas layanan kebidanan.

“Inovasi teknologi kesehatan berbasis digital memudahkan tenaga bidan dalam menjaga standarisasi pelayanan kesehatan yang baik,” ujarnya.

Kegiatan webinar yang berlangsung secara online ini menghadirkan empat narasumber yang kredibel di industri Kesehatan di Indonesia, di antaranya Vickry Adzkary sebagai Wakil Ketua Indonesian Medical Technology Association (IMTA), Mitra Kadarsih sebagai Bidan Praktisi dan Pendidik, Erly Marlina sebagai Pemilik Praktik Bidan Mandiri (PMB)MB di Kalimantan Selatan, dan Pilyana sebagai Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bangka Selatan.

Para narasumber ini menyampaikan paparan beragam dengan tema menarik di antaranya Adaptasi Tenaga Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan di Era Digital 4.0, Meningkatkan Kapasitas Bidan dalam Memberdayakan Perempuan Melalui Teknologi Digital di Era 4.0, serta Pemanfaatan Sehati TeleCTG di Praktik Bidan Mandiri dalam Pemberian Layanan Berkualitas kepada Ibu Hamil.

Dalam paparan, Vickry Adzkary mengatakan, saat era globalisasi ini, teknologi berkembang sangat cepat sejalan dengan tingginya adopsi teknologi pada masyarakat. Tentunya optimalisasi teknologi dapat membantu pelayanan kesehatan menjadi lebih efektif, berkualitas, dan nyaman. Seiring dengan hal tersebut, tenaga kesehatan perlu beradaptasi untuk mengimbangi demand masyarakat yang tinggi.

Mitra Kadarsih turut menambahkan bahwa penerapan teknologi terkini di bidang kesehatan ini memberikan berbagai manfaat bagi penyedia layanan kesehatan di antaranya Perlindungan perlindungan kepada bidan, Penguatan pelayanan, skrining, deteksi dini dan rujukan, Kemudahan kemudahan memonitor kualitas layanan, serta Mmanfaat dalam memperluas dan mempermudah akses layanan kesehatan.

Dilanjutkan dengan testimoni yang diberikan oleh Erly Marlina menceritakan pertemuannya dengan aplikasi yang dapat membantu pencatatan, pelaporan dan pelayanan serta menjaga standar pelayanan bidan di kliniknya dari Playstore, setelah dicoba gunakan, dan merasa sangat terbantu untuk pemantauan kesehatan ibu hamil dan janin.

ilyana sebagai pembicara terakhir dalam webinar ini memberikan gambaran profil bidan- bidan dari wilayah Bangka Selatan, yang memiliki beberapa program yang masih berjalan dan akan terus dilakukan untuk peningkatan kualitas kesehatan maternal ibu hamil dan penurunan stunting.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Najwa Shihab Raih Penghargaan Public Figure Inspiratif Terpopuler, Ini Respons Netizen

Di tengah kritikan pedas Nikita Mirzani, presenter Najwa Shihab justru menerima penghargaan sebagai Public Figure Inspiratif Terpopuler.

LIFESTYLE | 25 September 2022

Ini Tips Menikmati Liburan yang Aman dan Nyaman di Pantai

Liburan ke pantai merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau teman.

LIFESTYLE | 25 September 2022

Menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian Beli Mansion Rp 1 T

Untuk menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian membeli mansion seharga US$ 70 juta atau setara lebih dari Rp 1 triliun.

LIFESTYLE | 25 September 2022

Gokil, Marshel Widianto dan Armuh Adu Balap Pakai Motor Galon

Media sosial dihebohkan dengan tantangan balap motor Marshel Widianto yang ditujukan kepada Arief Muhammad. 

LIFESTYLE | 24 September 2022

Pahami Rumus Etis Menjaga Jejak Digital

Jejak digital secara umum adalah jejak data yang dibuat dan ditinggalkan saat menggunakan perangkat digital.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Transisi Endemi, Musisi Diajak Kembali ke Panggung

Transisi pandemi Covid-19 menuju endemi dinilai menjadi momentum tepat bagi kalangan musisi untuk menggebrak panggung hiburan.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Vivere Group Kenalkan Wilsonart dan Arborite ke Pasar Interior Indonesia

Wilsonart menghadirkan 10 koleksi baru dan Arborite dengan 30 koleksi baru serta satu pilihan tekstur yakni Natural Touch (NT+).

LIFESTYLE | 24 September 2022

The Jakarta Dog Show Beri Edukasi Merawat Hewan Peliharaan

The Jakarta Dog Show 2022 digelar untuk menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian manusia terhadap semua ras anjing.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Orang Tua Jadi Garda Terdepan Cegah Cyberbullying pada Anak

Rendahnya etika digital berpeluang menciptakan ruang bagi pelaku perundungan di media sosial, platform chatting dan gim.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Selebgram Riffan Bagikan Tips Dapatkan Endorse di Instagram

Riffan dikenal sebagai selebgram dan konten kreator yang sering mendapatkan tawaran endorse melalui platform Instagram.

LIFESTYLE | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Tokyo

Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Tokyo

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings