Logo BeritaSatu

Jerawat di Punggung Mengganggu? Ini Cara Menghilangkannya

Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:46 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beritasatu.com - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang umum. Satu yang pasti, jerawat tidak hanya bisa muncul di kulit wajah Anda, jerawat di punggung juga menjadi masalah kulit umum yang mungkin menyebalkan.

Jerawat di punggung umumnya bukanlah masalah kulit yang serius, akan tetapi perawatan untuk jerawat di punggung mungkin akan lebih rumit dibandingkan jerawat di wajah, mengingat jerawat di punggung lebih sulit untuk dijangkau.

Mengutip dari Medical News Today, punggung juga memiliki kepadatan kelenjar sebaceous yang tinggi. Kelenjar ini bertugas menghasilkan sebum atau minyak alami yang dapat melembapkan dan membentuk lapisan pelindung untuk kulit.

Kelenjar sebaceous melekat pada folikel atau pori-pori. Jika ada terlalu banyak sebum atau kotoran yang menyumbat pori-pori, maka ini bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk jerawat di punggung.

Salah satu jenis jamur, yakni Malassezia, juga bisa menyebabkan pembentukan lesi yang mirip dengan jerawat. Jamur ini cenderung lebih cepat tumbuh di lingkungan yang lembap dan berkeringat. Punggung mudah berkeringat karena pakaian atau pemakaian ransel, dan ini menjadi lingkungan yang ideal bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang biak, yang pada akhirnya menginfeksi.

Setelah mengetahui penyebabnya, lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung yang bisa Anda ikuti di rumah?

Berikut beberapa tips menghilangkan jerawat di punggung untuk Anda:

Gunakan pembersih
Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), kondisi jerawat di punggung bisa dirawat menggunakan sabun dengan kandungan bahan kimia yang ringan. Hindari penggunaan sabun dengan bahan kimia yang keras, dan jangan menggosok kulit terlalu keras. Dua hal ini bisa meningkatkan peradangan pada kulit yang memperparah kondisi jerawat di punggung.

Anda juga bisa menggunakan produk sabun yang mengandung benzoil peroksida. Kandungan bahan ini dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi jerawat di punggung.

Untuk mendapatkan manfaat benzoil peroksida lebih maksimal, usai menyabuni area punggung, jangan buru-buru dibilas, diamkan selama beberapa saat sebelum akhirnya Anda membilas kembali punggung Anda. Area punggung memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan area wajah, sehingga perlu waktu lama bagi kulit untuk menyerap bahan-bahan aktif yang dapat membantu mengurangi jerawat di punggung.

Pelembap
Jika Anda merasakan kulit di area punggung Anda lebih kering, terutama setelah mandi atau berendam, maka Anda membutuhkan pelembap untuk mengatasi masalah ini. Gunakan produk pelembap dengan label non-comedogenic, sehingga pelembap tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah jerawat di punggung.

Pakai tabir surya
Paparan sinar matahari bisa menyebabkan bekas jerawat menggelap dan susah hilang. Bahkan sinar ultraviolet dari matahari juga menyebabkan jerawat bertahan lebih lama di kulit. Pakailah tabir surya dengan SPF minimal 30, dan pastikan Anda menggunakan produk tabir surya non-comedogenic, sehingga tidak memperparah masalah jerawat di punggung.

Segera mandi setelah berolahraga
Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit setelah berolahraga, menjadi salah satu penyebab jerawat di punggung yang paling umum. Sesegera mungkin Anda harus mandi usai berolahraga, agar keringat tidak terlalu lama terjebak di kulit dan memicu masalah jerawat.

Lakukan eksfoliasi kulit
Jangan lupa untuk mengeksfoliasi kulit Anda, minimal satu kali dalam seminggu. Penggunaan scrub, atau produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat, dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk, syang merupakan penyebab jerawat di punggung.

Jauhkan rambut dari punggung
Punggung Anda akan lebih rentan berjerawat jika Anda membiarkan rambut yang berminyak dan kotor menempel ke kulit punggung Anda. Rutinlah mencuci rambut Anda, dan jika tengah berkeringat, sebisa mungkin kuncir rambut Anda, sehingga rambut tidak perlu menempel ke kulit punggung.

Selain itu, paparan sampo dan conditioner juga bisa menjadi penyebab jerawat di punggung. Beberapa kandungan dalam produk perawatan rambut ini bisa berkontribusi terhadap penyumbatan pori yang menyebabkan jerawat di punggung. Tipsnya, Anda bisa berkeramas lebih awal pada urutan mandi Anda, baru kemudian menggunakan sabun. Sabun dapat membantu mengangkat residu sampo dan conditioner yang menempel dan menyebabkan jerawat di punggung.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian Beli Mansion Rp 1 T

Untuk menjauh dari Kanye West, Kim Kardashian membeli mansion seharga US$ 70 juta atau setara lebih dari Rp 1 triliun.

LIFESTYLE | 25 September 2022

Gokil, Marshel Widianto dan Armuh Adu Balap Pakai Motor Galon

Media sosial dihebohkan dengan tantangan balap motor Marshel Widianto yang ditujukan kepada Arief Muhammad. 

LIFESTYLE | 24 September 2022

Pahami Rumus Etis Menjaga Jejak Digital

Jejak digital secara umum adalah jejak data yang dibuat dan ditinggalkan saat menggunakan perangkat digital.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Transisi Endemi, Musisi Diajak Kembali ke Panggung

Transisi pandemi Covid-19 menuju endemi dinilai menjadi momentum tepat bagi kalangan musisi untuk menggebrak panggung hiburan.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Vivere Group Kenalkan Wilsonart dan Arborite ke Pasar Interior Indonesia

Wilsonart menghadirkan 10 koleksi baru dan Arborite dengan 30 koleksi baru serta satu pilihan tekstur yakni Natural Touch (NT+).

LIFESTYLE | 24 September 2022

The Jakarta Dog Show Beri Edukasi Merawat Hewan Peliharaan

The Jakarta Dog Show 2022 digelar untuk menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian manusia terhadap semua ras anjing.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Orang Tua Jadi Garda Terdepan Cegah Cyberbullying pada Anak

Rendahnya etika digital berpeluang menciptakan ruang bagi pelaku perundungan di media sosial, platform chatting dan gim.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Selebgram Riffan Bagikan Tips Dapatkan Endorse di Instagram

Riffan dikenal sebagai selebgram dan konten kreator yang sering mendapatkan tawaran endorse melalui platform Instagram.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Game Battle of Guardians Tawarkan Peluang Tambah Penghasilan

Perusahaan gaming hub Good Games Guild resmi meluncurkan game inkubasi pertamanya di Indonesia, Battle of Guardians.

LIFESTYLE | 24 September 2022

Henti Jantung Mendadak bisa Menyerang Semua Kalangan Umur

Henti jantung mendadak yang merupakan kondisi organ jantung berhenti total tanpa ada gejala awal penyertanya dapat menyerang semua kalangan umur.

LIFESTYLE | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sandiaga:<em> Upskilling</em> dan Kolaborasi Majukan Pariwisata

Sandiaga: Upskilling dan Kolaborasi Majukan Pariwisata

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings