Logo BeritaSatu

Menakjubkan, Ini 5 Manfaat ASI untuk Tumbuh Kembang Bayi

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:57 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Pemberian ASI pada bayi merupakan keputusan terbaik bagi para ibu untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh si buah hati. Manfaat ASI untuk si kecil yakni dapat memberikan nutrisi yang optimal untuk tumbuh kembangnya, selain itu, ASI juga mudah dicerna.

Pemberian ASI eksklusif direkomendasikan hingga bayi berusia 6 bulan, dan terus berlanjut bahkan setelah bayi diperkenalkan dengan makanan padat, sampai setidaknya ia menginjak usia 2 tahun.

Rekomendasi ini tentu bukan tanpa alasan, karena di dalam ASI terkandung banyak manfaat. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat ASI untuk bayi:

ASI memberikan nutrisi optimal
Sebagian besar ahli kesehatan merekomendasikan pemberian ASI eksklusif setidaknya selama 6 bulan atau lebih. Manfaat ASI dapat memberikan semua yang dibutuhkan oleh bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya, ini berkat kandungan nutrisi di dalamnya.

Selama hari-hari pertama setelah melahirkan, payudara akan menghasilkan cairan kental dan kekuningan yang disebut kolostrum. Cairan kental ini tinggi protein, rendah gula, dan sarat dengan senyawa yang bermanfaat.

Kolostrum adalah ASI yang keluar pertama kali, yang sangat ideal untuk membantu perkembangan saluran pencernaan bayi. Setelah beberapa hari, payudara akan mulai memproduksi susu dalam jumlah yang lebih besar, seiring dengan pertumbuhan perut bayi.

ASI mengandung antibodi
Manfaat ASI selanjutnya adalah, ASI sarat akan antibodi yang bisa membantu bayi dalam melawan virus dan bakteri yang mencoba masuk dan menginfeksi tubuh kecilnya. Hal ini terutama berlaku untuk kolostrum, yakni ASI pertama yang keluar.

Kolostrum menyediakan sejumlah besar imunoglobulin A, dan beberapa antibodi lainnya. Imunoglobulin A dapat melindungi bayi dari penyakit, dengan membentuk lapisan pelindung di hidung, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

Mengurangi risiko penyakit
Manfaat ASI eksklusif juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit pada bayi, penyakit-penyakit ini termasuk:

  • Infeksi saluran pernapasan
  • Pilek dan flu
  • Infeksi telinga tengah
  • Kerusakan pada jaringan usus
  • Infeksi usus
  • Sindrom kematian bayi mendadak
  • Alergi
  • Diabetes
  • Leukemia

ASI meningkatkan berat badan bayi
Bayi perlu untuk terus meningkatkan berat badannya, hingga mencapai berat badan yang sehat. Salah satu manfaat ASI adalah untuk meningkatkan berat badan bayi, dan mencegahnya dari obesitas.

Satu studi menunjukkan bahwa bayi yang minum ASI selama lebih dari 4 bulan, akan memiliki penurunan risiko yang signifikan untuk mengalami kelebihan berat badan dan obesitas. Manfaat ASI ini bisa terjadi karena bayi yang minum ASI, memiliki jumlah bakteri baik di usus yang lebih tinggi, yang memengaruhi bagaimana tubuhnya menyimpan lemak.

Bayi yang diberikan ASI juga memiliki lebih banyak leptin dalam sistem tubuhnya, dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula. Leptin adalah hormon yang mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak.

ASI membuat bayi lebih pintar
Manfaat ASI yang tak kalah menakjubkan adalah, ASI dapat membuat bayi menjadi lebih pintar. Beberapa studi melihat kemungkinan adanya perbedaan perkembangan otak antara bayi yang diberi ASI dengan bayi yang diberikan susu formula.

Hasil dari studi ini menunjukkan manfaat ASI, di mana skor kecerdasan pada bayi yang minum ASI lebih tinggi, dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan masalah terkait perilaku, atau mengalami kesulitan belajar, seiring bertambahnya usia.
Seluruh manfaat ASI ini tentunya akan sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil, untuk itu bagi pada ibu di seluruh dunia yang kini tengah menyusui buah hatinya, tetaplah semangat untuk memberikan asupan nutrisi terbaik bagi si kecil.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dukung G-20, Sejumlah Musisi Bahas Industri Musik di StarsTalk Music20

Sejumlah musisi dari lintas genre seperti Anggun C. Sasmi, Iwan Fals, Tulus, Yura Yunita, Irfan Aulia, Addie MS membahas industri musik di event Music 20.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Kasus KDRT Rizky Billar, Inul: Kecewa, Semoga Ada Titik Temu

Inul Daratista mengaku terkejut mendengar kasus KDRT yang dilakukan Rizky Billar kepada istrinya, Lesti Kejora. Ini pesan dari Inul.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Januari 2023, Google Matikan Layanan Gim Daring Stadia

Raksasa teknologi Google memutuskan mematikan layanan game daring Google Stadia pada Januari 2023 mendatang.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Lakoni Peran Baru, Prisia Nasution Sutradarai Original Series Vision+ 12 Hari

Rencananya, original series 12 Hari yang disutradarai Prisia Nasution ini akan mulai tayang seri perdananya pada 1 Oktober 2022 besok di platform Vision+.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Billar, Ini Jawaban Devina Kirana

Melalui manajernya, Dery Shayputra membantah tudingan warganet yang menyebut Devina Kirana sebagai selingkuhan Rizky Billar.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Isu Dampak BPA, Air Mineral di Galon Guna Ulang Masih Aman

Isu dampak seputar Bisfenol A (BPA) memicu kekhawatiran orang untuk mengonsumsi air mineral kemasan galon guna ulang.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Video Lawas Lesti: Saya Tidak Akan Maafkan Selingkuh

Lesti Kejora menyatakan tidak akan memaafkan apabila pasangannya Rizky Billar berselingkuh di belakangnya.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Tips Dapatkan Kulit Mulus Bebas Bopeng

Dermapen treatment merupakan jenis perawatan kulit untuk bopeng.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Tiga Pilar Familia Resmikan Gedung Baru Grosir Aksesoris Pakaian

PT Tiga Pilar Familia (TPF Group) meresmikan gedung baru grosir fashion accesories Sukses Jaya di Jalan Kebon Tengsek, Jakarta Barat.

LIFESTYLE | 30 September 2022

Dorong Ekosistem Kreatif, Pegadaian Dukung KustomFest 2022

PT Pegadaian kembali hadir di ajang Indonesia Kustom Kulture Festival (KustomFest) 2022 di Yogyakarta, pada 1-2 Oktober 2022.

LIFESTYLE | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Daftar 23 Pemain Timnas U-17 untuk Kualifikasi Piala Asia U-17

Ini Daftar 23 Pemain Timnas U-17 untuk Kualifikasi Piala Asia U-17

BOLA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings