Logo BeritaSatu

Catat Ya! Personal Branding Bukan Sekedar Pencitraan Semata

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:29 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali mengadakan mengadakan kegiatan gali ilmu yang merupakan acara belajar santai mengenai berbagai kemampuan digital yang diperlukan netizen masa kini.

Kegiatan gali ilmu kali ini bertema "Personal Branding-Buka Peluang Karier dengan Makin Cakap Digital" bersama narasumber digital creator dan pegawai BUMN, Forbes 30 Under 30, Vina Muliana.

Dirjen Aptika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan, hingga tahun 2021 lalu, program literasi digital ini telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 Kabupaten/Kota pada 34 provinsi di Indonesia .

"Oleh karena itu diperlukan kolaborasi yang baik agar masyarakat tidak ada yang tertinggal dalam proses percepatan transformasi digital ini," kata Semuel, di Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Semuel juga berharap agar kegiatan ini dapat mendorong terciptanya talenta-talenta digital baru di Indonesia yang lebih berkualitas dan siap dalam membantu mewujudkan Indonesia digital nation.

Sementara, Vina Muliana menyampaikan, 95% recruiter melakukan background verification dari kandidat yang akan mereka terima. Adapun salah satu aspek yang diverifikasi adalah media sosial (medsos).

"Ini membuktikan bahwa mereka yang memiliki jejak digital yang baik nantinya akan lebih mudah menarik perhatian para recruiter," jelasnya.

Vina memberikan definisi sederhana personal branding. Pertama, persepsi orang terhadap kita sebelum mengenal kita lebih dekat. Kedua, apa yang orang-orang bicarakan tentang kita saat kita tidak ada di tempat.

"Untuk itu, penting untuk membangun sebuah personal branding yang sehat dan bukan sekedar pencitraan," tandasnya.

Vina mengatakan, tidak perlu memilih semua platform digital yang ada untuk menunjang personal branding. Lebih baik ambil satu atau dua platform yang dirasa sesuai dengan kelebihan yang dimiliki dan fokus di platform tersebut. "Dengan begitu personal branding yang dihasilkan nantinya akan lebih terarah," kata Vina.

Kemudian, lanjut Vina, dalam membuat sebuah konten di media sosial, penting untuk tanyakan tiga hal ini, apakah konten tersebut penting dan berhubungan dengan kehidupan orang-orang? Apakah bisa menjadi solusi atas kebutuhan dan permasalahan yang ada? Apakah bisa memotivasi atau menghibur orang-orang?

"Dengan memikirkan hal-hal tersebut dalam membuat konten, akan membuat personal branding yang dicitrakan semakin maksimal," tegasnya.

Vina menutup paparannya dengan sebuah motivasi bahwa personal branding itu bukan hanya sekedar memberi "cap" pada diri sendiri tetapi juga cara untuk bisa memberikan dan menyampaikan manfaat serta value di dalam diri.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nielsen: Vidio Paling Banyak Ditonton, Netflix Nomer 3

Hasil survei Nielsen Indonesia menempatkan Vidio sebagai platform streaming yang paling banyak diakses masyarakat, diikuti Disney+, Netflix, dan Viu.

LIFESTYLE | 9 Desember 2022

Erick Thohir Anggap Kaesang sebagai Keponakannya Sendiri

Ditunjuk Jokowi sebagai ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Erick Thohir telah menganggap Kaesang sebagai keponakannya sendiri. 

LIFESTYLE | 9 Desember 2022

Internet Gantikan Peran Televisi? Ini Kata Nielsen Indonesia

Nielsen Indonesia 2022 menyatakan penggunaan internet mengalami perkembangan cukup signifikan. Namun, internet tidak dapat menggantikan peran dari televisi.

LIFESTYLE | 9 Desember 2022

Ratusan Siswi SMK di Puncak Nobar Film tentang Kejahatan Kawin Kontrak

Ratusan siswi SMK di Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor nonton bareng atau nobar film dokumenter kejahatan kawin kontrak berjudul Holy Prostitution.

LIFESTYLE | 9 Desember 2022

Taman Pracima Pura Mangkunegaran, Dulunya Lapangan Tenis Tertua di Solo

Taman Pracima yang berada di Pura Mangkunegara, lokasi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, dulunya merupakan lapangan tenis tertua di Solo. 

LIFESTYLE | 9 Desember 2022

Keluarga Erina Gudono Sebut Persiapan Siraman Sudah 100%

Keluarga Erina Gudono menyatakan persiapan prosesi siraman calon istri Kaesang Pangarep tersebut sudah siap 100%.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Keluarga Jokowi Gelar Pengajian Jelang Pernikahan Kaesang

Keluarga Presiden Jokowi menggelar pengajian menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022) mendatang.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Persiapan Pernikahan Kaesang di Pura Mangkunegaran Sudah 80%

Erick Thohir, ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono menyatakan persiapan pernikahan putra bungsu Jokowi itu sudah 80%. 

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Dilarang Dipakai di Pernikahan Kaesang, Batik Parang Simbol Strata Sosial

Batik motif parang dilarang dipakai di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran. Ini penjelasan mengenai larangan tersebut.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Pemeriksaan Genomik Tumor Tentukan Terapi Kanker yang Optimal

Pemeriksaan DNA tumor bisa membantu menentukan opsi terapi pengobatan kanker bagi para pasien.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR: Pancasila Bukan untuk Dikotomi Nasionalis dan Radikal

DPR: Pancasila Bukan untuk Dikotomi Nasionalis dan Radikal

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE