Logo BeritaSatu
Hari Anak Nasional 2022

Air Limbah Cuci Tangan Diolah Jadi Air Bersih Siap Pakai

Selasa, 26 Juli 2022 | 11:20 WIB
Oleh : PYA

Jakarta, Beritasatu.com – Suntory Garuda Beverage (SGB) turut meramaikan peringatan Hari Anak Nasional 2022 dengan meresmikan fasilitas “Pengolahan Air Limbah Cuci Tangan Menjadi Air Bersih Siap Pakai” di SDI PB Soediman, Cijantung pada Senin (25/7) secara hybrid. Fasilitas ini merupakan perwujudan ide dari anak-anak dan guru SDI PB Soediman saat mengikuti “Proyek Mizu” pada akhir 2021, yakni sebuah kompetisi inovasi konservasi air antar sekolah binaan Mizuiku.

Fasilitas pengolahan limbah air tersebut bermula dari pengamatan anak-anak dan guru yang menyadari jumlah pemakaian air untuk cuci tangan di masa pandemi meningkat drastis, hampir 200% dari kondisi normal. Kondisi ini otomatis membuat jumlah limbah air melonjak sehingga muncul ide untuk membuat fasilitas pengolahan limbah air agar dapat dipergunakan kembali di berbagai keperluan sekolah. Ide ini kemudian dipresentasikan oleh guru dan anak-anak saat berpartisipasi dalam “Proyek Mizu” dan mereka berhasil meraih juara pertama.

Advertisement

Disampaikan dalam keterangan tertulis bahwa fasilitas pengolahan limbah air yang terdapat di SDI PB Soedirman diklaim dapat mengonservasi air rata-rata 525 liter air per hari, sekitar 15.000 liter per bulan atau setara dengan konsumsi air minum untuk 250 orang dewasa. Fasilitas pengolahan limbah ini juga membuktikan Mizuiku telah memberi dampak positif dalam aspek sosial, lingkungan dan ekonomi kepada masyarakat.

Selain sebagai air cuci tangan, limbah air yang telah melalui proses pengolahan juga dimanfaatkan untuk beternak lele dan menyiram tumbuhan sayur, seperti pare, kacang panjang, dan lainnya. yang ada di lingkungan sekolah

Kepala Sekolah SDI PB Soediman, Edhy Sumarno menuturkan bahwa dampak konservasi air dari fasilitas pengolahan limbah air cuci tangan sangat nyata dan terukur dirasakan oleh siswa, guru, orang tua dan masyarakat sekitar sekolah.

“Kami sangat bangga dengan inovasi konservasi air yang digagas oleh anak-anak didik kami. Padahal fasilitas pengolahan limbah air ini baru mencakup satu gedung kelas kami saja. Dengan keberhasilan fasilitas tersebut, terdapat dua hingga tiga gedung sekolah yang kami harapkan juga dapat kami kelola limbah airnya di kemudian hari. Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada SGB yang mendukung penuh program pelestarian air bersih dan lingkungan di sekolah kami,” ujarnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer & President Director Suntory Garuda Beverage Ong Yuh Hwang mengatakan, lewat ratusan sekolah binaan Mizuiku yang tersebar di enam daerah di seluruh Indonesia, Mizuiku secara bertahap telah berhasil menciptakan komunitas anak-anak usia sekolah dasar berkarakter dan lebih cinta lingkungan. Bahkan dari aspek lingkungan, tak terkira sudah hasil konservasi air bersih yang berhasil Mizuiku lakukan sejak 2019.

“Konservasi ribuan liter air bersih per bulan yang berhasil dilakukan SDI PB Soedirman ini adalah satu satu buktinya. Jadi jelas bahwa dari hari ke hari, dampak positif program Mizuiku bagi Indonesia semakin nyata. Dengan demikian, kami dari SGB, juga semakin antusias dan bersemangat untuk terus menjalankan Mizuiku di Indonesia,” kata Ong.

Pembelajaran proyek bertujuan untuk penguatan karakter profil pelajar Pancasila melalui kegiatan-kegiatan nyata yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Melalui projek ini siswa memiliki kesempatan luas secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan, termasuk pengolahan air limbah cuci tangan menjadi air bersih siap pakai ini.

“Tanggung jawab ini tidak hanya berada di pundak Kemendikbudristek dan sekolah-sekolah saja, namun kita semua, termasuk swasta. Oleh karena itu, saya sangat senang melihat berbagai gebrakan Mizuiku dari SGB, terlebih aktivitas-aktivitas yang mendukung kurikulum pembelajaran berbasis proyek seperti fasilitas pengolahan limbah air ini. Saya dengar ada sekolah-sekolah binaan Mizuiku lain di Gowa, Tangerang, Sidoarjo, Pati dan Banjarmasin yang juga memiliki proyek-proyek yang tak kalah hebatnya,” ungkap Zulfikri.

Tasya Kamila – selebriti Indonesia yang peduli dengan pelestarian lingkungan – juga ikut memberikan dukungan atas program-program konservasi air Mizuiku. Menurut dia, merayakan Hari Anak Nasional 2022 dengan meresmikan fasilitas pengolahan limbah air dapat menjadi contoh yang baik bagi institusi pendidikan lain. Ini berarti telah tiba waktunya bagi sekolah-sekolah agar semakin gencar mengedukasi para siswanya dengan bahan ajar pelestarian air bersih dan lingkungan.

“Sebagai seorang ibu, saya akan sangat senang dan bangga jika sekolah anak saya memiliki kepedulian besar terhadap pelestarian air bersih dan lingkungan. Apalagi saya dengar fasilitas pengolahan limbah air di SDI PB Soedirman ini menjadi bahan ajar bapak dan ibu guru untuk berbagai mata pelajaran, dari agama (hindari sikap mubazir air), tematik (hak dan kewajiban pemakaian air) hingga Bahasa Inggris “save the water.” Hal inilah yang membuat saya sangat mendukung program Mizuiku dari SGB. Karena Mizuiku memberikan edukasi keilmuan tentang pelestarian air bersih, membentuk karakter anak cinta air dari aspek paling sederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan, mematikan keran air jika tidak terpakai hingga memotivasi anak-anak untuk berinovasi untuk melestarikan air,” demikian penjelasannya.

Sebagai informasi, “Proyek Mizu” adalah kompetisi inovasi konservasi air antar sekolah binaan Mizuiku yang berlangsung pada Oktober hingga Desember 2021. Diikuti oleh 24 sekolah dasar, 3,430 peserta dari enam daerah di seluruh Indonesia (Jakarta, Tangerang, Bogor, Gowa, Banjarmasin dan Sidoarjo). SDI PB Soedirman berhasil meraih juara pertama, diikuti oleh SDN Gunung Putri 05, Bogor (1.575 liter); SDN Periuk 6, Tangerang (2.250 liter); SD Bontomanai, Gowa (nilai konservasi air 750 liter); dan SDN Pondok Makmur, Tangerang (96 liter) sebagai juara kedua, ketiga, harapan pertama dan kedua.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Siap Menikah dengan Kekasihnya, Ini Harapan Nikita Mirzani

Artis Nikita Mirzani kini tengah mempersiapkan pernikahan dengan kekasihnya Antonio Dedola.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Nikmatnya Cumi Goreng Hitam, Kuliner Tinggi Protein Bercitarasa Gurih

Cumi goreng hitam, menjadi salah satu kuliner unik dengan citarasa gurih dan nikmat. Kuliner ini juga mengandung protein yang cukup tinggi. 

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Hidup Susah, Aji Yusman Dicarikan Kontrakan oleh Tya Ariestya

Aji Yusman, yang dulu dikenal sebagai artis FTV datang dengan kabar menyedihkan. Aji bahkan dicarikan kontrakan oleh Tya Ariestya. 

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Sapo Tahu, Kuliner Sehat yang Cocok Dikonsumsi Saat Hujan

Siapa yang tidak mengenal sapo tahu, ya makanan peranakan China itu cocok dikonsumsi pada saat musim penghujan seperti saat ini.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Kisah Pilu Aji Yusman, Artis FTV yang Kini Jatuh Miskin

Aji Yusman yang terkenal lewat beberapa Film Televisi (FTV) kini muncul ke publik dengan membawa kisah kepedihan hidup.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Vokalis Gigi: Kekacauan Akses Keluar Saat Konser Dewa 19 Hal Kompleks

Vokalis Gigi, Armand Maulana mengatakan, kekacauan akses keluar setelah konser Dewa 19 bubar di JIS merupakan hal kompleks.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Menyantap Makan Malam ala Fine Dining Murah Meriah di Kelapa Gading

Menikmati aneka makanan dengan konsep fine dining biasanya identik dengan harga yang mahal.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Babylon, Peralihan Film Bisu ke Bersuara di Hollywood pada 1926

Film Babylon menggambarkan peralihan film bisu ke film bersuara di Hollywood pada 1926 hingga 1952.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Dukung Pernikahan Beda Agama, Awkarin Disemprot Netizen

Awkarin kembali menjadi sorotan usai postingannya tentang nikah beda agama mendapatkan respon dari netizen.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023

Dongkrak Kunjungan Pelancong, Inggris Akan Bantu Promosi Bali

Pemerintah Inggris berjanji bakal memberikan membantu promosi pariwisata di Bali kepada warganya.

LIFESTYLE | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sapo Tahu, Kuliner Sehat yang Cocok Dikonsumsi Saat Hujan

Sapo Tahu, Kuliner Sehat yang Cocok Dikonsumsi Saat Hujan

LIFESTYLE | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE