Logo BeritaSatu

Teh Hitam vs Teh Hijau, Mana yang Paling Baik untuk Anda?

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:47 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Mengawali hari dengan secangkir teh hangat, merupakan kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Bukan tanpa sebab, kenyamanan yang diberikan teh hangat membuatnya menjadi primadona bagi banyak orang. Tapi, teh apa yang Anda pilih untuk menemani hari-hari Anda, teh hitam atau teh hijau?

Banyak perdebatan yang terjadi tentang mana yang lebih bermanfaat untuk kesehatan, apakah teh hitam atau teh hijau? Teh hijau memang memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi, karena teh hijau tidak melalui proses oksidasi. Tapi, ini tak lantas berarti teh hitam lebih buruk. Teh hitam juga punya kandungan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Advertisement

Untuk melihat teh mana yang lebih baik untuk kesehatan Anda, maka mengetahui manfaat kesehatan di balik teh hitam dan teh hijau perlu dilakukan.

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh Anda:

Manfaat teh hitam

Menurunkan tekanan darah
Temuan dalam studi yang dilakukan di tahun 2015 menunjukkan manfaat teh hitam dalam mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik. Mengonsumsi teh hitam dapat mengurangi dampak negatif dari konsumsi makanan tinggi lemak pada tekanan darah.

Melindungi dari diabetes
Beberapa penelitian menunjukkan adanya manfaat teh hitam dalam mengurangi risiko diabetes. Satu studi pada orang-orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi teh hitam selama 4 minggu melaporkan adanya kemungkinan efek antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi pada orang-orang dengan kondisi diabetes tipe 2 ini.

Melindungi tubuh dari penumpukan plak
Kondisi penumpukan plak di dinding arteri merupakan mimpi buruk, karena ini bisa menjadi sumber berbagai penyakit mematikan, seperti stroke, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan penyakit ginjal kronis. Radikal bebas sedikitnya memainkan peran pada kondisi-kondisi ini. Di sinilah manfaat teh hitam diperlukan, untuk mengurangi radikal bebas.

Sebuah studi pada hewan hamster di tahun 2004 melihat bahwa konsumsi teh hitam dapat mencegah kondisi menumpuknya plak di dinding arteri berkembang dan menyebabkan masalah.

Sementara satu studi menunjukkan bahwa manfaat teh hitam jika diminum sebanyak tiga cangkir per hari, bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner.

Di tahun 2013, peneliti menemukan bukti manfaat teh hitam yang diminum sebanyak empat cangkir per hari, dapat mengurangi risiko stroke pada seseorang.

Akan tetapi, penting untuk dicatat, bahwa teh hitam juga mengandung kafein, sehingga Anda perlu memperhatikan batasan asupan kafein dalam sehari, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Menurunkan risiko parkinson
Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang sering menyerang orang lanjut usia. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat teh hitam ternyata baik untuk otak. Ini berkat kandungan polifenol yang dimiliki oleh teh hitam. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National University of Singapore, para peneliti menemukan bahwa kafein dalam teh hitam mungkin membantu dalam mengurangi risiko parkinson.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Usus yang sehat dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit. Manfaat teh hitam ternyata juga mencakup untuk kesehatan pencernaan. Teh hitam dapat membantu meningkatkan jumlah dan variasi bakteri baik di usus. Polifenol yang dimiliki teh hitam dapat bertindak sebagai prebiotik, yakni makanan untuk bakteri baik.

Polifenol juga memberi manfaat teh hitam dalam mencegah pertumbuhan bakteri jahat di usus. Bagi Anda yang punya maag, manfaat teh hitam juga berguna untuk mencegah kondisi ini. Bahkan manfaat teh hitam lainnya untuk kesehatan perut yakni mengurangi risiko kanker kolorektal dan esofagus.

Menghilangkan stres
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University College London, manfaat teh hitam dapat mengurangi hormon stres dalam tubuh dan mengendurkan saraf. Alih-alih merokok, Anda lebih baik minum teh hitam untuk mengurangi stres, karena manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh juga lebih besar, dibandingkan rokok yang lebih banyak merugikan tubuh.

Bagaimana dengan teh hijau, apa saja manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya?

Manfaat teh hijau

Mencegah kanker
Di negara-negara dengan konsumsi teh hijau yang tinggi, beberapa kasus kanker cenderung rendah. Meski begitu, penelitian pada manusia belum menunjukkan adanya bukti yang konsisten untuk menunjukkan manfaat teh hijau dalam mengurangi risiko kanker secara keseluruhan.

Sementara studi pada sel hewan dan tabung reaksi melihat adanya khasiat teh hijau pada beberapa jenis kanker, yakni:

  • Kandung kemih
  • Ovarium
  • Payudara
  • Kolorektal
  • Esofagus atau tenggorokan
  • Paru-paru
  • Prostat
  • Kulit
  • Perut

Penurunan berat badan
Manfaat teh hijau untuk diet penurunan berat badan sudah lama disebut-sebut banyak orang. Sebuah analisa dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa katekin dan kafein dalam teh hijau mungkin memiliki peran dalam meningkatkan metabolisme energi, yang memiliki efek terhadap penurunan berat badan.

Lebih lanjut tentang manfaat teh hijau untuk diet, sebuah metaanalisis menunjukkan bahwa katekin dan kafein dalam teh hijau bersinergi dalam menghasilkan efek penurunan berat badan.

Khasiat teh hijau ini bisa dicoba untuk Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Namun, jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya, ya!

Mengatasi peradangan di kulit
Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi yang memiliki dampak baik terhadap peradangan di kulit. Sebuah analisis di tahun 2019 melihat penggunaan ekstrak teh hijau dalam produk kosmetik untuk mengatasi peradangan. Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak teh hijau dapat memberikan respons anti-inflamasi yang baik ketika dioleskan ke kulit.

Baik untuk kesehatan jantung
Sebuah studi di tahun 2006 melihat manfaat teh hijau dengan penurunan angka kematian akibat penyakit kardiovaskular. Penelitian ini diikuti oleh 40.000 peserta asal Jepang dengan rentang usia 40–79 tahun, dan dilakukan selama 11 tahun lamanya sejak 1994.

Penelitian menemukan bahwa peserta yang minum setidaknya lima cangkir teh hijau per hari, memiliki penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Polifenol dalam teh hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi epitel, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Menurunkan kolesterol
Sebuah studi di tahun 2011 menemukan bahwa manfaat teh hijau yang dikonsumsi sebagai minuman atau dalam bentuk kapsul, terkait dengan penurunan kadar kolesterol.

Menurunkan risiko stroke
Minum teh hijau atau kopi secara teratur dipercaya dapat menurunkan risiko stroke. Sebuah studi yang dilakukan oleh American Heart Association melihat bahwa konsumsi teh hijau setiap hari dapat dikaitkan dengan perubahan kecil pada menurunnya risiko stroke.

Teh hitam vs teh hijau

Setelah melihat apa saja manfaat teh hitam dan teh hijau mana yang lebih Anda pilih? Pada dasarnya, kedua teh ini memiliki manfaatnya masing-masing, yang tentu baik untuk kesehatan tubuh. Anda tinggal menyesuaikan saja, mana yang lebih masuk untuk selera Anda.

Baik teh hitam maupun teh hijau, sama-sama memiliki antioksidan dan kafein. Meski kadar antioksidan pada teh hijau lebih tinggi dan kadar kafeinnya lebih rendah. Untuk itu, bagi Anda yang tidak kuat dengan kafein, maka lebih disarankan untuk meminum teh hijau, guna meminimalisir efek samping dari kafein.

Teh hitam dan teh hijau pun memiliki efek relaksasi yang sama, sehingga Anda tetap bisa mendapatkan kenyamanan sekaligus manfaat kesehatan jika meminum salah satu atau bahkan kedua jenis teh ini. Sudahkah Anda minum teh hari ini?



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Merayakan HUT ke-11, tiket.com Gelar Program SEBELAS

Program SEBELAS di mana selama 11 tahun tiket.com telah menghadirkan solusi inovatif untuk menjawab kebutuhan bepergian dan berwisata.

LIFESTYLE | 12 Agustus 2022

Perawatan Wajah Tanpa Operasi Ini Sangat Tren di Indonesia

Sejak dipopulerkan oleh Kendall Jenner, Bella Hadid, hingga Megan Fox pada dua tahun lalu, tren kecantikan foxy eyes masih banyak diminati di seluruh dunia.

LIFESTYLE | 12 Agustus 2022

Lyodra Ginting Diundang Nyanyi di Istana pada Puncak HUT Kemerdekaan RI

Penyanyi Lyodra Margareta Ginting terus melatih kemampuannya untuk tampil di Istana Negara pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

LIFESTYLE | 12 Agustus 2022

Viral Ariel Noah Temani BCL Fitting Baju, Akan Segera Menikah?

Ariel Noah nampak menemani Bunga Citra Lestari (BCL) yang sedang menjalani fitting baju di Wong Hang Tailor.

LIFESTYLE | 12 Agustus 2022

Pengusaha Indonesia Luncurkan Apartemen Premium di Australia

Iwan Sunito, pengusaha Indonesia meluncurkan apartemen mewah One Global Residences and Resorts di Australia.

LIFESTYLE | 12 Agustus 2022

Rayakan 40 Tahun Berkarya, Vina Panduwinata Gelar Konser Tunggal

Konser Vina Panduwinata tunggal bertajuk 40 Tahun Selalu Cinta di Balai Sarbini Jakarta pada 9 September 2022 mendatang.

LIFESTYLE | 12 Agustus 2022

Survei Sebut Remaja AS Mulai Tinggalkan Facebook

Remaja AS berbondong-bondong meninggalkan Facebook selama tujuh tahun terakhir. Fenomena itu diungkap survei Pew Research Center.

LIFESTYLE | 12 Agustus 2022

Apartemen Sky House Permudah Investasi Properti untuk Milenial

Pengembang Apartemen Sky House Alam Sutra+ menawarkan cicilan ringan dan kemudahan lainnya bagi milenial yang mulai sadar akan pentingnya investasi.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

Edukasi Nutrisi, Danone Indonesia Gandeng PKK Jatim

Danone Indonesia memberikan edukasi nutrisi di empat Kabupaten/Kota di Jawa Timur, melalui program Isi Piringku.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022

Jonas Blue Jadi Juri Electronic Music Producer Contest 2022

Musisi sekaligus disjoki kelas dunia Jonas Blue akan menjadi salah satu juri dalam ajang Electronic Music Producer Contest (EMPC) 2022.

LIFESTYLE | 11 Agustus 2022


TAG POPULER

# Puan Maharani


# Pohon Koka


# Brigadir J


# Ferdy Sambo


# Mahfud MD


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tiket Final Piala AFF U-16 Indonesia vs Vietnam Habis Terjual

Tiket Final Piala AFF U-16 Indonesia vs Vietnam Habis Terjual

BOLA | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings