Logo BeritaSatu

Serangan Ransomware Incar Layanan Bisnis

Kamis, 21 Juli 2022 | 16:19 WIB
Oleh : PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Trellix merilis The Threat Report: Summer 2022 pada Rabu (20/7) yang berisikan hasil analisa tren keamanan serta metode serangan siber untuk Kuartal I-2022. Beberapa dari isi laporan juga mencakup riset dari Trellix Threat Labs terhadap sistem layanan kesehatan dan kontrol akses yang terhubung.

Selain itu, terdapat hasil analisa mengenai tren sistem keamanan e-mail serta perincian evolusi kejahatan siber Rusia yang terkait dengan konflik di Ukraina di mana malware atau metode baru belum pernah diamati.

Dalam penjelasan lebih lanjut, perusahaan yang membawa sistem keamanan masa depan extended detection and response (XDR) itu membaginya menjadi tiga poin.

  • Peningkatan ancaman terhadap layanan bisnis

Dalam hal tersebut serangan siber yang menargetkan perusahaan-perusahaan penyedia layanan konsultasi dan kontrak pada bidang TI, keuangan, serta bidang-bidang lainnya semakin meningkat. Kondisi ini menunjukkan keinginan penjahat siber untuk mengacaukan banyak perusahaan dalam satu serangan. Layanan bisnis menyumbang 64% dari total deteksi serangan ransomware di Amerika, dan merupakan sektor kedua terbanyak yang menjadi target serangan ransomware, malware dan serangan siber yang dibelakangi oleh suatu negara pada skala global setelah industri telekomunikasi di kuartal pertama 2022.

  • Evolusi Ransomware

Setelah penangkapan anggota geng ransomware REvil pada Januari, serangan siber bayaran mengalami penurunan. Trellix juga mengobservasi grup-grup ransomware membangun loker yang menargetkan layanan virtualisasi dengan keberhasilan variatif. Berdasarkan obrolan yang bocor dari geng ransomware paling aktif kedua di kuartal tersebut, Conti – yang secara terbuka menyatakan kesetiaan kepada pemerintah Rusia – mengonfirmasi bahwa pemerintah menggerakkan perusahaan-perusahaan penjahat siber.

  • Tren keamanan e-mail

Hasil analisa telemtri menunjukkan adanya tren phising pada URL dan dokumen berbahaya di keamanan e-mail. E-mail paling berbahaya yang terdeteksi mengandung URL phising yang digunakan untuk mencuri data pribadi atau memancing korban agar mengunduh malware. Trellix juga mengidentifikasi beberapa e-mail yang mengandung dokumen berbahaya dan file perintah seperti infostealers dan trojan.

“Dengan menyatunya dunia digital dan nyata, serangan siber menyebabkan dampak yang lebih besar pada kehidupan kita. Musuh tahu bahwa mereka sedang diawasi dengan ketat. Tidak adanya taktik baru yang diamati di alam liar selama perang di Ukraina menggambarkan bahwa saat ini peralatan mereka sedang ditahan. Pelaku ancaman global memiliki artileri siber baru yang siap digunakan jika terjadi eskalasi dan organisasi harus tetap waspada,” ujar Lead Scientist and Senior Principal Engineer Trellix, Christiaan Beek.

Sebagai informasi, laporan The Threat Report: Summer 2022 memanfaatkan data eksklusif dari jaringan Trellix dengan lebih dari satu miliar sensor, intelijen open-source dan investigasi Trellix Threat Labs terhadap ancaman umum, seperti ransomware dan aktivitas skala negara-bangsa. Telemetri yang terkait dengan deteksi ancaman digunakan untuk tujuan laporan ini. Deteksi dapat ditentukan ketika file, URL, alamat IP, e-mail mencurigakan, perilaku jaringan, atau indikator lainnya terdeteksi dan dilaporkan melalui ekosistem Trellix XDR.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sutradara Film Captain America Era 90-an Albert Pyun Tutup Usia

Albert Lyun tidak hanya mengerjakan Captain America versi 1990 (pra-Marvel), yang dibintangi oleh Matt Salinger sebagai pemeran utama, tetapi juga film Cyborg.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Danareksa Ingin Jadikan Lokananta sebagai Abbey Road-nya Indonesia

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), anggota holding BUMN lintas sektor Danareksa, tengah merevitalisasi studio rekaman Indonesia pertama, Lokananta.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Cukupi Kebutuhan Air Minum Agar Tubuh Bisa Berfungsi Optimal

Konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap harinya untuk menghindari dehidrasi dan mencegah tubuh berjalan kurang optimal.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Lokananta, studio rekaman pertama Indonesia, akan dibangkitkan kembali. Titik nol musik Indonesia ini akan direvitalisasi menjadi sentra kreativitas dan niaga.

LIFESTYLE | 27 November 2022

Takjub dengan Gugusan Pulau Tawale, Sandiaga Uno: Gate of Heaven

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno takjub dengan gugusan Pulau Tawale, Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut).

LIFESTYLE | 27 November 2022

The Ataris dan FKJ Batal Tampil di Soundrenaline 2022, Kenapa?

Dua grup musik asal Amerika Serikat, The Ataris dan French Kiwi Juice (FKJ) batal tampil di Soundrenaline 2022 di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara. 

LIFESTYLE | 27 November 2022

Konser 30 Tahun Dewa 19 di Solo Dipadati Ribuan Baladewa

Ribuan Baladewa hadir menikmati Konser 30 Tahun Dewa 19 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Solo (UMS), Sabtu malam (26/11/2022).

LIFESTYLE | 27 November 2022

Pasren Asthana, Tempat Hangout Kece di Kemang, Jaksel

Urban Jakarta Komersial (UJK) mempersembahkan Pasren Asthana Kemang, berlokasi di Jalan Ampera Raya, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Hujan, Publik Soundrenaline Antusias Tonton Plain White T's

Grup band asal Amerika Plain White T's disambut hujan saat tampil di hari pertama Soundrenaline 2022 di Ancol, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

LIFESTYLE | 26 November 2022

Hujan, Potret Ajak Penonton Soundrenaline 2022 Nostalgia

Grup band Potret sukses mengajak para penonton bernostalgia di ajang Soundrenaline 2022 meski hujan deras mengguyur kawasan Ancol.

LIFESTYLE | 26 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE