Logo BeritaSatu

Survei Sebut Remaja AS Mulai Tinggalkan Facebook

Jumat, 12 Agustus 2022 | 08:01 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

San Fransisco, Beritasatu.com- Data survei Pew Research Center menyatakan remaja Amerika Serikat (AS) berbondong-bondong meninggalkan Facebook selama tujuh tahun terakhir. Seperti dilaporkan AFP, Rabu (10/8/2022), remaja AS lebih memilih menghabiskan waktu di tempat berbagi video YouTube dan TikTok.

“TikTok telah muncul sebagai platform media sosial teratas untuk remaja AS, sementara YouTube yang dikelola Google menonjol sebagai platform paling umum yang digunakan oleh remaja,” tulis penulis laporan tersebut.

Data Pew muncul saat pemilik Facebook, Meta, sedang bertarung dengan TikTok untuk keunggulan media sosial, mencoba mempertahankan jumlah maksimum pengguna sebagai bagian dari bisnis multi-miliar dolar yang digerakkan oleh iklan.

Laporan itu menyatakan sekitar 95 persen remaja yang disurvei mengatakan mereka menggunakan YouTube. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan dengan 67 persen yang mengatakan mereka adalah pengguna TikTok.

Hanya 32 persen remaja yang disurvei mengatakan mereka masuk ke Facebook - penurunan besar dari 71 persen yang melaporkan menjadi pengguna selama survei serupa sekitar tujuh tahun lalu.

Dulunya tempat untuk daring, Facebook telah dilihat sebagai tempat untuk orang tua, dengan anak muda tertarik ke jejaring sosial tempat orang mengekspresikan diri mereka dengan gambar dan cuplikan video.

Para peneliti mengatakan sekitar 62 persen remaja mengatakan mereka menggunakan Instagram, yang dimiliki oleh orang tua Facebook Meta, sementara 59 persen mengatakan mereka menggunakan Snapchat.

“Seperempat remaja yang menggunakan Snapchat atau TikTok mengatakan mereka menggunakan aplikasi ini hampir terus-menerus, dan seperlima remaja pengguna YouTube mengatakan hal yang sama,” kata laporan itu.

Sedikit kabar baik untuk bisnis Meta, layanan berbagi foto dan videonya vice Instagram lebih populer di kalangan remaja AS dibandingkan survei 2014-2015.

Sementara itu, laporan menyebut kurang dari seperempat remaja yang disurvei mengatakan mereka pernah menggunakan Twitter.

Studi ini juga mengonfirmasi apa yang mungkin diduga oleh pengamat biasa: 95 persen remaja AS mengatakan bahwa mereka memiliki smartphone, sementara hampir sebanyak dari mereka memiliki komputer desktop atau laptop.

“Pangsa remaja yang mengatakan bahwa mereka melakukan daring hampir selalu meningkat hampir dua kali lipat menjadi 46 persen, jika dibandingkan dengan hasil survei dari tujuh tahun lalu,” catat para peneliti.

Menurut Pew, laporan tersebut didasarkan pada survei terhadap 1.316 remaja AS, mulai dari usia 13 tahun hingga 17 tahun, yang dilakukan dari pertengahan April hingga awal Mei 2022.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Afgan hingga Tipe-X Bakal Meriahkan Konser Akurat Artikulasi Festival

Musisi  Afgan, Tipe-X, Fabio Asher, dan lainnya bakal meriahkan konser Akurat Artikulasi Festival 2022 yang akan digelar di Senayan.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Crayon Shinchan 3 Dekade, Komik Indonesia Gelar Kolaborasi

Karakter web komik lokal Tahilalats menggelar kolaborasi dengan tokoh kartun ikonik asal Jepang, Crayon Shinchan yang merayakan eksistensi tiga dekade 

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Platform Edukasi Bantu Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Seiring kemajuan teknologi, belajar bahasa Inggris tidak lagi sulit. Terlebih, banyak platform edukasi menyediakan kursus bahasa Inggris yang mudah diakses.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Toko Kue Ruben Onsu Dirampok, Ini Penampakan Pelakunya

Artis Ruben Onsu kini tengah tertimpa musibah, lantaran toko kue miliknya bernama Thabenia dan Mie Gerobak di Cilandak Jakarta Selatan.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Cita Rasa Autentik, Septha Dwi Juarai Kompetisi Barista V-Soy

Barista Septha Dwi Christi Yosyeade menghasilkan racikan "The Wind Rises" yang memadukan bahan dasar kembang tahu, kopi, dan susu V-Soy low sugar.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

Pacu Adopsi Metaverse, Teknologi VR Permudah Konten Kreator

Mempercepat akses metaverse di Indonesia, teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) mulai diimplementasikan untuk memanjakan konten kreator.

LIFESTYLE | 6 Oktober 2022

JF3 Food Festival 2022: Jelajahi Rasa Nusantara di Kampoeng Tempo Doeloe

Perayaan kekayaan kuliner Tanah Air kembali hadir di JF3 Food Festival pada 9 September-9 Oktober 2022 di Summarecon Mall Kelapa Gading.

LIFESTYLE | 5 Oktober 2022

Asus ExpertCenter D5, Desktop PC Terbaik untuk Bisnis

Asus ExpertCenter D500 series merupakan PC desktop kelas bisnis dengan performa powerful untuk menunjang berbagai aktivitas kantoran.

LIFESTYLE | 10 September 2022

Wakili Kalteng, Sei Sekonyer Masuk 50 Desa Wisata Terbaik

Desa Sei Sekonyer di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, masuk 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

LIFESTYLE | 5 Oktober 2022

Tetap Waspadai Ancaman Mutasi Virus Baru di Akhir Pandemi

Masa akhir pandemi di depan mata, meski begitu, protokol kesehatan untuk terhindar dari virus tetap harus dijaga.

LIFESTYLE | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dicurigai Bom, Polisi Jepang Hanya Temukan Mainan Orang Dewasa

Dicurigai Bom, Polisi Jepang Hanya Temukan Mainan Orang Dewasa

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings