Logo BeritaSatu

Manfaat dan Keuntungan Tinggal di Rusun Terintegrasi

Minggu, 31 Juli 2022 | 15:10 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Banyak orang yang masih enggan tinggal di rumah susun (rusun). Padahal banyak keuntungan dan manfaat tinggal di rumah susun.

Untuk kelangsungan hidup dalam jangka waktu yang panjang, makhluk hidup harus memikirkannya dengan melakukan banyak hal yang bisa memberi manfaat bagi lingkungan. Beberapa di antaranya seperti, mengurangi polusi udara, menjaga kebersihan dan menjaga pola hidup sehat.

Demi tercapainya kelangsungan hidup manusia perkotaan yang lebih baik di Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi yang diperuntukkan khusus untuk ASN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang berlokasi di Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

Pembangunannya sendiri telah berjalan sejak tahun 2020 lalu. Rusun Pasar Jumat berdiri di atas lahan seluas 5.300 meter persegi dan terletak di Komplek Perumahan Kementerian PUPR yang tidak jauh dari stasiun moda transportasi berbasis rel Mass Rapid Transit (MRT) atau Moda Raya Terpadu di Lebak Bulus, Jakarta.

Kehadiran Rusun berbasis transit oriented development (TOD) yang lokasinya dekat dengan transportasi publik ini, diharapkan memberikan nilai efisiensi tinggi bagi masyarakat perkotaan, khususnya para ASN.

Bagi penghuninya, konsep tempat tinggal yang saling berintegrasi ini terbukti juga mampu memicu terciptanya gaya hidup sehat. Setidaknya itulah yang dialami oleh Revo, salah satu penghuni di Rusun Pasar Jumat yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1, Direktorat Jenderal Perumahan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kantornya yang berlokasi di Jalan Wijaya I, Jakarta Selatan, biasa dia tempuh menggunakan moda transportasi Mass Rapid Transport (MRT). Dari tempat tinggalnya, Revo hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit menuju halte MRT Lebak Bulus menuju halte MRT Blok M, yang ditempuh sekitar 10-12 menit.

Dari halte MRT Blok M, dia juga hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit ke kantornya. “Saya ke kantor naik MRT, dari kantor pulang juga naik MRT. Meski lalu lintas padat, tetapi saya sangat terbantu juga bisa berolahraga,” katanya.

Dengan ritme perjalanan ini, dirinya mengaku bisa menjalani gaya hidup sehat yakni berkantor sekaligus berolahraga. Dengan sering menggunakan transportasi umum tersebut, Revo mengaku kondisi tubuhnya menjadi lebih sehat karena sering berjalan kaki.

Manfaat lain, tinggal di lokasi ini membuatnya berkontribusi pada pengurangan polusi udara dan juga mengurangi kemacetan.
Tak hanya di luar komplek, Revo juga terbiasa berolahraga di dalam komplek Rusun. Dia rajin berolahraga dengan berlari mengitari rusun, pemanasan di sekitar area rusun, juga melakukan latihan ringan di kamarnya seperti mengangkat alat barbel.

Hal ini sangat dimungkinkan, karena unit-unit yang terdapat di area ini sangat memadai untuk melakukan aktivitas-aktivitas kecil, yang dapat dilakukan di dalam ruangan, termasuk pada masa pandemi.

Revo juga mengaku mendapat banyak manfaat dengan tinggal di komplek Rusun Pasar Jumat ini karena banyaknya fasilitas yang disediakan oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR selaku pengelola rumah susun.

Sebut saja areal pemukiman vertikal yang dekat dengan akses jalan tol, fasilitas pelengkap seperti areal pertokoan elektronik, juga pertokoan yang menyediakan perlengkapan rumah tangga seperti gas dan air galon, serta fasilitas laundry berbayar.

Untuk kepentingan interaksi penghuni rusun sendiri, terdapat ruang terbuka yang merupakan prasarana balai warga dan ruang berkumpul antar penghuni. Tujuannya sebagai tempat berkumpul dan berinteraksi antarpenghuni, yang dapat digunakan saat akhir pekan atau malam hari di hari kerja, saat penghuni rusun rata-rata adalah kalangan pekerja ASN yang baru pulang jam 17.00 dari kantornya.

Diharapkan konsep hunian terintegrasi ini dapat lebih banyak dikembangkan di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Ini menjadi solusi untuk menurunkan angka backlog kepemilikan dan hunian rumah serta meningkatkan kualitas hunian yang layak.

Konsep hunian terintegrasi ini juga diharapkan mampu berkontribusi pada penurunan angka polusi udara di Jakarta dan merupakan aksi nyata untuk perubahan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadir di Jakarta, Bintang K-Pop Ong Seong Wu Dukung Pariwisata Korea

Ong Seong Wu senang bisa menyapa penggemarnya di Jakarta setelah terakhir menginjakkan kaki di tahun 2018 saat dirinya masih bersama Wanna One.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022

Mey Chan Sebut Maia Estianty Tak Ambil Pusing Hinaan Pinkan Mambo

Menurut Mey Chan, Maia Estianty tidak memiliki banyak waktu untuk menjawab sindiran Pinkan Mambo.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022

Studi: Ini Alasan Orang Buang Ponsel ke Tempat Sampah

Green Smartphone melakukan penelitian untuk melihat masalah apa yang paling banyak dikeluhkan oleh para pengguna yang membuat mereka mengganti ponsel.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022

Pamer Perut Buncit, Acha Septriasa Umumkan Kehamilan Kedua

Acha Septriasa membagikan kabar kehamilannya melalui unggahan foto di akun media sosial Instagram.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022

Busana Sporty Jadi Tren Fashion Indonesia Pascapandemi

"Kalau saya lihat secara umum itu tren fashion di Indonesia sekarang lebih ke arah busana sporty," kata Ali Charisma.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022

Funky Kebaya Lenny Agustin Terinspirasi Sosok Gusti Nurul

Perancang busana Lenny Agustin menghadirkan koleksi busana kebaya funky dalam perhelatan Spotlight Indonesia 2022.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022

Pedagang Harap Pasren Asthana Kemang Makin Ramai Dikunjungi

Pedagang mengharapkan agar tempat hang out Pasren Asthana Kemang dapat semakin ramai dikunjungi lebih banyak masyarakat.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Awas, Risiko Terkena Tuberkulosis Lebih Besar bagi Perokok

Para perokok menghadapi risiko yang lebih besar untuk sakit serta mengalami kematian akibat tuberkulosis.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Moeldoko Pastikan Pernikahan Kaesang Sudah Siap Digelar

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono sudah siap untuk digelar.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022

Violent Night, Kisah Sinterklas Terjebak Penyanderaan

Bisa ditebak, film Violent Night memang antitesis dari persepsi orang tentang “Holy Night”.

LIFESTYLE | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mbappe Jadi Andalan, Ini Susunan Pemain Prancis vs Polandia

Mbappe Jadi Andalan, Ini Susunan Pemain Prancis vs Polandia

SEMESTA BOLA 2022 | 39 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE