Logo BeritaSatu

5 Cara Mengatasi Ketombe Membandel di Kulit Kepala

Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:18 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Ada berbagai cara mengatasi ketombe yang bisa Anda lakukan. Mulai dari pemakaian sampo yang dibuat khusus untuk melawan ketombe, hingga menggunakan perawatan dengan bahan-bahan alami.

Ketombe adalah masalah rambut dan kulit kepala yang paling umum. Kondisi ini ditandai dengan munculnya gatal-gatal dan serpihan putih di kulit kepala dan rambut Anda. Tak hanya membuat tidak nyaman, hadirnya ketombe juga bisa mengganggu kepercayaan diri seseorang.

Ketombe bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kulit kering, dermatitis seboroik, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok, hingga pertumbuhan jenis jamur tertentu di kulit kepala.

Meskipun sudah banyak produk yang dijual untuk mengatasi ketombe, namun, Anda juga bisa melakukan cara-cara mengatasi ketombe secara alami. Mengutip dari Healthline, berikut beberapa pengobatan alami yang bisa Anda lakukan untuk mengusir ketombe:

Tea tree oil
Tea tree oil banyak digunakan untuk perawatan kulit. Akan tetapi, sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh tea tree oil juga dapat mengatasi ketombe.

Tea tree oil telah terbukti secara efektif, dapat melawan jenis jamur tertentu yang bisa menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Sebuah penelitian yang melibatkan 126 orang melihat manfaat sampo dengan kandungan tea tree oil sebanyak 5% untuk mengatasi ketombe. Hasilnya, setelah 4 minggu, tea tree oil dapat mengurangi keparahan ketombe hingga 41%.

Akan tetapi, tea tree oil juga bisa menyebabkan iritasi, jika digunakan oleh seseorang yang memiliki kulit sensitif. Untuk itu, hindari memakai tea tree oil langsung ke kulit kepala. Encerkan terlebih dahulu tea tree oil yang ingin Anda gunakan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, sebelum mengoleskannya langsung ke kulit kepala.

Lidah buaya
Lidah buaya sudah banyak ditemukan dalam berbagai produk kecantikan, berkat manfaatnya yang luas untuk kesehatan kulit dan rambut.

Saat dioleskan pada kulit, gel lidah buaya dapat membantu mengatasi beberapa masalah kulit, seperti luka bakar, psoriasis, dan kulit kering. Dalam sebuah studi, manfaat sifat antibakteri dan antijamur dari lidah buaya juga disebut dapat melindungi seseorang dari masalah ketombe.

Minyak kelapa
Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Penggunaan minyak kelapa dapat membantu menghidrasi kulit, sehingga mencegah kulit kering yang akan semakin memperburuk masalah ketombe.

Penelitian menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat membantu pengobatan eksim, yakni masalah kulit yang bisa menyebabkan ketombe jika terbentuk di kulit kepala. Studi lainnya yang dilakukan selama 8 minggu menemukan bahwa, mengoleskan minyak kelapa ke kulit dapat mengurangi gejala dermatitis atopik, yakni sejenis eksim yang ditandai dengan gejala gatal-gatal kulit dan peradangan.

Probiotik
Probiotik adalah bakteri baik yang memiliki banyak manfaat, termasuk mengatasi ketombe. Satu penelitian menunjukkan manfaat probiotik dalam mengatasi ketombe. Sebanyak 60 orang dengan masalah ketombe dianjurkan untuk mengonsumsi probiotik selama 56 hari, dan hasilnya, probiotik secara signifikan dapat mengurangi keparahan ketombe para orang-orang tersebut.

Cuka sari apel
Ada berbagai manfaat dalam cuka sari apel untuk kesehatan, termasuk sebagai obat alami mengatasi ketombe. Keasaman yang dimiliki cuka dipercaya dapat membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga dapat menyeimbangkan kadar pH kulit, sehingga dapat mengurangi pertumbuhan jamur, dan dengan demikian, membantu melawan ketombe.

Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati, sebab cuka sari apel juga bisa mengiritasi kulit. Untuk itu, selalu encerkan cuka sari apel dengan air sebelum mengoleskannya ke kulit. Ini untuk menghindari iritasi pada kulit kepala Anda.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian Beli Mansion Rp 1 T

Untuk menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian membeli mansion seharga US$ 70 juta atau setara lebih dari Rp 1 triliun.

LIFESTYLE | 25 September 2022

Gokil, Marshel Widianto dan Armuh Adu Balap Pakai Motor Galon

Media sosial dihebohkan dengan tantangan balap motor Marshel Widianto yang ditujukan kepada Arief Muhammad. 

LIFESTYLE | 24 September 2022

Pahami Rumus Etis Menjaga Jejak Digital

Jejak digital secara umum adalah jejak data yang dibuat dan ditinggalkan saat menggunakan perangkat digital.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Transisi Endemi, Musisi Diajak Kembali ke Panggung

Transisi pandemi Covid-19 menuju endemi dinilai menjadi momentum tepat bagi kalangan musisi untuk menggebrak panggung hiburan.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Vivere Group Kenalkan Wilsonart dan Arborite ke Pasar Interior Indonesia

Wilsonart menghadirkan 10 koleksi baru dan Arborite dengan 30 koleksi baru serta satu pilihan tekstur yakni Natural Touch (NT+).

LIFESTYLE | 24 September 2022

The Jakarta Dog Show Beri Edukasi Merawat Hewan Peliharaan

The Jakarta Dog Show 2022 digelar untuk menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian manusia terhadap semua ras anjing.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Orang Tua Jadi Garda Terdepan Cegah Cyberbullying pada Anak

Rendahnya etika digital berpeluang menciptakan ruang bagi pelaku perundungan di media sosial, platform chatting dan gim.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Selebgram Riffan Bagikan Tips Dapatkan Endorse di Instagram

Riffan dikenal sebagai selebgram dan konten kreator yang sering mendapatkan tawaran endorse melalui platform Instagram.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Game Battle of Guardians Tawarkan Peluang Tambah Penghasilan

Perusahaan gaming hub Good Games Guild resmi meluncurkan game inkubasi pertamanya di Indonesia, Battle of Guardians.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Henti Jantung Mendadak bisa Menyerang Semua Kalangan Umur

Henti jantung mendadak yang merupakan kondisi organ jantung berhenti total tanpa ada gejala awal penyertanya dapat menyerang semua kalangan umur.

LIFESTYLE | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Dewan Kolonel, Puan Sebut Itu Hanya Nama

Soal Dewan Kolonel, Puan Sebut Itu Hanya Nama

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings