Logo BeritaSatu

Tips Menghilangkan Mata Panda agar Tampilan Lebih Segar

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:49 WIB
Oleh : Claudia Ramadhani / CLA

Jakarta, Beirtasatu.com - Lingkaran hitam bawah mata atau juga dikenal dengan mata panda, terbentuk ketika kulit di bawah kedua mata tampak menggelap. Ada banyak faktor penyebab mata panda, namun sering kali, ini bukan kondisi yang berbahaya, sehingga perawatan kulit saja sudah bisa membantu menghilangkan mata panda.

Apa yang menyebabkan terbentuknya mata panda?

  • Kurang tidur
  • Paparan sinar matahari
  • Alergi
  • Merokok
  • Penuaan kulit

Munculnya mata panda bisa mengganggu penampilan Anda. Anda bisa terus terlihat lelah sepanjang hari, dan Anda pun harus berusaha ekstra untuk menyembunyikannya dengan makeup, agar tampilan mata panda tidak terlalu mengganggu.
Sementara untuk menghilangkan mata panda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, mengutip dari Insider, beberapa tips menghilangkan mata panda yakni:

Tidur yang cukup
Sebuah studi di tahun 2017 yang diterbitkan dalam Royal Society Open Science meneliti efek kurang tidur pada penampilan kulit. Penelitian ini menemukan bahwa orang yang tidur empat jam, memiliki lingkaran hitam bawah mata atau mata panda yang lebih terlihat, dibanding orang-orang yang tidur cukup selama delapan jam.

Untuk itu, cara menghilangkan mata panda yang paling utama adalah dengan membenahi jam tidur Anda, dan berusahalah untuk mendapatkan tidur yang cukup selama delapan jam dalam sehari.

Kompres dingin
Menerapkan kompres dingin juga dipercaya dapat menghilangkan mata panda. Kompres dingin bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah yang melebar, sehingga dapat mengurangi tampilan mata panda.

Jika Anda ingin mencobanya di rumah, Anda bisa membungkus beberapa butir es batu dengan handuk atau kain bersih. Tempelkan kompres dingin ini pada bagian bawah mata selama tiga hingga lima menit. Pastikan Anda tidak menempelkan es langsung ke kulit, tanpa dibalut oleh handuk atau kain, karena ini justru bisa merugikan kulit.

Selain membungkus es, kompres dingin juga bisa dibuat dengan mencelupkan handuk atau kain bersih ke dalam air dingin, dan tempelkan pada kulit selama sekitar 20 menit. Jika Anda punya produk masker gel untuk mata, Anda bisa menaruhnya di kulkas dan setelah dingin, Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan mata panda.

Kantong teh
Kantong teh juga bisa menjadi pengobatan alami untuk menghilangkan mata panda. Kandungan kafein dan antioksidan yang dimiliki teh, dapat membantu mengecilkan pembuluh darah, merangsang sirkulasi darah, dan mengurangi bengkak pada mata. Rutin mengompres area bawah mata dengan kantong teh dingin, bisa membantu menghilangkan mata panda yang mengganggu penampilan Anda.

Masukkan kantong teh bekas ke dalam kulkas selama sekitar 10 menit, atau sampai kantong es menjadi dingin atau sejuk. Tempelkan kantong teh yang dingin ini pada area bawah mata selama 30 menit, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kompres kantong teh.

Untuk menghilangkan mata panda, penggunaan kantong teh hijau lebih disarankan. Ini karena teh hijau lebih mengandung tinggi kafein, yang bisa menyempitkan pembuluh kapiler dan mengencangkan kulit, sehingga menghilangkan tampilan mata panda.

Mentimun
Mentimun mengandung vitamin K yang bisa membantu menghilangkan mata panda, dengan memperkuat dinding pembuluh darah. Kulit di area bawah mata cenderung lebih tipis, sehingga ketika pembuluh darah melebar, ini bisa terlihat karena kulit akan menggelap.

Masker mata dari mentimun bisa membantu menghilangkan mata panda, walau tidak sepenuhnya hilang. Paling tidak, mentimun bisa sedikit menyamarkan mata panda dan membuatnya tidak terlalu gelap.

Iris mentimun segar, tapi jangan terlalu tipis. Setelahnya, dinginkan mentimun yang sudah diiris selama 30 menit di dalam kulkas. Letakkan irisan mentimun pada mata selama 10 hingga 15 menit, sebanyak dua kali dalam sehari. Anda bisa melakukan perawatan ini selama beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat mentimun untuk mata panda yang maksimal.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Reynanta, Dokter yang Lebih Terkenal di Dunia Tarik Suara

Dokter Reynanta, pria kelahiran Medan, Sumut, berprofesi sebagai dokter spesialis  tetapi lebih terkenal di dunia tarik suara.

LIFESTYLE | 3 Oktober 2022

Paula Verhoeven Sempat Ingatkan Baim Wong soal Konten Prank KDRT

Paula Verhoeven mengaku sempat mengingatkan suaminya, Baim Wong sebelum keduanya membuat konten prank KDRT di Polsek Kebayoran Lama.

LIFESTYLE | 3 Oktober 2022

PINTU Incubator Memasuki Tahapan Kerja Sama Internasional

Pintu incubator diharapkan menjadi sarana menyatukan anak muda Indonesia-Prancis berbagi pengetahuan khususnya dalam industri mode.

LIFESTYLE | 3 Oktober 2022

Tanamkan Cinta Budaya Bangsa, Ini Cara MIN 1 Kota Malang

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Malang memiliki cara tersendiri guna menanamkan cinta budaya bangsa,

LIFESTYLE | 4 Oktober 2022

Ini Strategi MAN 2 Kota Malang Ukir Berbagai Prestasi

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang melalukan berbagai upaya guna mencetak prestasi di dalam maupun luar negeri.

LIFESTYLE | 4 Oktober 2022

Ini Upaya Nippon Paint Dukung Literasi Seni Indonesia

Nippon Paint memberikan dukungan terhadap literasi seni di Indonesia melalui cat semprot legendaris Pylox pada gelaran Comic Con di Jakarta.

LIFESTYLE | 4 Oktober 2022

Guru Agama Islam Diminta Tingkatkan Moderasi Beragama

Guru Pendidikan Agama Islam diingatkan mengenai pentingnya peningkatan kapasitas moderasi beragama.

LIFESTYLE | 3 Oktober 2022

3 Tahun Vakum, Aliando Syarief Comeback lewat Film Argantara

Film Argantara menjadi proyek comeback Aliando Syarief, setelah tiga tahun lamanya vakum dari dunia seni peran.

LIFESTYLE | 3 Oktober 2022

Rendahnya Literasi Digital Dorong Terjadinya Ujaran Kebencian di Media Digital

Tingkat literasi digital yang masih rendah menjadi pendorong terjadinya ujaran kebencian di media digital.

LIFESTYLE | 3 Oktober 2022

Petualangan yang Baru dan Seru dalam 360 Hong Kong Moments

Hong Kong Tourism Board tawarkan "360 Hong Kong Moments", pariwisata dengan pengalaman baru dan lengkap.

LIFESTYLE | 23 September 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Emas Naik karena Penurunan Dolar, Perak Melompat 7%

Harga Emas Naik karena Penurunan Dolar, Perak Melompat 7%

EKONOMI | 24 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings