Logo BeritaSatu

Lingkungan Kerja Ramah Ibu Menyusui Dongkrak Kinerja Karyawan

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:57 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan perempuan dalam periode menyusui dan pascamelahirkan akan berdampak positif pada kinerja perusahaan.

"Dukungan yang optimal pada karyawan periode menyusui nantinya akan membawa dampak lebih besar pada perusahaan karena peningkatan kesejahteraan ibu bekerja akan meningkatkan kinerja mereka,” kata Medical & Scientific Affairs Director Danone Specialized Nutrition Indonesia Ray Basrowi dalam keterangan tertulisnya Jumat (19/8/2022).

Dia menjelaskan, salah satu tantangan yang kerap diabaikan dalam menyusui adalah ibu yang kembali bekerja terkadang menjadi ragu untuk melanjutkan menyusui karena berbagai ketidaknyamanan dalam lingkungan kerja. Akibatnya, mereka berhenti menyusui.

"Perubahan sistematis diperlukan mengikuti perubahan sederhana seperti memberikan akses ke pengetahuan tentang menyusui saat bekerja, berbagi saran dari perusahaan dan rekan kerja dengan menyediakan tempat kerja yang ramah menyusui," kata dia.

Hasil penelitian menunjukkan kebijakan Danone memberi ruang nyaman bagi karyawan menyusui atau kebijakan cuti melahirkan lebih lama dibandingkan peraturan lokal berdampak positif bagi kinerja karyawan dan perusahaan. Kebijakan tersebut berhasil mendukung 70% responden untuk menyusui hingga 12 bulan atau lebih, dan 66% responden menggunakan ruang laktasi di área bekerja Danone. Perusahaan juga berhasil menjaga tingkat retensi pekerja perempuan Danone yang mencapai 74% di tahun 2021.

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menambahkan, Danone Indonesia berkomitmen menjalankan aktivitas perusahaan dengan menerapkan berbagai aspek berkelanjutan yang sejalan perkembangan sosial, ekonomi dan lingkungan. "Hal ini termasuk upaya kami mendukung perkembangan anak sehat untuk mencapai Generasi Emas 2045, melalui dukungan terhadap orang tua yang bekerja dan fasilitas ramah keluarga," kata dia.

Di Indonesia, Danone Indonesia telah membuat kebijakan seperti cuti melahirkan 6 bulan bagi ibu yang melahirkan dan 10 hari bagi ayah sejak tahun 2016, pemberian asuransi kesehatan, program edukasi dan dukungan menyusui melalui peers to peers coaching untuk karyawan, dan fasilitas di tempat kerja yang mendukung untuk pemberian ASI seperti ruang laktasi di area bekerja.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Game Mobile Pokemon Go Hadir dalam Bahasa Indonesia

Pokemon Go merupakan aplikasi permainan berbasis lokasi untuk ponsel pintar atau smartphone yang dikembangkan Niantic bersama The Pokemon Company.

LIFESTYLE | 1 Desember 2022

Agar Pasar Bebas Kantong Plastik, Ini Upaya Unik GIDKP

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) menawarkan strategi baru, yakni melalui pendekatan agama, agar pasar bisa bebas kantong plastik.

LIFESTYLE | 1 Desember 2022

Marching Band Bukit Asam Ukir Prestasi di Tingkat Nasional

Marching Band Bukit Asam berhasil meraih sejumlah penghargaan di kompetisi Indonesian Drum Corps Championship.

LIFESTYLE | 30 November 2022

Perhiasan Emas Unik yang Wajib Dikoleksi!

Sebuah inspirasi hadiah akhir tahun, hasil kolaborasi antara Frank & co. dan HYBE, salah satu agency terbesar di Korea Selatan pemegang lisensi TinyTAN.

LIFESTYLE | 30 November 2022

Sejarah Perhiasan serta Fungsinya yang Berubah dari Masa ke Masa

Fungsi perhiasan terus berubah dipengaruhi oleh konstruksi budaya di setiap zaman, dimulai dari fungsinya sebagai mata uang hingga sebagai ekspresi seni.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022, Maroko Ungguli Kanada 2-1 pada Babak I

Piala Dunia 2022, Maroko Ungguli Kanada 2-1 pada Babak I

SEMESTA BOLA 2022 | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE