Logo BeritaSatu

Lelang Seni Lukis Modern & Kontemporer Kembali Digelar

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:17 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Karya seni lukis yang langka dan berharga masih menjadi incaran para kolektor untuk menambah koleksinya. Pada awal Agustus 2022 ini Masterpiece Auction House Singapura sebagai balai lelang terbesar di Asia Tenggara kembali menyelenggarakan lelang.

Lelang kali ini mengangkat tema "Masterpiece: Southeast Asian, Chinese, Modern & Contemporary Art" dan masih menggunakan metode lelang online.

Para peserta yang ingin mengikuti harus mendaftar di situs resmi lelang atau mengunduh dan menginstal aplikasi mobile Masterpiece Auction di smartphone mereka.

“Pada lelang kali ini kami menyajikan beberapa karya seni yang luar biasa dari maestro yang namanya sudah mendunia seperti Affandi, Ahmad Sadali, Srihadi Soedarsono, Basoeki Abdullah, Hendra Gunawan, Lee Man Fong, Chen Wen Hsi dan masih banyak lagi yang lainnya," kata Direktur Masterpiece Auction House, Kevin, melalui keterangan, Sabtu (6/8/2022).

Karya lukis yang menjadi sorotan pada lelang kali ini adalah karya dari Hendra Gunawan berjudul Penjual Bebek dan Ayam, 1960. Karya ini berukuran 80 cm X 100 cm dengan cat minyak di atas kanvas. Karya ini menggambarkan 4 orang wanita dan 1 orang anak kecil yang sedang digendong.

Sebagai maestro kelas dunia, Hendra Gunawan telah mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Joko Widodo. Hendra Gunawan pertama kali menyelenggarakan pameran tunggal pada tahun 1946. Ia juga salah seorang pendiri sanggar Pelukis Rakyat dan dari sanggar ini banyak melahirkan pelukis hebat.

Lalu karya yang tidak kalah menarik ada karya dari Ahmad Sadali dengan judul Bongkah-bongkah Horizontal dan Vertikal, 1980. Karya ini berukuran 120 cm X 99 cm dengan media campuran di atas kanvas.

Ahmad Sadali adalah maestro asal Indonesia yang telah mendapatkan banyak penghargaan dari manca-negara, lantas karya-karyanya sangat sulit didapatkan dan diburu oleh banyak kolektor dari manca-negara.

Karya dari seorang maestro yang dikenal dengan nama S. Sudjojono atau Sindoesoedarsono Soedjojono juga menjadi sorotan pada lelang kali ini. Pasalnya karya lukis berjudul Rangkaian Kembang Mawar, 1972 ini salah satu karya langka di pasar seni.

Karya ini berukuran 93 cm X 67 cm dengan cat minyak di atas kanvas. Karya ini menggambarkan rangkaian bunga berwarna cerah, lukisan dari S. Sudjojono dengan warna cerah seperti ini sangat jarang ditemukan di pasar seni.

Selain itu masih banyak lagi karya-karya yang menarik pada lelang kali ini. "Masterpiece: Southeast Asian, Chinese, Modern & Contemporary Art" dilaksanakan 3-19 Agustus 2022.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pameran USS 2022 Bakal Dimeriahkan The Hundreds hingga Hotsauce

Ajang pameran USS 2022 siap digelar di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC), pada 9-11 Desember.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Presiden Jokowi Tunjuk 2 Juru Bicara

Presiden Jokowi menunjuk dua juru bicara (jubir) dalam rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Pernikahan Kaesang dan Erina, 7.500 Personel TNI-Polri Disiagakan

Sebanyak 7.500 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan untuk pengamanan maksimal acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. 

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Penting, Ini yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa

BMKG meminta masyarakat agar dapat meningkatkan kewaspadaan saat gempa terjadi sekaligus memberikan tips saat terjadi gempa.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Warganet Minta Diundang Pernikahan Kaesang, Begini Kata Calon Pengantin

Sejumlah warganet berharap untuk diundang ke pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang berlangsung pada akhir minggu ini.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Wisata Kuliner Medan, Mie Balap yang Selalu Ramai

Cara membuatnya dengan memasak secara banyak dan cepat menjadikan kuliner Medan ini diberi nama mie balap.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Siap Menikah, Kaesang Pangarep Latihan Ijab Kabul Selama 6 Bulan

Kaesang Pangarep mengaku telah siap melakukan ijab kabul karena sudah berlatih selama enam bulan.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Puji Kaesang Pangarep, Erina Gudono: Dia Tampan dan Pemberani

Pujian ini disampaikan Erina karena Kaesang Pangarep berani meminta dirinya di hadapan orang tuanya untuk menjadi istrinya.

LIFESTYLE | 5 Desember 2022

Rizky Febian Bikin Heboh Stasiun MRT Hotel Indonesia

Rupanya Rizky Febian menggelar konser mini bertajuk Temukan Cantikmu #CantikGakAdaBatasan yang digelar produk kosmetik dan skincare Hanasui.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022

Hadir di Jakarta, Bintang K-Pop Ong Seong Wu Dukung Pariwisata Korea

Ong Seong Wu senang bisa menyapa penggemarnya di Jakarta setelah terakhir menginjakkan kaki di tahun 2018 saat dirinya masih bersama Wanna One.

LIFESTYLE | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menko Airlangga Targetkan 65% Pemda Go Digital di 2023

Menko Airlangga Targetkan 65% Pemda Go Digital di 2023

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE