Logo BeritaSatu

PPAK Usung Semangat Angkat Merek Lokal Tembus Pasar Dunia

Senin, 22 Agustus 2022 | 11:47 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPAK) mengukuhkan kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lampung. Di bawah kepemimpinan Solihin Sofian, PPAK berharap dengan potensi sumber daya alam yang besar, pelaku UMKM bidang kosmetik bisa menembus pasar dunia.

“Potensi terbesar kita yakni bahan baku alam merupakan sumber daya utama yang mendukung pelaku UMKM Indonesia menembus pasar dunia,” ujar Solihin Sofian dalam keterangannya, Senin (22/9/2022).

Dikatakannya setelah sempat terdampak pandemi Covid-19, di tahun 2022 ini industri kecantikan Indonesia kembali melesat.

"Meskipun pandemi belum berakhir, kita akan bertahan. Dengan dukungan dari Kemenperin, Bea Cukai dan Kemendag industri kosmetika harus tetap bergerak maju,” katanya.

Secara global, pertumbuhan produk kecantikan tumbuh sekitar 6,46 persen pada tahun 2021. Sementara di Indonesia sendiri pertumbuhannya mencapai sebesar 7 persen. Seiring dengan kembali meningkatnya aktivitas masyarakat di masa new normal, peningkatan ini pun terlihat makin signifikan sejak kuartal 1 tahun 2022," tuturnya.

Harapan serupa juga dikatakan Anggota Dewan pertimbangan Presiden (Wantimpres), Putri Kus Wisnu Wardani. Dikatakannya PPAK adalah rumah bagi industri kosmetika lokal Indonesia.

"Sejalan dengan tema yang diangkat, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk memanfaatkan semaksimal penggunaan produk dalam negeri untuk mengisi kebutuhan dalam negeri kita sendiri. Ini kesempatan bagi anggota PPAK untuk dapat memanfaatkan momentum melalui kampanye Bangga Buatan Indonesia,” ujar Putri Kus Wisnu Wardani.

Sementara itu Reri Indriani, Deputi 2 Bidang Pengawasan Obat Tradisional mengatakan masih memiliki PR bersama untuk mendorong penguatan kosmetik lokal.

"PPAK dapat menjadi wadah kolaborasi, koordinasi dan sinergisme pelaku usaha kosmetik untuk bersama-sama membangun image dan trust bahwa kosmetik Indonesia adalah kosmetik unggulan, aman bermutu dan berdaya saing sehingga kita bangga menggunakan produk dalam negeri,“ tambah Reri.

Sementara itu Miftah Farid, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan menegaskan dukungan Kementerian Perdagangan kepada pelaku UMKM bidang kosmetik dalam memperluas ekspor ke negara-negara potensial.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Agar Pasar Bebas Kantong Plastik, Ini Upaya Unik GIDKP

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) menawarkan strategi baru, yakni melalui pendekatan agama, agar pasar bisa bebas kantong plastik.

LIFESTYLE | 1 Desember 2022

Marching Band Bukit Asam Ukir Prestasi di Tingkat Nasional

Marching Band Bukit Asam berhasil meraih sejumlah penghargaan di kompetisi Indonesian Drum Corps Championship.

LIFESTYLE | 30 November 2022

Perhiasan Emas Unik yang Wajib Dikoleksi!

Sebuah inspirasi hadiah akhir tahun, hasil kolaborasi antara Frank & co. dan HYBE, salah satu agency terbesar di Korea Selatan pemegang lisensi TinyTAN.

LIFESTYLE | 30 November 2022

Sejarah Perhiasan serta Fungsinya yang Berubah dari Masa ke Masa

Fungsi perhiasan terus berubah dipengaruhi oleh konstruksi budaya di setiap zaman, dimulai dari fungsinya sebagai mata uang hingga sebagai ekspresi seni.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Ririn Ekawati Senang Campur Takut Main di Film Alena Anak Ratu Iblis

Meski sebenarnya takut, namun Ririn Ekawati mengaku tertarik memerankan tokoh Maya dalam film berjudul Alena Anak Ratu Iblis itu.

LIFESTYLE | 29 November 2022

Sandiaga Uno Minta Polemik Kebaya Tak Perlu Diperdebatkan

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Rambah Industri Musik, Julia Robex Rilis Single Perdana

Setelah sebelumnya lebih dikenal sebagai artis seni peran, Julia Robex merambah dunia tarik suara, dengan merilis single Ain’t About You.

LIFESTYLE | 28 November 2022

Nikita Mirzani Akan Jual Rumahnya Seharga 10 M, Bangkrut?

Nikita Mirzani dikabarkan ingin menjual rumahnya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Warganet pun menduga Nikita Mirzani bangkrut. 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Bikin Kaget, Dokter Spesialis Jantung Bisa Pentaskan Orkestra

Pentas Maple Orkestra tampil mengejutkan pada Minggu (27/11/2022). Bukan dari sajiannya, tapi komposisi pemain yang merupakan dokter spesialis jantung 

LIFESTYLE | 28 November 2022

Sang Anak Ultah, Nikita Mirzani Beri Kado Menonton Cristiano Ronaldo

Nikita Mirzani beri kado menonton Cristiano Ronaldo yang tampil dalam pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 untuk anaknya yang ultah.

LIFESTYLE | 28 November 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Juara Dunia Tinju Minta Maaf karena Ancam Lionel Messi

Juara Dunia Tinju Minta Maaf karena Ancam Lionel Messi

SEMESTA BOLA 2022 | 31 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE