Logo BeritaSatu

Gandeng Effion, Kemenkominfo Gelar Kelas Content Creator

Kamis, 21 Juli 2022 | 12:50 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Kemenkominfo menggelar kelas content creator Master Batch 2 2022 yang dibuka untuk masyarakat umum. Diketahui, menekuni profesi sebagai video content creator kini menjadi pilihan menjanjikan. Betapa tidak, seiring berkembangnya media sosial, profesi video content creator banyak digandrungi kaum milenial.

Tidak sedikit YouTuber, TikToker atau Selebgram di Tanah Air yang kini sukses dan telah menginspirasi kaum muda di Tanah Air. Dengan menjadi content creator, kamu membangun aset digital yang bisa memberikan dampak positif dan menghasilkan penghasilan melalui konten yang diunggah di internet.

Apa dan bagaimana sebenarnya pekerjaan video content creator itu? Seorang video content creator bertugas menciptakan konten digital. Konten tersebut bisa terdiri dari beberapa unsur seperti tulisan, gambar, visual, dan suara. Seorang video content creator dapat menggabungkan semua unsur tersebut dan kemudian dijadikan karya video positif yang siap dipublikasikan di internet.

Menjalani profesi ini tidaklah mudah karena untuk menghasilkan karya terbaik, seorang video content creator perlu menimba banyak ilmu dan pengalaman melalui pelatihan. Saat ini masih banyak yang merasa kurang percaya diri menekuni profesi video content creator karena beragam alasan. Misalnya, tidak punya skill untuk mengedit konten video, belum punya mentor atau komunitas positif, tidak punya teman kolaborasi, bahkan alasan malu tampil di depan kamera.

Bagi kamu yang mengalami kendala-kendala tersebut dan bercita-cita menjadi video content creator yang handal, kini ada peluang emas yang tak boleh dilewatkan. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) bekerja sama dengan Effion Creator School untuk memberikan beasiswa pelatihan online gratis buat kamu yang ingin menjadi video content creator, seperti YouTuber, TikToker, Selebgram, Influencer, Instagrammer atau Vlogger di tahun 2022.

"Setelah sukses menjalankan pelatihan Master Batch 1 2022 dan telah diikuti oleh ribuan peserta, Digital Talent Scholarship (Kominfo)-Thematic Academy kembali menggelar Program Beasiswa Pelatihan Online Video Content Creator Master Batch 2 yang didukung oleh Effion Creator School selaku mitra resmi," tulis Effion melalui keterangan, Kamis (21/7/2022).

Setelah sukses menjalankan pelatihan Master Batch 1 2022 dan telah diikuti oleh ribuan peserta, Digital Talent Scholarship (Kominfo) - Thematic Academy kembali menggelar Program Beasiswa Pelatihan Online Video Content Creator Master Batch 2 yang didukung oleh Effion Creator School selaku mitra resmi.

Pelatihan online gratis ini akan berlangsung selama 2 minggu setiap sub-batch-nya digelar dari tanggal 8 Agustus hingga 10 September 2022 untuk sektor umum. Sementara pada tanggal 1-13 Agustus 2022 digelar untuk sektor sisabilitas. Selain untuk umum, pelatihan ini pun terbuka untuk kaum disabilitas.

Dari segi silabus materinya, setiap peserta akan diajarkan beragam keterampilan pembuatan konten digital. Kamu akan diajarkan langkah demi langkah bagaimana cara memahami prinsip video content creator, merencanakan produksi konten video, memproduksi konten video via HP, editing video via HP hingga cara mempublikasikannya di media digital.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa 100% gratis ini pun sangatlah mudah. Kamu wajib WNI, berusia 17-49 tahun pada saat mendaftar, minimal lulusan SMA/SMK/Sederajat dengan latar belakang pendidikan umum, dan memiliki akun media sosial minimal akun Instagram.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemeriksaan Genomik Tumor Tentukan Terapi Kanker yang Optimal

Pemeriksaan DNA tumor bisa membantu menentukan opsi terapi pengobatan kanker bagi para pasien.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Sejak Kamis, Ini Prosesi Pernikahan Kaesang dengan Erina

Sejumlah rangkaian acara menjelang acara akad nikah Kaesang yang bakal berlangsung Sabtu (10/12/2022) dengan mengikuti rangkaian tradisi pernikahan adat Jawa.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru

Telkomsel MyAds adalah layanan beriklan yang memudahkan pengiklan menyasar audiens yang tepat agar usaha lebih berkembang, lebih dikenal, dan lebih dipercaya.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Film Dokumenter Sengal Kisahkan Korban Terdampak Polusi Udara

Film Sengal diproduksi dalam rangka memberikan edukasi akan bahaya polusi udara yang masih banyak belum disadari secara baik oleh masyarakat.

LIFESTYLE | 7 Desember 2022

Promotor Pastikan Konser Blackpink Tetap Digelar di GBK

Konser Blackpink bertajuk "Blackpink World Tour (Born Pink) Jakarta" tetap digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, 11 dan 12 Maret 2023.

LIFESTYLE | 7 Desember 2022

ESQACosmetics Luncurkan Kosmetik Bertema Barbie

Mengangkat tema Strong Girls Make Waves, ini adalah kolaborasi kosmetik pertama di Indonesia yang mengangkat boneka ikonik Barbie di kemasannya. 

LIFESTYLE | 7 Desember 2022

Ultah Anak, Raffi dan Nagita Bagi-bagi Hadiah di Cipung Day

Pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina membuat heboh dengan membagi-bagi hadiah di Cipung Day.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Manggung Malam Tahun Baru, Titi DJ Mengaku Dibayar Fantastis

Diva pop Indonesia, Titi Dwi Jayanti atau yang akrab disapa Titi DJ mengaku senang bisa kembali tampil pada perayaan malam tahun baru menuju 2023

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Horizon Line, Perkara Hidup Mati di Angkasa

Setelah pilot meninggal mendadak, yang tersisa hanya ketegangan menuju maut. Perkara hidup mati penumpang pesawat itu menjadi cerita inti film Horizon Line.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022

Jelang Pernikahannya, Kaesang Ungkap Pesan Jokowi dan Iriana

Kaesang Pangarep mengungkap pesan kedua orang tuanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi. Pernikahan Kaesang akan digelar akhir pekan ini.

LIFESTYLE | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kebakaran di Kemenkumham, Satu Pegawai Terluka

Kebakaran di Kemenkumham, Satu Pegawai Terluka

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE